Minggu, 25 September 2011

Toko Kecil Punya Indi :)

Apa yang kalian suka? Menggambar, bernyanyi, menari? Atau ada yang lainnya? Lalu apa yang kalian lakukan terhadap hal-hal yang kalian suka?

Aku suka menulis. Aku sudah tahu dari dulu, dari sejak kecil. Setiap hari, setiap kali ada kesempatan aku pasti menulis. Aku ingat, waktu itu aku berumur 7 tahun dan dapat diary pertamaku. Kurang dari 1 tahun diary itu sudah penuh diisi dengan cerita dan puisi-puisi konyolku. Kebiasaan itu berlanjut sampai sekarang, sampai dewasa dan sepertinya (amen) akan selamanya.
Awalnya aku memang nggak tahu bahwa akan menjadi penulis, aku cuma suka, itu saja. Sampai suatu hari ada penerbit yang tanpa sengaja membaca tulisanku dan menyukainya. Lalu lahirlah dua buah bukuku, "Waktu Aku sama Mika" dan "Karena Cinta itu Sempurna" yang ---thank God--- keduanya adalah best seller. Semua itu bisa kucapai karena hal yang sederhana... aku tahu apa yang kusuka dan aku melakukan sesuatu terhadapnya.

Tapi tahukah kalian bahwa aku, atau mungkin saja kalian bisa menyukai sesuatu untuk begitu lama tapi nggak menyadarinya? Aku iya.
Aku sangat semangat soal menulis, setiap kali sekolah memberi tugas mengarang aku selalu menyelesaikannya dengan cepat. Nggak peduli bahwa yang dinilai hanya kerapihan tulisan tanganku, aku selalu memperhatikan cerita dan ejaannya. Aku jarang dapat nilai sempurna, nilai 80 saja sudah membuatku senang karena faktanya... aku sebetulnya nggak terlalu peduli dengan nilaiku, aku hanya suka melakukannya. Sampai-sampai aku nggak sadar bahwa aku menyukai hal lain...

Aku suka mendesain pakaian. Iya, belakangan orang akan berpendapat aku konyol mengapa aku baru mengetahuinya, padahal waktu kecil aku sangat centil dan pemilih dalam soal berpakaian. Aku nggak akan pernah sadar hal itu kalau saja waktu tahun 2008 dr. Richard, chiropractorku nggak bertanya soal pakaian yang aku pakai. Kalimat, "Baju ini aku yang desain sendiri" memang keluar begitu lancar dari mulutku, tapi gue aku sadar kalau yang aku katakan ternyata apa yang selama ini jadi kesukaanku! :)


Beberapa hasil desainku. Yang pink adalah pesanan customer yang terbaru :)


Kesukaan ternyata bukan sekedar 'kesukaan', kita bukan cuma enjoy waktu melakukannya , tapi juga tanpa disadari menjadi latihan yang menyenangkan karena kita melakukannya secara terus-menerus. Aku rasa untuk tahu apa yang kita sukai itu cukup penting karena bukan nggak mungkin kita memilih pekerjaan sesuai dengan bidang yang kita sukai. Semua orang tahu memulai sesuatu itu nggak mudah, kadang ketika gagal kita hanya ingin berhenti dan mencoba hal lain. Tapi coba bayangkan kalau yang gagal adalah yang kita sukai... kita akan terlalu 'suka' untuk meninggalkannya. Kita akan mencoba lagi, lagi dan lagi sampai semua membaik meski itu sulit. Jadi kenapa kita nggak mulai untuk melihat lebih dalam pada diri kita? Cari tahu apa yang kita suka, dan lakukan sesuatu terhadap itu.

