Teman-teman yang menyukai "Dunia Kecil Indi"

Minggu, 05 Januari 2014

Cerita tentang Bakat Ajaib Gue dan Sedikit Room Tour :p

Howdy-do, Cowboy! :p 
Adakah yang sudah mulai beraktivitas atau malah masih liburan? I bet kebanyakan dari kalian besok sudah mulai masuk sekolah atau bekerja, ya. Soalnya preschool tempat gue bekerja juga sudah dimulai hari selasa depan. Perasaan gue dengan berakhirnya liburan ini campur aduk, sih. Antara masih pengen liburan tapi juga sudah kangen dengan anak-anak manis di sana, hehehe. Mungkin yang namanya liburan meskipun sudah cukup panjang rasanya masih selalu kurang, ya. Apalagi liburan gue kan dua kali lipat karena ditambah cuti pasca operasi tumor payudara di bulan November lalu. Dan gue juga sudah melakukan beberapa hal yang masuk "thing to do list". Seperti menghabiskan waktu bersama keluarga, Ray dan Eris, menulis naskah buku ke 5 yang sekarang tinggal setengahnya lagi (yes, buku ke empat gue tinggal menunggu terbit!), menyortir isi lemari buku dan mendekor ulang kamar tidur gue. Ya, meskipun nggak terlalu banyak, tapi at least sebagian besar yang ada di list sudah gue kerjakan. Yang belum tinggal belajar "Cup Song", soalnya masih sering malu-malu kalau didengar seisi rumah. Tapi tahun ini harus bisa, hehehe. Amen! ;)

Mengawali tahun baru dengan selesainya (sebagian besar) "things to do" selama liburan membuat gue lebih siap untuk memulai rutinitas kembali dan bersiap merencanakan hal-hal baru.
(meski kalau ditawari liburan lagi gue nggak menolak, huhuhu).
Bukan itu saja, berhasil mengerjakan sesuatu yang sudah direncanakan membuat gue merasa bangga dan lebih menghargai diri sendiri. Karena melakukan hal-hal surprise memang perlu dan sangat menyenangkan, tapi merencanakan sesuatu juga penting agar gue keep on track, nggak keteteran sendiri sama hidup, hehehe.

Meski begitu bukan berarti gue orang yang punya bakat alami untuk disiplin (lol). Gue harus selalu berusaha keras untuk melakukan semuanya tepat waktu, malah kadang-kadang harus jauh lebih keras daripada orang lain :p Buktinya, untuk bangun tidur di jam yang sama setiap hari saja gue masih sering failed. Padahal gue hidup sudah lebih dari 20 tahun, lho, hehehe. Ibu sering bilang, katanya kalau mau disiplin harus mulai dari memulai, nanti lama-lama jadi kebiasaan, dan kebiasaan itu yang membuat kita mengerjakan hal sama secara rutin sehingga menjadi disiplin (waktu, tempat, etc). Tapi pada kenyataannya tetap saja sulit, gue masih sering menunda-nunda untuk memulai sesuatu. Atau lebih menyedihkannya lagi malah berhenti di tengah jalan. Contohnya saja malam ini, untuk bangun sebelum jam 10 pagi di hari libur gue harus naik ke atas tempat tidur sebelum jam 12 malam, tapi gue malah masih di depan komputer, hehehe. Dasar Indi! :p

Masih banyak yang harus diperbaiki dari kedisiplinan gue. Itulah kenapa gue hanya punya sedikit "things to do" di liburan kemarin, agar gue nggak terlalu keras pada diri sendiri dan jika sudah berhasil akan ditingkatkan sedikit demi sedikit. Memang nggak mudah, sih. Tapi dengan niat, usaha dan doa, pasti ada jalan ;)
Lucunya, (atau anehnya?) meski kesulitan untuk disiplin dalam beberapa hal, ada satu hal yang gue sangat super duper master sekali dalam melakukannya. Dan hal itu adalah...
BERES-BERES KAMAR.
Hahaha, mungkin teman-teman yang mengikuti blog ini sudah tahu kalau gue sangat 'tergila-gila' dengan kerapihan kamar. Sampai-sampai gue nggak akan pergi kemana-mana sebelum beres-beres kamar, meski sudah terlambat sekalipun.





