Teman-teman yang menyukai "Dunia Kecil Indi"

Minggu, 12 Januari 2014

Rambut.

Akhir Agustus 2013, panjang rambut di bawah telinga :)


Meskipun sering berganti model, rambut gue selalu berponi dan panjangnya nggak pernah melewati bahu. Kadang-kadang dibuat model bob klasik, kadang-kadang shaggy, dan di lain waktu rambut gue dibuat agak membulat. Banyak yang bertanya kenapa gue nggak pernah memanjangkan rambut, padahal rambut gue sehat dan cepat sekali tumbuh. Kalau ditanya seperti itu gue selalu menjawab bahwa 'gerah' dan 'malas' adalah asalan mengapa gue lebih nyaman dengan rambut pendek. Belum lagi kalau gue harus buru-buru pergi di pagi hari, rambut gue butuh waktu 40 menit untuk dikeringkan dengan hair dryrer. Bagaimana jika rambut gue lebih panjang? Mungkin akan butuh waktu 1 jam :O



Jika gue ke salon untuk potong rambut stylish nya sering memuji, katanya rambut gue sangat tebal dan sehat padahal selalu dikeringkan dengan hair dryer. Ia bahkan sering bergurau, katanya rambut gue ini cukup untuk memenuhi kepala 2 orang dewasa. Kalau sudah begitu gue hanya tersenyum, karena rambut gue ini hasil turunan dari gen Ibu yang berambut tebal, bukan dari hasil perawatan khusus, hehehe.

Sebelumnya gue nggak pernah notice kalau rambut gue cepat sekali tumbuh. Sampai suatu hari sebelum break makan siang di prechool, Miss. Rifa, partner bekerja gue berkomentar tentang itu. Katanya poni gue cepat sekali menyentuh alis, padahal baru 2 minggu dipotong sangat pendek. Lalu ia bertanya tentang seberapa sering gue ke salon untung memotong rambut, karena menurutnya dengan kecepatan tumbuhnya rambut gue yang "segitu" pasti seenggaknya harus satu kali dalam sebulan. "Boros juga kamu, Indi," begitu ia menambahkan. 
Well, gue nggak pernah memikirkan tentang budget sebelumnya, karena gue hanya ke salon ketika merasa rambut sudah terlalu panjang. Tapi setelah dipikir-pikir Miss. Rifa ada betulnya. Dalam sebulan gue bisa sampai 2 kali potong rambut, itu artinya cukup banyak uang yang dihabiskan.



"Kalau nggak dipotong dalam waktu beberapa bulan mungkin rambut kamu akan panjang sekali ya, Indi. Padahal banyak lho yang mau rambut seperti kamu."
Kata-kata Miss. Rifa membuat tersadar bahwa gue sudah menyia-nyiakan rambut gue sendiri. Gue membiarkan setiap 2 cm rambut yang dipotong terbuang sia-sia ke tong sampah tanpa memberinya kesempatan menjadi sesuatu. Ingin rasanya menjadikan rambut gue bermanfaat bagi orang lain, tapi apa?

Lalu entah bagaimana awalnya gue teringat dengan my awesome uncle, Om John. Ia gue juluki dengan "the world's fastest growing hair" karena rambutnya cepat sekali tumbuh, bahkan lebih cepat dari gue. Setiap kali rambutnya sudah menyentuh dada ia pasti memotongnya kembali sampai botak. Gue pikir itu aneh sampai gue temukan alasan mengapa ia melakukannya: He donate his hair to cancer patients!
Meski sejak 6 tahun lalu ia berhenti melakukannya, tapi apa yang ia lakukan menginspirasi gue. Thank you, Om John! ;)

Segera gue research tentang apa saja yang harus dilakukan untuk mendonasikan rambut, mulai dari panjang minimum sampai kondisi rambut. Syukurlah rambut gue meskipun terang tapi nggak tersentuh dengan bleach, gue juga nggak merokok dan dengan kecepatan tumbuhnya rambut, gue akan siap dalam waktu sekitar 4 bulan. Organisasi yang gue hubungi pertama adalah organisasi yang sama dengan tempat Om John mendonasikan rambutnya, dan yang kedua adalah organiasi lokal (gue akan sebutkan nama-namanya nanti). Thank God keduanya menyambut dengan baik, sudah saling follow di twitter and can't wait for the day!



