Sabtu, 27 Mei 2017

My Puppy is 8 Years Old! OMG! :D

Entah waktu yang benar-benar cepat berlalu atau aku yang terlalu enjoy sama hidup, ya... Rasanya baru banget aku cerita tentang ulang tahun Eris yang ke 7, eh sekarang dia sudah 8 tahun aja, huaaaa *kagetplusterharu :')
Tapi banyaknya hal yang terjadi sama hidupku belakangan (lol) juga bisa jadi alasan kenapa semuanya jadi terasa cepat. Salah satunya saja 3 minggu belakangan aku terkena infeksi mata yang cukup parah. Doctor visit, ke optik, pakai obat ini-itu... dan tahu-tahu saja, boom! ---sudah tanggal 22 Mei 2017! :O Padahal awalnya aku merasa punya cukup waktu untuk menyiapkan proper birthday celebration buat Eris, tapi pada kenyataannya cuma bisa super sederhana, hahaha. Yah, gimana dong... untuk keluar rumah saja mataku masih sensitif bukan main. Dan yang juga nggak kalah berpengaruh, ---dompetku ikut terkuras karena biaya dokternya cukup mahal! Maaf ya, Eris :p

Aku selalu berusaha membuat 'perayaan' ketika ada hewan peliharaan yang berulang tahun, ---meskipun itu hanya sederhana. Karena menurutku every life's matter, termasuk mereka. Seenggaknya ada moment satu kali dalam setahun dimana aku bisa tunjukan pada mereka betapa berartinya mereka untuk hidupku. Sebelum Eris ada Veggie, anjing golden retriever cerdas-cantik yang sayangnya harus pergi sebelum usianya mencapai 7 tahun. Ia dulu mengidap epilepsi, ---setiap hari dengannya adalah berkah dan membawa kebagiaan. Karena aku "tahu" waktu kami untuk bersama nggak akan lama, aku selalu berusaha membuat hari-hari kami memorable terutama di saat berulang tahun. Entahlah, aku merasa lebih nyaman ketika melakukannya. Mungkin dengan "merayakan hidup" aku seperti diterapi agar lebih mudah melepaskan ketika Veggie benar-benar harus pergi.

Meski begitu aku tetap merasa patah hati. Selama seminggu setelah kepergiannya aku menangis hampir sepanjang hari. Untuk mengobati aku melihat foto-foto Veggie sambil mengingat kenangan-kenangan manis bersamanya. Dan kehadiran Eris yang nggak terduga ternyata juga salah satu penyembuh yang paling ampuh. Aku merasa harus kembali membuka hati dan nggak menyia-nyiakan rasa sayangku  dengan memberikannya pada Eris. Ya, kekuatan dari making memory bersama Veggie dan kehadiran Eris lah yang menyembuhkanku :) Itulah kenapa aku sangat berusaha untuk melakukan hal yang istimewa di ulang tahun Eris, ---meskipun kesehatanku sedang menurun. Karena tanpanya mungkin sampai sekarang pun aku masih akan merasa setengah patah hati, hehehe ;)


Begitu sadar kalau sudah tanggal 22, aku langsung membuka lemari es dengan harapan ada sesuatu yang bisa dijadikan bahan untuk membuat kue. Ada telur, ---wah, lucky, berhubung aku vegan sepertinya ini punya Ibu dan Bapak. Juga ada strawberry yang dipetik dari rumah Tante. Setelah berpikir secara kilat aku langsung minta Bapak untuk membelikan buah pisang. Ya, ampun aku merasa helpless. Masa cuma ke mini market saja aku harus minta tolong, hahaha :D (habis ngetik kalimat ini aku langsung pakai obat tetes mata, lol). 
Aku pernah melihat resep kue ulang tahun untuk anjing di YouTube dan pernah aku praktekkan tahun kemarin. Sayang hasilnya terlalu kecil dan kurang nge-blend. Bagi Eris sih itu nggak masalah, karena dia memang hobi makan. Tapi aku tetap berharap kali ini hasilnya lebih baik daripada tahun kemarin biar happy nya Eris jadi berkali-kali lipat.

