Teman-teman yang menyukai "Dunia Kecil Indi"

Rabu, 14 Januari 2015

Indi Ingin Bermain Ukulele (Tentang Kado Impian) :)

Gue terbangun dengan posisi tangan kanan berada di atas perut ---masih sedikit naik turun seperti gerakan strumming alias genjrang-genjeng.
Setelah sepenuhnya sadar gue segera terkikik geli dan turun dari tempat tidur, mengambil cuk lele dan memainkannya. Itu tadi mimpi yang sangat konyol... :)

***

Gue sudah bilang pada Bapak kalau gue ingin belajar bermain ukulele. Juga pada Ibu, pada Ray... bahkan pada Eris. Tapi mereka bilang (kecuali Eris, karena ia seekor anjing, hihihi) gue lebih baik belajar bermain gitar saja dulu, karena lebih mudah dan ada Bapak yang bisa mengajarkan. Bapak bahkan mengira kalau keinginan gue ini hanya main-main. Beliau bilang, "Katanya mau jadi rockstar seperti Aerosmith, masa mainnya ukulele? Gitar dong biar keren." 
Ya, meskipun sama-sama dipetik, mungkin karena ukulele ukurannya mungil di mata Bapak jadi kurang garang... Eh, lagian gue perempuan ngapain juga garang-garang? Begini deh kalau punya Bapak yang terobsesi sama rock and roll, hehehe.

Tapi gue memang sungguh-sungguh ingin belajar alat musik Hawaii ini. Setiap hari gue berguru pada master-master ukulele lewat internet. Mempelajari chord-chordnya dan fingering di invisible ukulele gue. Ya, gue memang belum punya ukulele sendiri, tapi it wont stop me. Setiap kali melihat idola-idola gue bermain ukulele, rasa semangat gue menjadi semakin tinggi. Mungkin akan butuh waktu yang nggak sebentar, tapi gue percaya akan bisa seperti mereka.
Perkenalan gue dengan ukulele sendiri justru terjadi dengan nggak sengaja, tapi malah membuat terkenang-kenang. Waktu itu gue baru saja dipertemukan dengan Aerosmith, band yang sangat gue kagumi sejak kecil. Karena ingin segera 'mengulang moment' gue mencari video mereka ketika konser di Singapore. Alih-alih mendapat videonya, gue malah menemukan video Steven Tyler (the vocalist, member favorit gue) sedang mengucapkan happy birthday pada Willie Nelson, rekan sesama musisinya. Di sana Steven Tyler bernyanyi sambil memainkan alat musik yang sekarang menjadi obsesi gue; ukulele. 

Untuk persiapan bermain ukulele yang sesungguhnya, gue membeli cuk lele ---atau biasa disebut gitar mini, kentrung, kencrung alias gitar kecil yang biasa digunakan pengamen. Well, sebenarnya ukelele dan cuk lele (seharusnya) sama saja, cuma entah kenapa banyak musisi jalanan yang menyebutnya 'gitar cuk'. Katanya sih (iya, gue sempat mengobrol dengan pengamen yang mampir ke toko alat musik) yang mereka pakai ini versi rip off dari ukulele. Jadi bentuk boleh sama, tapi bahan yang digunakan beda. Bahkan senarnya pun bukan nilon khusus ukulele (nylgut), tapi dari tali bekas raket tenis. "Lebih irit, bisa minta dari toko olah raga, tuh," begitu katanya. Selain itu konon suaranya lebih nyaring daripada ukulele biasa, jadi cocok untuk dipakai mengamen di jalanan atau di dalam kendaraan umum.

Sebelum punya ukulele sungguhan, gue berlatih dengan si rip off ini dulu :)

Jadilah setiap hari gue berlatih menggunakan ukulele versi rip off ini. Begitu bangun tidur, bahkan sebelum sarapan gue langsung berlatih. Sebelum tidur gue juga berlatih lagi. Adik gue yang kamarnya tepat di atas kamar gue kadang protes, katanya kalau malam gue berisik, mana fals lagi, hahaha. Kebiasaan baru ini juga sedikit merubah penampilan gue. Yang biasanya kuku super rapi dengan cat warna-warni sekarang mulai chipped, lengkap dengan kapalan di ujung jari. Tapi gue nggak menyesal, karena bahkan sebelum gue bisa bermain ukulele pun sudah ada sisi positifnya; gue jadi jarang pegang handphone, hihihi.