Sejak berhenti memotong rambut di bulan Agustus (kecuali poninya), rambut gue sudah tumbuh sekitar 11 cm. Teman-teman di preschool terkejut waktu melihat gue setelah liburan. Mereka berkomentar bahwa rambut gue cepat sekali tumbuh karena sudah menyentuh bahu padahal sebelumnya hanya di bawah telinga. Mereka juga nggak percaya bahwa gue benar-benar mau memanjangkan rambut karena gue selalu memotongnya sebelum menyentuh bahu. Well, mereka belum tahu tentang rencana gue untuk mendonasikan rambut sih, sama seperti stylish di salon langganan gue yang bilang bahwa gue nggak akan tahan, lol. Tapi gue punya keluarga dan Ray yang sangat mendukung. Ibu memang terkejut pada awalnya karena beliau pikir gue akhirnya akan memanjangkan rambut untuk diri sendiri, tapi setelah gue jelaskan pelan-pelan Ibu mengerti bahkan memberikan tips agar rambut gue tetap sehat. Begitu juga Bapak yang dengan exited-nya memberi gue saran agar membeli sisir besar, karena menurutnya sisir mungil nggak akan lama lagi cocok untuk rambut gue, hehehe. Dan Ray, ia ikut senang karena rambut gue nantinya akan menjadi wig untuk anak-anak yang kehilangan rambut karena sakit atau kecelakaan.


Sekarang gue berusaha agar rambut gue tetap sehat. Gue masih mengeringkannya dengan hairdryer tapi gue usahakan dengan mode 'no heat'. Gue juga creambath di rumah satu minggu sekali supaya teksturnya tetap halus. Seriously, semakin hari rambut gue rasanya semakin berat, apalagi kalau sudah mulai menusuk-nusuk bahu rasanya geli sekali. Tapi gue coba abaikan perasaan itu, Mika saja yang laki-laki dan rambutnya menyentuh bahu dulu nggak pernah mengeluh, hehehe. Kebiasaan keramas gue juga jadi berubah, sekarang gue melakukannya di sore hari sehingga di waktu pagi nggak perlu menghabiskan waktu hampir 1 jam untuk mengeringkannya, dan gue bisa pergi bekerja tanpa terlambat. Gue akan terbiasa :)
Perasaan ingin memotong rambut itu kadang masih datang, tapi setiap kali teringat dengan anak-anak yang memuji dan menginginkan rambut gue selalu membuat semangat gue naik kembali. Daripada dibuang di tong sampah, rambut gue akan terlihat lebih bagus di kepala anak-anak itu. Empat bulan memang nggak sebentar, tapi tentu saja gue semakin dekat ;)



Foto-foto diambil pada tanggal 4 Januari waktu keluarga gue berkumpul di villa milik keluarga besar. Nenek senang karena akhirnya gue memanjangkan rambut. Hmm, tugas gue untuk menjelaskan pada beliau sepertinya akan lebih berat dibandingkan dengan pada Ibu. Wish me luck. Gue sadar mendonasikan rambut bukan hal yang common di Indonesia.


'kembarannya' Om John, lol,

Indi

___________________________________________________
Facebook: here | Twitter: here | Contact person: 081322339469

57 komentar:

  1. Jadi penasaran ingin liat kak Indi dengan rambut panjang hehe :D

    Semoga usaha untuk memanjangkan rambutnya tidak sia-sia ya, kak :)

    BalasHapus
  2. wahhh niat kamu bener2 mulia deh ndi...semoga cepet panjang yaaa rambutnya.....gaun orangenya cantikk!

    BalasHapus
  3. kak indy manis banget ☺


    claireteressa.blogspot.com

    BalasHapus
  4. kak indy manis banget ☺


    claireteressa.blogspot.com

    BalasHapus
  5. Konten artikel ini 'begitu luar biasa', hidup, fresh, kata demi kata, kalimat demi kalimat terus mengalir alami dan bersambung begitu menarik dan padu ditambah ilustrasi foto yang spesial. Tentu berbahagia mempunyai rambut yang indah dan spesial. Salam cemerlang!