Ketika aku sadar bahwa aku suka mendesain pakaian (2008) aku langsung memutuskan untuk membuat label sendiri. Namanya, Toko Kecil Indi. Aku memulainya dengan hampir tanpa modal, cuma beberapa pakaian yang aku desain untuk kupakai sendiri (iya, maksudnya baju-baju pribadiku), handphone berkamera dan koneksi internet. Aku mulai memasarkannya lewat jejaring sosial. Awalnya cuma sedikit yang tertarik, malah sempat mendapat komentar kurang menyenangkan seperti, "Ah, baju-bajunya kemahalan, di toko A lebih murah". Padahal aku membuat semuanya handmade, kain yang aku gunakanpun kualitasnya bagus dan aku tahu betul bahwa aku memberi harga yang reasonable, sesuai dengan kualitas. Tapi itu nggak membuatku down, aku terlalu menyukai dunia desain, dan sampai sekarang (mudah-mudahan selamanya, amen) aku masih bertahan. Malah setiap ada komentar-komentar negatif aku lebih memilih untuk menjadikannya sebagai pemacu untuk berkarya lebih baik dan bukannya bersedih :)

Dan inilah Toko Kecil Indi sekarang, sudah 3 tahun berdiri. Masa-masa sulit memang sudah terlewat, tapi nggak berarti semuanya mudah. Meski begitu aku tetap mendesain pakaian-pakaian dengan rasa suka yang sama seperti ketika aku pertama kali mendesain, masih dengan rasa cinta dan semangat yang sama. Aku bangga karena bisa melakukan sesuatu terhadap yang aku suka. Aku juga bersyukur karena aku nggak membiarkannya begitu saja dan menjadi 'sekedar suka' tanpa menjadi sesuatu.
Beberapa hari yang lalu aku membuat desain terbaru. Dress ini aku beri nama "Saturday Night" karena pemotretannya di hari sabtu malam. Aku menyukai dress ini karena nyaman di badan dan... ini adalah pertama kalinya aku membuat desain dengan kain semi kaos. Iya, aku masih dan akan terus belajar :) I hope you love my newest design too, my friends... ;)





Shoes of the day :)


Cantik dipadukan dengan flower crown buatanku.





"Lakukan apa saja yang kamu sukai, Sugar. Jika kamu suka menari, menarilah meskipun tidak bagus. Karena ketika kamu menari, kamu sudah menjadi seorang penari".

(kata-kata inspiratif dari alm. Mika, my AIDS fighter)



cheers,
INDI



(Diedit 1/3/2024. Aku masih aktif mendesain baju-bajuku sendiri, tapi gak lagi secara komersil karena Ibu berfokus di bidang kuliner sekarang. But ya, my passion di dunia design tetap sama dan sepertinya gak akan berhenti any time soon).

54 komentar:

  1. kemaren liah indi di warna :)

    BalasHapus
  2. aku setuju!!!
    meski gagal berkali-kali, kita mesti mencobanya sampai berhasil..
    karena hal itulah yang kita sukai..
    sama saja dengan pekerjaan,selama kita menyukainya, kita pasti bisa menyelesaikannya dengan baik...
    Tuhan sudah memberikan bakat kepada tiap2 kaumnya, kenapa tidak kita asah setajam mungkin bakat yang kita miliki. betulkan, indi :)

    BalasHapus
  3. terusin ndie,, jadi diri sendiri dan percaya bisa jadi yanbg terbaik ya ^^.!!!

    BalasHapus
  4. bagus banget desain nya.. love it :)

    BalasHapus
  5. i'm always waiting for your new update every week. I can said that all of your blog inspired me! :) really. :) and i love you find your passion for something. because until now i'm still searching for my own passion. :) very great post indi. i love it.

    BalasHapus
  6. kak indii .. :)
    ini sangat sangat saaangatt menginspirasi ..
    kak indi tw ga?
    aku skrg ini hmpir mnyerah ..
    tpi stlah baca post kak indi ,,aku jd smgat lgi
    makasih kakaak :)
    lihat blog ku dong kakk :)
    hehehehehehehehe :)

    BalasHapus
  7. semoga sukses!

    gw jg bru nyoba jualan. hihi

    BalasHapus
  8. you've got a very pretty blog, and a very pretty tartan dress!
    now following!

    natalie
    http://lucyandtherunaways.blogspot.com

    BalasHapus
  9. IYa... Pekerjaan yang dilakukan dengan cinta insya Allah hasilnya memuaskan... Sekuat apapun badai yang menghadang, tidak akan pernah putus asa... Dan hasilnya, yaa seperti ini. Maksimal. Iya kan, Mba Indi???