Meski dengan semangat menggebu-gebu (lol, beneran ini), bukan berarti tanpa hambatan. Kadang kalau jari-jari mulai terasa sakit (resiko pakai rip off ya begini, hehehe), mood gue jadi turun. Apalagi kalau telapak tangan gue mulai keringetan, pasti jadi semakin susah untuk menjaga jari agar tetap stabil. Kalau sudah begitu, gue langsung ingat-ingat lagi tujuan gue; Ingin bisa bermain ukulele! Sesulit apapun gue harus konsisten, meskipun belajar otodidak. Menonton video-video musik juga membantu untuk menaikan mood gue, salah satunya dari Walk of the Earth, karena Sarah, satu-satunya perempuan di grup itu juga bermain ukulele :)

Harapan gue sih ada yang memberi hadiah ukulele sungguhan... Gue nggak perlu merk tertentu, dengan kualitas begini-begitu atau dengan model yang super keren. Yang terpenting bisa dipakai untuk mensupport passion gue. Ukulele juga bukan alat musik yang langka di Indonesia. Selain ada merk-merk buatan luar negeri, di sini juga sudah banyak pengrajin yang membuat ukulele. Misalnya di Salatiga, Solo atau Bali. Kalau di Bandung sendiri, sih gue belum dengar ada pengrajinnya. Tapi itu kan bukan masalah, zaman sekarang mau dari kota manapun juga bisa dikirim melalui jasa pengiriman barang. Apalagi dengar-dengar sekarang untuk barang fragile macam ukulele pun dijamin aman karena bisa pakai packaging kayu. Pasti memudahkan sekali untuk yang ingin memberi gue hadiah, ya, hehehe.

Mungkin teman-teman bertanya-tanya, kenapa gue nggak membeli ukulele dengan uang sendiri saja. Apalagi harganya nggak terlalu mahal. Untuk yang kualitasnya cukup bagus saja harganya hanya setara dengan 3 hari uang saku anak SMA zaman sekarang (gue anak zaman dulu, lol). Well, iya sih kalau dilihat dari harga mungkin nggak seberapa. Tapi gue ingin ini menjadi hadiah agar rasanya istimewa. Apalagi jika didapat dari orang-orang yang gue sayang, pasti akan berkesan sekali. Makanya sekarang gue ingin tunjukan pada Ibu, Bapak dan Ray (juga Eris, hehehe) bahwa gue memang sungguh-sungguh belajar ---bahwa gue nggak main-main dengan apa yang ingin gue capai. Jadi jika suatu hari gue mendapatkan kado yang sudah gue impikan ini, mereka nggak akan kecewa! :)




uke girl,

Indi


_______________________________________________________
Facebook: here | Twitter: here | Instagram: here | Contact person: 081322339469

47 komentar:

  1. Klo udh lancar gitarnya mg bisa main ukelele ya. Keren ih tiap hari belajar via youtube.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banyak orang baik yang kasih free lesson di YouTube, jadi terbantu sekali :)

      Hapus
  2. Nanti tangannya kapalan loh Mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sudah kapalan, kok, hehehe. Dulu aku les drum 2 tahun, yang kapalan bukan cuma ujung jari, tapi buku-bukunya juga :D

      Hapus
  3. Ukulele...woo alat musik yang harus dilestarikan ya, keren tuh kalau bisa memainkan ukulele, semoga impiannya jadi nyata ya...

    BalasHapus
  4. cute!

    www.bstylevoyage.blogspot.com

    BalasHapus
  5. waaa kak Indi belajarnya pake invisible ukulelenya, waduh semangatnya luar biasa kakkkk. nanti kalo udah punya ukulelenya beneran udah lancarrrr :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha, amen...mudah-mudahan cepet bisa, ya :)

      Hapus
  6. saya bisa si mbak, tapi sikit-sikit :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau bisa sedikit, belajar sedikit lagi pasti jadi bisa beneren, hehehe :p

      Hapus
    2. oke mbak, terima kasih atas dukungannya :D

      Hapus
  7. wah saya nggak ada yg mahir alat musik...suka dengerin lagunya ajah...

    ntar klo sudah mahir pengin denger gaya petikan ukulelenya mba.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama, aku juga sukanya dengar. Tapi dicoba-coba boleh juga :) Sip, nanti dengar lewat video ya :D

      Hapus
  8. whehehe, gak papa dong latihan dari yang kecil dulu. Kalo Indi udah besar baru mainin gitar yang besar ... *eh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nunggu aku sebesar dinosaurus? Hehehe :p

      Hapus
  9. Kirain sblm bc ini, pas liat ftonya itu ukulele-trnyata bkn :-D

    dg semangat dan kerja keras Indi ini, smg ga sia-sia..kado impiannya jd kenyataan..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ukulele rip off :D Amen... doakan, ya :)

      Hapus
  10. ukulele ada kw nya juga yaa...semoga terkabul indii...