    BalasHapus
  6. Lebih bagus panjang kok rambutnya. soalnya wanita kalau rambutnya panjang lebih berkharisma. hehe

    BalasHapus
  7. @ ELFRIDA: aku pasti update di sini. amen, semoga berjalan lancar dan rambutku layak untuk dijadikan wig :)

    @ MAMIE: amen... makasih ya, mbak. itu dress surprise dari ibuku, hehehe :)

    @ CLAIRETA: makasih ya, dear :)

    @ HERDONI: terima kasih :)

    @ ACHMAD: bagus atau gak itu bukan yg utama. yg utama adalah nyaman atau gak. dan aku nyaman dengan rambut pendek. biarkan rambut panjangku berguna untuk orang lain daripada dibuang sia2. itulah kenapa aku punya rencana memanjangkan rambut untuk 4 bulan ke depan, agar mendapat panjang yg dibutuhkan untuk didonasikan :)

    BalasHapus
  8. Rambut aku kalo pendek cepet panjang, kayak poni gitu baru potong cepet banget panjangnya. Tapi kalo panjangnya udah lewat bahu itu tiba2 jadi lamaaaa banget panjangnya.. nyebelin. hahahaa

    BalasHapus
  9. pasti nanti bakal tambah cantik nih kak indi :D

    BalasHapus
  10. your hair looks cute with the bangs and bob cut but i think any style would suit you <3 wow that is a really nice idea! if only my hair was healthy enough (mine is so damaged and bleached so i doubt it can be of any use at all )

    http://www.pinkoolaid.com/

    BalasHapus
  11. Waaaah you look so cute! *___* I love those pics, they are pretty!

    BalasHapus
  12. Saya sering liat mba ada di beberapa blogger BULE. Keren keren nih rambut PONI nya :)))

    BalasHapus
  13. @ MILA: perasaan aja itu, hehehe. sekarang aku lagi fase lewat bahu. kalau diliat emang kaya masih sama, tapi kalau dalam keadaan basah keliatan panjangnnya. gara2 nyentuh bahu jadi kelipet2, deh :)

    @ KAHIRUL: tambah cantiknya kalau rambut panjang atau kalau sudah didonasikan, nih? hehehe. 4 bulan lagi aku kembali ke rambut 'bawah telinga' karena rambut panjangku sudah milik orang lain :)

    @ ANGEL: aaaw, thanks, angel. ya, you can't donate it after bleached :( but i didn't see any damage on your hair! :)

    @ AMAYA: thank you, doll! :)

    @ ASEP: aku kalau blog walking memang gak tergantung negara mana bloggernya :) terima kasih ya :)

    BalasHapus
  14. ahhh pingin tau organisasinya dong indi??
    panjang rambut udah sepinggang mau potong sebahu cuma maunya berguna untuk orang lain.

    tahun kemaren telat tahu nya pas ada event potong rambut u/ jadiin wig
    ^_^

    BalasHapus
  15. @ DYAH: sepertinya yang kamu maksud "shave for hope", ya? untuk event itu akan ada lagi tahun ini, kok. aku sudah hubungi mereka. tunggu aja, ya :)

    BalasHapus
  16. baru tau ndi, kalau rambut bisa di donasikan. tp sy termasuk orng yg susah panjangin rambut, makan waktu lama trus teksturnya tipis seperti rambut jagung hehehehhehe
    dl rambut sy jg bob mulu, atau yongens bukan krn gak pengen panjang tp emang jelek banget rambutnya..:D

    BalasHapus
  17. banyak bener koleksi fotonya.. ngomong sooal rambut.. putri q yang dimodel poni ma bundanya.. lucu..

    BalasHapus
  18. super cute dress!
    love the color :D


    WWW.PUTRIVALENTINALIM.BLOGSPOT.COM

    BalasHapus
  19. @ RHEY: iya, aku juga baru tau kira2 5 tahun yang lalu. tapi baru sekarang kepikiran untuk melakukannya. meski tipis kalau sehat dan belum pernah ke bleach bisa didonasikan lho padahal :)

    @ KANVASMAYA: iya, dong aku kan bangga dengan foto2 karya bapak. iya, pasti putrimu lucu sekali :)

    @ PUTRI: thank you very much! :)

    BalasHapus
  20. Kak coba rambut panjang! Trus warna gelap, pasti bedaaa bangeeet hehehe *bayangin* ato pake wig kayak aku hihi *wink*

    Join my Mini Giveaway, win lots of cute and pretty fashion stuff. Open worldwide till January 27th. Click here.
    Cheers,
    Karina Dinda R. ♥
    BLOG | TWITTER | INSTAGRAM

    BalasHapus
  21. Indy..padahal udah sering denger kalo wig itu bisa dibuat dari rambut manusia...tapi aku selalu mikir itu berita boongan..

