Teman-teman yang menyukai "Dunia Kecil Indi"

Jumat, 14 Mei 2010

Little Hero (Kisah Eris si Anjing Kecil)


Setelah kepergian Veggie, November taun lalu, hati gw emang masih belum bisa 'sembuh'. Bawaannya gloomy melulu kalo liat film 'Air Bud'. Feel so jealous.. dulu gw juga sempet diposisi Josh, anak laki-laki yang disayangi dan dilindungi Buddy anjing golden retrievernya. Dulu gw juga disayangi dan dilindungi Veggie...

Hmm... kalo ngomongin "jasa-jasa" Veggie buat gw, nggak akan muat deh 100 halaman. Dia anjing terloyal yang pernah gw punya. Sampe detik ini otaknya masih jadi misteri buat gw. Veggie itu super cerdas, bahkan sering punya "ide" sendiri. Jauh banget dari perkiraan dokter yang bilang kalo Veggie bakal tumbuh jadi anjing yang lamban gara-gara epilepsi yang diidapnya.

Tapi kali ini gw nggak akan bahas soal Veggie. Gw mau cerita soal Eris, anjing golden retriever kecil yang dikasih secara cuma-cuma oleh seorang ibu baik hati (agak unik karena gw nggak mengenal si ibu, lain kali gw ceritain, ya..). Eris sangat bertolak belakang dengan Veggie (yang sekarang dipanggil "Kak Veggie" karena sekarang Eris jadi adiknya). Bulunya berwarna cokelat tua acak-acakan, badannya kurus, dan gigi depannya juga gingsul. Sedangkan Veggie, bulunya keemasan halus, badannya besar dan tinggi, giginya juga rapi. Tapi meskipun fisiknya agak "unik", seenggaknya Eris punya kesehatan yang bagus, meski dari segi sifat, dia sering sekali "mengecewakan"...

Eris punya masalah dalam toilet training. Meski umurnya hampir 1 taun, tapi dia masih sering ngompol. Gw dan anggota keluarga yang lain harus sabar-sabar buat ngajarin dia. Berbeda dengan Veggie yang cuma butuh 3 hari buat tau dimana letak toilet. Bukan itu aja, dia juga "terlalu" manja. Gw nggak bisa pergi lebih dari 1 meter darinya, karena lebih dari itu dia bakal nangis sampe badannya bergetar. Uh, kalo udah begini, gw mana tega pengen buru-buru peluk, huhuhu.
Tapi yang paling menghawatirkan, Eris nggak pernah barking. Dia nggak bisu, dia cuma penakut. Gw nggak pernah marah atau kecewa dengan keadaannya. Gw cuma takut dia nggak bisa lindungi dirinya sendiri...

*April 2010*

Disuatu sore, waktu gw lagi bimbingan untuk skripsi, HP gw bunyi. Meski gw lagi diruang dosen, tapi nggak tau kenapa langsung gw angkat. Firasat gw nggak enak.

"Eris hampir diculik," suara nyokap gw kedengeran panik. Dengan buru-buru dia cerita kalau baru aja mergokin seoranglaki-laki nggak dikenal masuk kehalaman rumah dengan Eris yang sibuk berontak. Begitu. Nggak ada penjelasan lebih. Tapi gw putusin untuk segera pulang.

Dirumah, ternyata nyokap gw nggak bisa jelasin secara detail kejadiannya. Soalnya dia emang "nggak ada disana". Posisi nyokap gw yang lagi didalem rumah nggak memungkinkan memantau Eris yang lagi di garasi. Yang bisa nyokap ceritain cuma dia denger suara ribut-ribut (but NO barking) dan liat Eris ada dihalaman sambil nabrak laki-laki nggak dikenal. Asumsi nyokap gw, laki-laki itu lepasin Eris dari kandangnya dan berusaha bawa kabur Eris.

Jujur aja, meski kita sayang banget sama Eris dan menerima dia sebagai anggota keluarga baru, tapi kejadian ini bener-bener bikin kita sedikit kecewa. Bukan karena kukurangannya, tapi karena kita TAKUT banget kehilangan dia. Kita nggak mau ada kejadian macam gini terulang lagi. Kehilangan Veggie udah cukup bikin hati gw luka, gw nggak (bahkan nggak akan pernah) siap buat kehilangan Eris...