    BalasHapus
  11. Keren Indy, nanti kalau sudah bisa main ukulele di upload ya videonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kemarin aku rekam, tapi masih piyamaan. Malu kalau diupload :p

      Hapus
  12. anak saya punya gitar kecil seperti diatas itu hehe...
    dan saya baru tahu kalo ukulele itu berbeda dgn gitar kecil itu :)
    betewe.... semoga si ukulele bisa cepat didapatkan ya....

    BalasHapus
  13. kereenn ukulele indi ada gambar-gambar nya.
    eh bener ya kalau pke senar bekas raket tenis bisa lebih nyaring? pengen nyoba juga.
    ayok semangat sama2 belajar ukulele hahaha.. supaya kukunya ga rusak kalo pke kutex beli pick gitar aja, atau pke uang koin :p

    BalasHapus
  14. wih keren Indi bisa main ukulele ya....

    BalasHapus
  15. aku baru tau ukelele itu desember kemarin mbak,kirain apa eh ternyata gitar kecil hahaha...manfaat ukelele,menjauhkan diri dari hp hehehe,bisa2 hehe

    BalasHapus
  16. Faiz juga punya ukulele, dari nenek

    BalasHapus
  17. Faiz juga punya ukulele, dari nenek

    BalasHapus
  18. Hihi...keinginan sederhana dan unik,Mbak...Semoga cepet kesampean yaa...:) Btw Ukulele warna gitu, cantik dan romantis kesannya yaa... Love it!

    BalasHapus
  19. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  20. Ketularan Steven Tyler mbak nah :D
    tapi salut sama semangatnya, meski ngebuat sakit ke tangan, tapi mbak tetap kekeh belajar. saya gak kepikian main itu, dulu sih mau belajar gitar, pas SMP. eh, gak keturutan, mbak. cuma saya sering minjam gitar mas sepupu. saya taruk di kamar, cuma sebatas pajangan. keliahatannya keren gitu kalau ada gitar di kamar cowok :D :D

    BalasHapus
  21. Great post :) I really like your blog
    Follow?
    http://kasjaa.blogspot.com/

    BalasHapus
  22. Semangatnya itu loh yang waw. Meski pernah diledekin sama bapaknya. Tapi keinginan yang sungguh-sungguh bisa jadi perisai yang cukup ampuh.

    BalasHapus
  23. Hmm saya jadi inget punya keinginan terpendam sejak masih anak2 dulu.. pingin bisa main gitar. Tapi sampe sekarang gitar aja belum pernah punya. Hehehe

    BalasHapus
  24. wahh ukulele nya warnanya gonjreng banget..baguss ndi

    BalasHapus
  25. OMG IT IS SO CUTE!I want one! I think they are so underrated!

    BalasHapus
  26. Kok abis baca ini langsung pengen belajar ukulele juga ya... wah rumit juga tapi belajar ukulele kak... Salken ya kak baru pertama mampir^^

    BalasHapus
  27. Belajar ukulele sama belajar gitar itu beda atau sama aja , mbak? Penasaran.

    Baru dengar juga soal cuk lele itu,..

    BalasHapus
  28. wah kayaknya seru ya mbak bisa amen ukulele keceeehh badai dah mantap....

    BalasHapus
  29. Main ukulele kek pengamen dan kek budi doremi saja kak, tapi aku dukung kak indi main ukulele hehe jangan lupa buat upload di youtube iya kak :)

    BalasHapus
  30. Ndi, upload di youtube Ndi :D Pen lihat :D Tar kolaborasi sama Mila yg juga lagi main Ukulele..hihi

    BalasHapus
  31. Mbak Indi ini mungil-mungil ya emang pantes lah kalo main ukulele. Malah disuruh main gitar biar garang :V

    BalasHapus
  32. Hi Indy, senang bisa main-main ke blogmu.

    Ukulele/cuk lele sama gitalele sama nggak sih?

    Aku belum bisa main, sih, cuma sering liat adik doang main gitalele. Kayaknya menarik ya hehehe.

    Semoga keinginannya terkabul. Jangan lupa bikin konser mini ya.

    BalasHapus
  33. Terima kasih atas partisipasinya ya, Kak Indi. Aduh seneng deh Kak Indi mau ikutan. Ukulele nya ditempelin stiker Helkit pasti lebih unyu :p

    BalasHapus

Terima kasih untuk komentarnya, it's really nice to hear from you :)