    Ternyata emang beneran ada ya..dan bahkan buat orang2 yang membutuhkan..you are so generous.. ;)))

    BalasHapus
  22. That is very noble, hon :)
    You look so beautiful, no, I mean beyond beautiful :)

    <3<3<3
    hugLUV

    BalasHapus
  23. Rambut kamu cepet banget tumbuhnya sedangkan rambutku cepet banget abisnya...

    Kamu sebulan bisa potong rambut 2X, aku malah gak pernah potong rambut.. Iya, tanpa dipotong pun udah rontok sendiri.

    Bentar lagi bakalan botak nih, sini sumbangin ke aku aja :D

    BalasHapus
  24. You look adorable! Beautiful dress!
    I’m following you !

    http://www.MARTASFASHIONDIARY.com/

    BalasHapus
  25. Ah, Indi. rambutku tiap helainya tipis dan jumlahnya sedikit sekali.
    Moga-moga sukses memanjangkan rmbut dan mendonasikan rambut ya, Ndi

    BalasHapus
  26. Ah, Indi. rambutku tiap helainya tipis dan jumlahnya sedikit sekali.
    Moga-moga sukses memanjangkan rmbut dan mendonasikan rambut ya, Ndi

    BalasHapus
  27. kak Indi, terima kasih kak, aku baru tau ada shave for hope setelah baca blognya kak Indi. Rambutku udah sepinggang, murni nggak diapa-apain, mau potong tapi nggak rela kalau cuma kebuang di salon.
    Makasi ya kak, aku bakal nunggu kegiatan shave for hope di Surabaya tahun ini, semoga rambut kakak udah panjaaang pas donasi nanti :p
    Terus berkarya dan share pengalaman-pengalaman kakak ya, selain menginspirasi juga membantu sekali, makasi kak, semangat~! =))

    indriadams.blogspot.com

    BalasHapus
  28. Waaahh...bangga sekali yang mendapatkan rambutmu...:)

    BalasHapus
  29. Kalau niatnya positif, pasti dimudahkan jalannya oleh Tuhan. Good luck. :)

    BalasHapus
  30. @ KARINA: hehehe, kalau gitu pinjam wigmu, ya :p kan rambutku memang untuk dibuat wig, karina :)

    @ DESI: hehe, memang ada yang sintetis dan ada yang betulan, kok :)

    @ RAY: thanks, mas :D <3 <3 hugLuv

    @ EDOTZ: wah, bisa hemat biaya salon ya, hehe. bener nih mau wig ponian? :p

    @ SHE: thank you :)

    @ MARTA: aaawww, thank you marta :)

    @ FELY: tipis juga bisa panjang kan? hihihi... tapi bagus kok kamu keliatan fresh :)

    @ LYDIA: thank you :)

    @ INDRI: sama2. kalau sudah panjang gak perlu nunggu event, lebih baik kamu langsung donasikan saja. banyak kok yang mau menerima. misalnya kamu bisa hubungi langsung RS dharmais. aku pun bukan menunggu event, tapi ini pribadi :)

    @ MUTIA: amen... semoga bermanfaat :)

    @ IMMANUEL: amen... thanks ya, nuel :)

    BalasHapus
  31. As usual phenomenal post! You are a champion!
    I can see that you love what you are doing!
    Thanks for posting! Love you :-*

    By the way, I invite you to take part in my little giveaway!
    To win a dream dress worth $ 200 and for the remaining prizes guaranteed!



    Regards,
    Katherine Unique

    BalasHapus
  32. Wow, itu sangat tidak biasa indi..