    SUkses slalu ya dalam berkarir, Mbak... SEmangat. Semangat!!!

    *Yaaa,sayang, Ning kelewat nonton Warna... :(

    BalasHapus
  10. hy indi. aku baru banget baca "waktu aku sama mika" :telat bgt sih:. tp mnurut ak, kamu inspiratif banget, berharap bisa baca buku kamu slanjutnya. :)

    BalasHapus
  11. kalau dta suka desain dan menggambar..tp bngung jg gmn mengembangkannya :(
    wow suke ya indi..aku suka saturday night nya..hope someday I wear one of your design :)

    BalasHapus
  12. bagus kak bajunya ^_^ aku suka motif kotak-kotaknya :) and I love your flat shoes :D

    BalasHapus
  13. waah congrats buat toko onlinenyaa.. kemarin saya liat Indi di Trans 7 loh, diwawancarai gitu.. hihihi jadi selama ini yang cuman liat gambar sama tulisan bisa denger gerakan sama suaranya juga :P

    BalasHapus
  14. You look so cute in that plaid dress!

    BalasHapus
  15. lucu dressnya...bandonya juga! =)
    you look so cute behind that curtain dear...

    http://secondvogue.blogspot.com/a

    BalasHapus
  16. so cute :)

    www.coffeecreamandthecaffeine.blogspot.com

    BalasHapus
  17. plaids are in trends this fall. i love how you pull it off :)

    follow me back?
    http://alexandriajz.blogspot.com/

    BalasHapus
  18. wahhhh cerita nya inpiratif banget. asik ya jadi penulis. apa sih step awal nya

    BalasHapus
  19. lovely dress! :)
    wanna follow each other?
    xx

    BalasHapus
  20. hey dear, thanks for the lovely comment!! yeah, i believe in qualities of an outfit, all the best for your shop :D cute dresses btw <3

    ive followed you anyway, would be glad if you do the same <3

    http://mithakomala.blogspot.com/

    BalasHapus
  21. what a cute blog <3

    like it !
    http://lebeberlin.net

    BalasHapus
  22. Cute dress, you look lovely.

    Thank u for visiting my blog. I'm following u now, would love it if you'd follow me back :)

    http://am-better-today.blogspot.com

    BalasHapus
  23. adorable photos and cute outfit!! love the dress, such a great pattern and color!!

    BalasHapus
  24. goodluck to you! and cute dress!

    BalasHapus
  25. I love your tartan dress! <3 And the sleeves are so darling!


    x
    Lost in the Haze

    BalasHapus
  26. Did I understand this correctly??? You made that dress?!! Wow, I am blown away. You are quite a talent Indi. Keep it up:) The way you styled it with the darling flower crown is lovely.

    BalasHapus
  27. Yah, aku telat nih buka postnya Kak Indi jadi gk sempet nonton. Btw, you have a talent on it :D

    BalasHapus
  28. good luck yah kaak :D
    i love your dress

    allysachais.blogspot.com

    BalasHapus
  29. ure talented! keep it up!

    xoxo,
    http://rosalinaaa.blogspot.com/

    BalasHapus
  30. @ HONEYSWEETY: aaa, terima kasih :)

    @ SRI: betul itu! :)

    @ VANIE, HONEYLIZIOUS: thanks, guys!! :)

    @ AQUA: makasiiih :)

    @ DELVY: ah, thank you very much. i think everybody can be inspired for somebody else. including you! i love your style. and i think fashion is your passion. you can be stylish or something. you're talented :)

    @ VEIN: terima kasiiih.. syukurlah kalau semangat lg. iya, aku nanti kunjungi blog'mu ya :)

    @ GIBB: thanks, good luck for u too! :)

    @ NATALIE: thank you! :)

    @ NING: iya, betul ning :) hehehe, ga apa2. lain kali yaa :)

    @ ANONIM: terima kasih banyak. buku selanjutnya ada 'karena cinta itu sempurna' :)