Kalau dulu percaya kata orang bahwa kebiasaan gue itu aneh, sekarang malah percaya bahwa yang gue lakukan itu adalah bakat alias gift, sesuai dengan arti nama gue dalam bahasa Latvian, hehehe. Soalnya nggak semua orang bisa (atau mau) melakukannya. Gue memang bukan expert, gue nggak melakukannya dengan sempurna, tapi gue punya disiplin yang tinggi ketika beres-beres kamar. Setiap hari, setelah bangun tidur dan sarapan pasti itulah yang langsung gue kerjakan. Kalau ditanya kenapa, gue juga nggak tahu alasannya. Pokoknya gue suka dan nyaman melakukannya. Tapi yang pasti penelitian menunjukan bahwa beres-beres kamar sebelum memulai aktivitas meningkatkan mood dan kepercayaan diri. Hmm, mungkin juga, ya :)




Nah, berhubung gue sudah menganggapnya bakat (lol), sekarang gue mau berbagi tips mengenai beres-beres kamar, nih. Gue tahu, bagi yang belum terbiasa rasanya pasti sulit sekali untuk memulai, sama sulitnya seperti gue yang mencoba untuk bangun pagi. Tapi sebelum bilang 'malas', coba ingat-ingat dulu apa keuntungan yang bisa didapat jika kita mempunyai kamar yang rapi. Misalnya saja seperti ini,
1. Dengan beres-beres kamar kita jadi lebih sehat karena tubuh terus bergerak. Bahkan hanya dalam 20 menit bisa membakar 210 kalori, lho.
2. Say no to mencari jarum di tumpukan jerami, karena kalau kamar rapi, kita nggak perlu repot-repot menggali di antara ribuan benda untuk mencari sesuatu.
3. Kalau ada tamu mendadak, misalnya keluarga atau teman (terutama di kamar kos yang nggak ada ruang tamunya) kita nggak perlu malu, hihihi.
4. Kamar rapi = nyaman.





Kalau sudah menemukan alasan kenapa harus beres-beres, langsung saja mulai. Tapi, well... gue juga tahu nggak semudah itu, hehehe. Untuk menambah motivasi dan membantu memudahkan kita bisa lakukan beberapa hal ini,
1. Buka YouTube dan search dengan kata kunci "Cleaning my Room". Nanti akan keluar berbagai video yang berisi tentang beres-beres kamar. Supaya nggak terlalu terasa berat, pilih video yang keadaan kamarnya lebih buruk dari kita (supaya kita merasa lebih baik, lol) dan pilih yang background musiknya up beat. Gue juga sering melakukan ini waktu sedang beres-beres, jadi rasanya ada yang menemani, hahaha :p

2. Mulai letakan kembali barang yang habis dipakai pada tempatnya. Misalnya sisir, buku, baju dan benada-benda yang paling sering kita gunakan. Soalnya meski kesannya kecil tapi pengaruhnya lumayan besar, lho. Gue punya 1 kotak karet ikat rambut yang disimpan di meja rias. Setiap kali rambut gue terasa menghalangi aktivitas, gue pasti akan mengambil 1 karet rambut. Dalam 1 hari bisa sampai 6 kali! Bayangkan kalau gue nggak membuang karet-karet itu, pasti akan ada karet rambut dimana-mana. Ewww... :S

3. Sediakan 1 box kosong di kamar, jadi di saat kita buru-buru akan pergi dan nggak sempat beres-beres, kita bisa masukan barang-barang ke sana, bukannya ke lantai. Jadi waktu kita kembali ke kamar nanti akan terhindar dari pemandangan kapal pecah dan beres-beres pun akan lebih mudah (dan lebih semangat karena nggak ilfil duluan, lol).

4. Punya tema kamar favorit atau seenggaknya punya image kamar idaman membuat kita termotivasi, lho. Misalnya mau banget punya kamar dengan tema Power Rangers atau kamar super rapi seperti di iklan-iklan sprei (lol), ya langsung saja lakukan. Gue biasanya googling desain-desain kamar kalau mulai jenuh dengan tata letak kamar. Suasana baru = lebih semangat. Selain itu kita juga jadi lebih kreatif karena ide-ide biasanya bermunculan kalau sedang googling. 

5. Kalau masih tinggal dengan orang tua, jangan tinggalkan kamar dengan pintu terkunci. Agar waktu kita pergi dan mereka masuk untuk mengambil sesuatu atau menutup jendela misalnya, mereka bisa melihat keadaan kamar kita. Dan teguran, "Kamar kamu acak-acakan banget, sih!" dari Ibu lebih ampuh daripada motivasi apapun di dunia untuk beres-beres kamar, hehehe.