    BalasHapus
  33. cantk dan unyu2 rambutnya...cocok kok,g tau deh kalau rambut panjang hehe
    salam kenal mbk indi

    BalasHapus
  34. mau pendek atau panjang Indi teteap cantik. AKu penasaran rambut panjangnya indi

    BalasHapus
  35. You are so adorable! Lucu banget dress nya, cocok sama rambut nya :) xx

    http://rosalindatj.blogspot.com

    BalasHapus
  36. Kak indi, gapapa rambutnya dipanjangin... tambah mirip sama Aelke Mariska :)

    BalasHapus
  37. hanya dalam 2 minggu..poninya sudah panjang kembali...wow luarbiasa subur itu rambut..... keep happy blogging always..salam dari Makassar :-)

    BalasHapus
  38. @ KATHERINE: thank you for the invitation :)

    @ MIWWA: apanya yg gak biasa? hehehe. doakan aja ya :)

    @ HANA: terima kasih. akan dipanjangkan sampai kira-kira bulan mei-juni, lalu didonasikan jadi sisanya tinggal sampai bawah telinga seperti aku yang biasanya :)

    @ LIDYA: hehehe, stay tuned di blog aku, mbak. karena panjangnya cuma sebentar, nanti kan dipotong pendek lagi, hehehe :)

    @ ROSALINDA: terima kasih :)

    @ ANGIE: she's way tooooo beautiful :) memang akan dipanjangkan sampai 4 bulan ke depan, sampai panjang yg cukup untuk didonasikan. doakan, ya :)

    @ HARIYANTO: anugerah, hehehe. salam kembali dari bandung :)

    BalasHapus
  39. wow .. cantik sekali kayak barbie :)

    BalasHapus
  40. That haircut suits youu :D

    http://www.furandbomb.net

    BalasHapus
  41. Impian banget deh Ndi rambutmu :) Dan emang kelihatan sehat banget kok difoto.. Gw juga awalnya mikirnya wig lho :) Salute sama pemikiranmu ut donasiin. Smoga banyak yg merasakan manfaatnya yah :)

    BalasHapus
  42. Kak Indi imut :D
    Suka deh sama rambutnya yang kayak gitu. Imut, kak :D

    BalasHapus
  43. Banyak cewek yang panjangin rambut trus dipotong rambutnya untuk dijual, sedangkan Mbak Indi untuk didonasikan pada penderita kanker. Aku jadi terharu.. :') Mulia banget niat dan usahanya.

    Aku pernah potong rambut dari sepinggang sampe jadi di bawah kuping karena rambut ku lebat dan aku ngerasa berat. Sengaja potong sendiri karena pengalaman kalo nyalon malah diambilin buat hair extension. Ngga rela :'( eh tapi sekarang uda panjang lagi donk. Hihihi..
    Salam kenal, Mbak Indi ^^

    BalasHapus
  44. suka banget sama isi artikelnya, semoga berhasil! :)

    http://lindanatawiria.blogspot.com

    BalasHapus
  45. love your hair! it makes you look cute and younger :)

    nice to know you anyway

    http://ienaabsharina.blogspot.com

    BalasHapus
  46. @ DUNIAELY: terima kasih, dear :)

    @ NATASHA: thank you :)

    @ AIPY: terima kasih ya. hahaha, iya banyak yang mikir wig, padahal bukaaaan :) amen... doakan, ya :)

    @ HAFIAN: terima kasih ya :)

    @ BEBY: terima kasih ya, mohon doanya aja supaya lancar. sebetulnya kamu punya hak untuk meminta rambut kamu sama salon, lho. pastikan dalam keadaan terikat, jadi bisa didonasikan. nah, sekarang kan udah panjang lagi, ayo donasikan, hihihi. salam kenal juga :)

    @ LINDA: terima kasih, ya. amen :)

    @ IENA: thanks :)

    BalasHapus
  47. rambutnya kok bagus dan lurus? rahasianya apa?

    *loh

    BalasHapus
  48. Rambutnya Indi emg baguus. And love the color too :)).

    BalasHapus
  49. Dear Indi,

    Salam kenal, saya suka blog kamu, so colorful... :) nama saya budi, di jakarta, organisasi yang kamu bilang itu adalah YPKAI, Yayasan Pita Kunin g Anak Indonesia, yang mensponsori Shave For Hope.
    Tahun 2013 kemarin adalah kali ke dua kami menyelenggarakan Shave For Hope. Untuk Tahun ini akan ada lagi, tapi belum tahun kapnnya.
    Tapi Buat Indi atau Teman-temen yang lain yang ingin mendonasikan rambutnya, bisa menghubungi aku di 087723620555, nanti akan aku infokan cara pendonasiannya.

    Terima kasih atas perhatiannya. :)

    BalasHapus
  50. Hmmm ternyata beneran ada ya organisasi yang mengkoordinir pendonoran rambut di Indonesia ini?

    BalasHapus

Terima kasih untuk komentarnya, it's really nice to hear from you :)