    @ NUEL: makasih :)

    @ SECRETE: kamu nge blog aja udah mengembangkan, dita. nanti kan ada yg komentari, kamu jadi tau dimana kurang/lebihnya. nah, makin PD deh untuk memulai usaha/bekerja sesuai minatmu :) ayo, ayo, ditunggu lho ;)

    @ RIKA: thank you :)

    @ ARTA: thank you very much :)

    @ GAPHE: makasiiih... hadeeeeh -_- ati2 ilfil ya! hahahaha :)

    @ SARA: thanks, sara! :)

    @ SECOND: makasih. hihihi, that's ray idea! i can stop laughing when he made me do that silly post :p

    @ TARA: thank youuuuu :)

    @ COFFE: thanks :)

    @ ALEXANDRIA: thank you! follow u already :))

    @ BAYU: terima kasih :) step awalnya, hmm, kalau aku sih mulai menulis dan publish :)

    @ A STORY: thank youuu :)

    @ MITHA: thanks :) ya, apapun asal sepadan, kan? ;)

    @ AYUSGMA: thank youuu :)

    @ AUGUSTA: thanks :))

    @ STEPHANIE&JOE: thank you very much! :)

    @ MARISA: yes i am :) but i'm still learning. thank you very much, and that flower crown is inspired by you :)

    @ AYU: makasiiih :)

    @ RUTH: wah, begitu ya :) terima kasih, ruth :)

    @ ALLYSA&ROSALINA: thank youuuu :)

    BalasHapus
  31. Koleksi toko kak Indi bagus-bagus yah, kk desain sendiri? Aku pengen lo desain baju sendiri, tapi ga bisa gambar huhuhu :( good luck yah kak buat tokonya ^^

    Cheers,
    Karina Dinda R. ♥
    BLOG | TWITTER | SHOP

    BalasHapus
  32. @ KARINA: thank you! iya, desain sendiri,kan tulisannya menceritakan itu, hihihi :) aku juga gak bisa gambar, gak bs sama sekali. tapi kan bs dijelaskan pakai kata2 :) thanks.

    BalasHapus
  33. gorgeous photos! amazing style :)
    check out my blog too if u d like :)
    http://etbreadandbutter.blogspot.com/
    xoxo

    BalasHapus
  34. dari 5 design itu, aku suka yang tengah
    soalnya ada kuningnya

    Huahahahhaaaaa

    maksa banget ya

    BalasHapus
  35. @ ELSA: mbak kaya temenku, si tika yg aku ceritain sebelum ini. sukaaa banget sama warna kuning, hihihihi :)

    BalasHapus
  36. You are adorable! I love your style. So delicate and beautiful!

    BalasHapus
  37. wow, jualan baju yah. kalau gak salah si claude-c-kenni juga tuh,jualan baju sisa export di kosambi :P

    Salam,
    Kevin
    Blog : Nostalgia 90an
    Nostalgia Segala Sesuatu pada Tahun 90an.

    BalasHapus
  38. @ KEVIN: oke, bagus tuh. good luck buat kenni, then :)

    BalasHapus
  39. semangat indi...saya juga mulai2 bisnis internet...hehehe

    BalasHapus
  40. design blog nya mantab banget indi...
    tetap semangat

    BalasHapus
  41. @ MEDICINE: good luck ya. hehehe, makasih :)

    @ MAINEL: makasih :)

    @ NATURE: thanks :)

    BalasHapus
  42. kak.tampilin fotonya mika dong

    BalasHapus
  43. salam kenal ka indi aku follow yah..

    BalasHapus
  44. @ ROSY: foto mika bukan untuk dipublish demi menjaga perasaan keluarganya, tolong dimengerti, ya.

    @ APIT: salam kenal kembali :)

    BalasHapus
  45. hi kak, saya allfitri
    bener" interest sama blog kkak, dan lebih lagi sama karakter kakak
    pokok ny WOW deh buat kkak

    visit my blog
    allfitriragaputti.blogspot.com

    BalasHapus

Terima kasih untuk komentarnya, it's really nice to hear from you :)