Itulah tips yang bisa gue bagi dalam hal beres-beres kamar. Semuanya berhasil untuk gue, dan mudah-mudahan juga berhasil untuk teman-teman :D Setiap hari sebagian besar waktu gue setelah bekerja di preschool dihabiskan di kamar, jadi sangat penting untuk menjaga kamar tetap bersih dan nyaman. Gue juga menulis buku-buku gue di sana, bahkan jika sedang sendirian di rumah gue memilih nonton TV di sana daripada di ruang TV. Jadi kamar adalah kepribadian gue, dan gue nggak mau membiarkan kepribadian gue acak-acakan, hehehe. Karena gue memulai hari dari kamar yang rapi, rasanya seluruh aktivitas gue jadi lebih teratur dan memberikan perasaan nyaman saat pulang ke rumah dan perlu beristirahat :)

Hmm, ada nggak diantara teman-teman yang resolusi tahun barunya untuk menjadi lebih rapi? Kalau misalnya nggak termasuk ke dalam list tapi dirasa perlu, yuk memulainya! Semoga tips gue bisa membantu, dan apapun yang kita lakukan di tahun ini menjadi lebih baik dari sebelumnya, amen. Good luck, teman-teman, se "good luck" gue untuk belajar "Cup Song" dan of course... untuk bangun lebih bagi! Lol :p


cheers,

Indi


___________________________________________________________
Facebook: here | Twitter: here | Contact person: 081322339469


52 komentar:

  1. Waaah.. kamar kak Indi cantik sekali.. :)
    Hello kitty semuaa.. ^__^

    BalasHapus
  2. Absolutely amazing! Love it!
    Too cute :)

    BalasHapus
  3. Kak Indi beneran fans setia Hello Kitty ya, sekamar si kucing lucu itu semua. Persis kamar kosan temenku. :D

    BalasHapus
  4. gilaaa kamarnya unyuu banget kak!! hello kittyyyy <3 <3 aku pengen bgt daridulu punya kamar yg theme nya pink tapi gapernah dikasi :")

    BalasHapus
  5. kamarku selalu rapi dong kak ndi.. soalnya ga terlalu banyak barang di dalamnya. hehehe.. yaa kecuali kalo lagi ngerjain sesuatu, baru deh kayak kapal pecah.
    aku juga termasuk orang yang kayak kak ndi.. kamar mah wajib rapi. di luar kamar? urusan beda. hahaha lol

    BalasHapus
  6. Lucu banget kamarnya Indi, hello kity semua, sampe softex aja hello kity hahahaa...

    BalasHapus
  7. Cute banget kak kamarnyaaa, next time kakak juga harus lihat kamar aku, sama cute nya :D

    nunkhalida.blogspot.com

    BalasHapus
  8. semuanya warnanya pink hehe....

    BalasHapus
  9. Wah kamarnya cute banget... kerasa banget Indi-nya hehehe.
    Salut banget utk kerapiannya, kalo aku sih gak bisa serapi itu #pengakuan hehehe

    BalasHapus
  10. Indi aku jga pakai pembalut kitty itu hehehe.

    BalasHapus
  11. kamarnya lucu banget indi! hahhahaha
    btw aku malah paling gak bisa disiplin :'(

    BalasHapus
  12. Kamarnya rapi ya, pasti bersihinnya capek hehehe,

    BalasHapus
  13. wih, kereeeen kak Indi, HK semua... Mm, kak, ini bisa jadi referensi koleksi nih: https://www.facebook.com/pages/Hello-Kitty-Shop-Indonesia/478634792168192

    BalasHapus
  14. omg..rapiih bangeett kamarnya Indy....

    bakalan betah banget deh berlama2 disitu ...;))

    BalasHapus
  15. Kamarnya lucu dan rapih. Beda banget sama kamar aku haha :D

    BalasHapus
  16. indiii~! kamar kamu lucu banget sih! kayak orang nya :)

    BalasHapus
  17. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  18. Kak, aku juga suka banget hello kitty, tapi belum punya koleksi banyak :( hiks

    ohiyaaa, aku mau galonnya kak :( kk beli dimana? :'(

    BalasHapus
  19. kayaknya kamar aku juga perlu dibersihkan kaka, ,, tapi ngga pakai helokitty ya

    BalasHapus
  20. kayaknya kamar aku juga perlu dibersihkan kaka, ,, tapi ngga pakai helokitty ya

    BalasHapus
  21. indi kamarnya bersih plus rapi bangeeet. gak kayak kamar saya yang jarang banget rapinya xixixixixix
    btw, itu hello kittynya banyak beneer:D

    BalasHapus
  22. weewww, kamarnya mba Indi, cantik banget yak, ada bakat sepertinya untuk jadi room designer yak? hehe All in one in pink, and Hello Kitty :)

    BalasHapus
  23. kak indi mau tanya itu lemari buku kecil gitu dimana ya belinya? pengennnnn :)

    BalasHapus
  24. Astaga itu hello kittyy
    *suka juga tapi koleksinya masih kalah jauh* :)))

    BalasHapus
  25. Kamarnya bersih banget deh... Klo aq harus ada mood beresih kamar.