Setelah semuanya lebih tenang, kita putusin buat periksa halaman dan garasi. Sekalian pasang gembok disemua pintu, karena jujur aja, "berkat" kita juga rumah bisa dimasuki orang asing. Waktu siang gerbang emang dibiarin terbuka...
Lalu kita nemuin fakta-fakta yang cukup ngagetin. Motor yang diparkir diluar garasi nampak udah dipreteli. Lacinya terbuka, mungkin untuk cari kunci/benda yang bisa dipake nyalain motor. Dan satu lagi: Eris ternyata NGGAK dipaksa untuk keluar kandang. Eris keluar karena dia MAU. Gw baru inget kalo gw emang nggak kunci kandang Eris karena gw pikir dia nggak akan kemana-mana (Eris selalu dimasukin kandang setelah dia ngompol dan dia nggak akan pernah keluar meski nggak dikunci).
Jadi sebetulnya kejadiannya seperti ini: Laki-laki itu mau mencuri motor yang parkir dihalaman. Eris, yang waktu itu ada dikandang merasa curiga dengan kedatangan orang asing. Eris putusin buat buka pintu kandang dan keluar. Laki-laki alias maling itu merasa terancam dan coba balikin Eris ke kandang, tapi sialnya Eris malah tabrak dia sampe papan yang disandarin ketembok patah. Nah suara ribut ITU lah yang nyokap gw denger! :)

Well, don't judge a book by it's cover. Jangan menilai anjing dari fisiknya. Meski Eris kecil (sampai hari ini tinggi badannya nggak lebih kaya anjing umur 7 bulan, hihihi..), giginya gingsul dan nggak pernah barking, tapi didalem hatinya dia tetep punya naluri sebagai seekor anjing penjaga. Yah, rasanya gw nggak perlu jealous lagi sama si Josh. Meski Eris nggak bisa main basket dan suka ngompol, tapi gw tau dia sayang keluarga gw dan bakal lindungin dengan seluruh kekuatan yang dia punya. We love you, little hero... "Kakak" kamu pasti bangga disurga.

xoxo



10 komentar:

  1. dibanding yang di fesbuk, posenya Eris lebih lucu ini, Ndi.. :)

    BalasHapus
  2. hehe.. iya, itu aku yang ambil fotonya. gaya duduknya itu, lho.. gak nahaaaaaan.. hehe :)

    BalasHapus
  3. aku selalu pengen punya Golden :) cutey...
    btw, halo salam kenal :)

    BalasHapus
  4. oya? kenapa nggak kamu adopsi aja. mereka gampang dirawat kok :)
    salam kenal kembali. aku panggil kamu apa, nih? ;)

    BalasHapus
  5. ooww,, so sad..
    saling follow yuk ndi :D

    BalasHapus
  6. CERITA NYA MENYEDIHKAN, GW AJA SAMPE NANGIS PAS GW BACA INI, tadi aja gw baru nonton air bud 1 ( pukul 09.30 )
    sampe air mata gw bercucuran pas gw nonton, trus kalo dibandingkan dengan
    film BOLT sama film AIR BUD, masih sedihan ceruta lu, rasanya gw pengen punya anjing peliharaan yg bisa gw ajak main, tapi sayangnya agama gw islam sih, jadi anjing dianggap najis, tapi gk apa2 lah gw melihara ikan aja sudah cukup :D

    BalasHapus
  7. @ CHANDRA: wah, tadi ada air bud ya? aduh gak nonton :( iya, miara ikan atau anjing sama aja, kok. kan punya pets itu intinya ada yg dirawat dan ada yang menjadi teman kita. aku juga punya ikan kok, dan mereka juga menyenangkan :)

    BalasHapus
  8. GK APA2 NONTON DI YOUTUBE AJAH ATAU BELI DVD NYA

    BalasHapus
  9. kak indi ngomong2 kakak agamanya apa?

    BalasHapus
  10. penasaran sama sosok pahlawan kak indi , kak mika :D pengen liat fotonya

    BalasHapus

Terima kasih untuk komentarnya, it's really nice to hear from you :)