    BalasHapus
  26. kamarnya serba pink dan hello kitty unyuu ^_^

    salam kenal
    http://leeviahan.blogspot.com

    BalasHapus
  27. wow pingky banget ya kaka :D

    boleh dong pinjem kasurnya haha

    BalasHapus
  28. Kak Indi bikin aku envy! Ya ampun kamarnyaaaaa, aku juga mau! I'm HK addict too. Pengen berkunjung ke kamar kakak deh :D

    Cheers,
    Karina Dinda R. ♥
    BLOG | TWITTER | INSTAGRAM

    BalasHapus
  29. astagah itu kamar apa hello kitty store?

    wkwkwk gile niat bener ye bikin kamar jadi gitu..

    BalasHapus
  30. lovely room! it's all hello kitty! my friend would go crazy1

    BalasHapus
  31. Indi your room is so neat and organized! I love all of the Hello Kitty stuff too :D You had some great tips in here too!

    BalasHapus
  32. This looks amazing, I love it. I have a huge hello kitty cushion in my apartment.

    BalasHapus
  33. This looks amazing, I love it. I have a huge hello kitty cushion in my apartment.

    BalasHapus
  34. looks so amazing! good luck for cup song :)

    http://lindanatawiria.blogspot.com

    BalasHapus
  35. cup song! haha! pengen juga sih belajar itu :D

    nice room. and good luck with your fifth book :)

    BalasHapus
  36. OMG! Kak Indi Hello-Kitty Holic ya ternyata XD
    Lucuuu....

    BalasHapus
  37. Hi Indi
    kenalin gw sakti :)
    gw baca novel waktu aku sama mika udah sktr 2thn yang lalu dan baru nonton filmnya beberapa waktu yang lalu.

    bener2 buku dan film yang memotivasi gw. :)
    well...
    gw HIV positif. dan udah 3tahun ini tau kondisi gw.
    :)

    pengen rasanya punya semangat dan pemikiran yang selalu positif seperti Mika...

    anyway ini blog gw yg penuh dengan curhatan gaje gw...
    kalo ada waktu silahkan dibuka ya...
    :D

    www.semangatbutterfly.blogspot.com

    BalasHapus
  38. nice room btw... cukup amazing gw liat ada org dewasa yang masih koleksi hello kitty... ini pujian lho ya...
    hahahahaa...

    BalasHapus
  39. wah kamarnya serba pink kayak di blog nya ini :D

    hehe salam kenal ya btw

    BalasHapus
  40. waow, absolutely uuuhmazing :O keren banget ih, aku suka iri gitu sama orang yg konsisten suka sama sesuatu

    BalasHapus
  41. cantik banget kamarnya. full hello kitty dan rapi banget. aku juga suka hello kitty tapi nggak se- 'fanatik' indi hihihi.

    BalasHapus
  42. cantik banget kamarnya. full hello kitty dan rapi banget. aku juga suka hello kitty tapi nggak se- 'fanatik' indi hihihi.

    BalasHapus
  43. All that adorable Hello Kitty!!! Love it Indi :-) Also - your orange dress is perfection! I wish I had one just like it. Wishing you one lovely week darling gal!

    xo Marisa

    BalasHapus
  44. Waahh !! kalau mau kasih kado bingung nihh...? kayaknya semua sdh komplit .

    BalasHapus
  45. Hi Indi, baru berkunjung nih.. Baru tau kalo kamu kelar operasi tumor payudara. Tapi dari tulisan mu ini keknya itu bukan big deal yah, semacam cuma lewat bgitu. Gw seneng deh sama orang yg positif, yg tangguh ngadepin persoalan :)

    Dan suka juga sama kamarmuu.. Ahhh.. Impian masa kecil gw yg ga terwujud tuh punya koleksi Hk :D

    BalasHapus
  46. Lucu bangetttt koleksi Hello Kitty nya kak Indi!! :D

    http://febiola-febby.blogspot.com/

    BalasHapus
  47. Hello kitty-nya bikin iri, kak >.<

    BalasHapus
  48. seru jg kali yaaa 'beres2 kamar' dimasukin list kerjaan tiap hari :D
    aku malah malesan buat beres2 kamar, kalau udah berantakan banget, baru deh di beresin >.<

    BalasHapus
  49. rapi jali kamarnya. kebetulan nih kak, kamar aku perlu dibersihin juga. manatau kakak berminat. haha
    tapi gak pake hello kitty juga sih

    BalasHapus

Terima kasih untuk komentarnya, it's really nice to hear from you :)