Belajar dari kesalahan tahun kemarin, kali ini aku lumatkan pisang dengan garpu agar lebih mudah ketika dicampurkan dengan telur. Melihat bentuknya sebelum dimasukkan ke microwave aku merasa super PD akan berhasil. Tapi ternyata... failed! Ini karena Bapak kasih tips super iseng agar aku menambahkan tepung beras ke adonannya, hahaha. Akhirnya setelah sedikit ngambek sama beliau (just kidding, hehe), aku bikin lagi dari awal dan... BERHASIL! Yay, aku bangga sekali sama hasilnya. Tahun lalu waktu aku masih vegetarian (masih makan telur) aku icip-icip kuenya Eris dan ternyata rasanya enaaaaak. Mirip pancake! Resep kue ini simple banget, tapi efektif. Soalnya bisa dinikmati oleh anjing dan pawrent nya sekaligus, hihihi. By the way, in case di antara kalian yang membaca mau re-create resep ini, boleh banget lho. Nih, aku share step by stepnya :)

Bahan-bahan:
~ 2 buah pisang.
~ 2 butir telur.
~ 1 buah strawberry.
~ 1 sendok makan air matang.

Cara membuat:
~ Lumatkan pisang sampai halus lalu campurkan dengan telur yang sudah dikocok.
~ Masukkan air dan aduk rata.
~ Panaskan di microwave suhu tinggi selama 5 menit.
~ Setelah agak dingin olesi bagian atas kue dengan stawberry yang sudah direndam air panas dan dilumatkan. Jadi kaya semacam homemade jam gitu deh, hehehe.


Selama ini aku hanya pernah memberi Eris kue buatan toko (khusus anjing) satu kali saja. Bentuknya memang keren, tapi aku khawatir ada bahan-bahan yang nggak terlalu baik untuk tubuhnya. Selain itu usia Eris juga sudah tua (---ah, tapi bagiku dia tetap puppy, hehehe), jadi akan lebih baik kalau apa yang masuk ke perutnya adalah bahan-bahan yang aku kenal betul. Pisang baik untuk sumber potasium dan karbohidrat bagi anjing. Sedangkan strawberry, selain rasanya enak juga kaya vitamin C. Satu atau dua buah jadi jumlah yang oke untuk camilan. Asal jangan stawberry kalengan saja karena biasanya mengandung sirup gula :O Nah, kalau dari bahan-bahannya sih sudah oke. Tapi tes kesuksesan kue ini adalah apakah Eris akan menyukainya? :D

Nggak ada dress baru buat Eris, ---kadonya pun mungkin akan menyusul atau bahkan nggak sama sekali, hehehe. Aku dan Bapak cuma menempel tulisan "happy birthday" di dinding dan nyanyi-nyanyi random (Eris mana peduli, lol). Lalu aku potong kuenya jadi 4 bagian dan langsung diberikan pada Eris. No candle this year karena yang sudah-sudah Eris malah mau gigit lilinnya :p 1... 2... 3... the moment of the truth. Hap! Ternyata Eris menyukainya! Dalam hitungan detik kuanya langsung habis, jadi nggak sempat divideokan, hahaha. Padahal ukurannya lumayan besar, lho, ---dicetak pakai mangkuk yang biasa buat mie itu. Melihat Eris suka dengan kue buatanku bikin super happy. Terharu deh, hal yang sesederhana ini saja bisa bikin Eris excited. Ah, aku harus belajar banyak dari Eris :'D


I'm blessed to have her. Nggak bosan-bosan aku bilang begitu (---tapi yang baca di sini mungkin bosan, hehehe). Karena kenyataannya memang begitu. Eris mengajarkanku untuk selalu excited dengan hal-hal kecil, untuk bersabar seperti saat aku sedikit memberinya makan, untuk tetap percaya dan menghormati, meski terkadang aku "marah" karena ia membandel. Semoga akan ada ulang tahun-ulang tahun berikunya lagi dengannya. Semoga selama apapun sisa hidup yang ia miliki aku bisa memberikannya kebahagiaan dan ia diberkahi dengan kesehatan. Amen... :) Ah, aku jadi pengen cepat-cepat menyelesaikan tulisan ini. Sekarang aku mau nyusul Eris saja di pojokan dekat pintu dan usel-usel wajahnya yang mungil, hihihi :)

cheers,

Indi

nb: Selamat menunaikan ibadah puasa. Maafkan segala kesalahanku ya, baik di lisan ataupun tulisan :) Bulan puasa identik dengan petasan. Di daerahku mulai ramai dan bikin Eris panik. Just a friendly reminder, kalau mau main petasan jangan di dekat binatang ya karena telinga mereka super sensitif. Dan untuk para pawrents, yuk peluk si kesayangan supaya nggak panik dan tetap nyaman. Semoga di bulan yang suci ini damai-damai saja ya. Mending juga makan kolak daripada main petasan :p

____________________________________________
Facebook: here | Twitter: here | Instagram: here | YouTube: here | Contact: namaku_indikecil@yahoo.com

23 komentar:

  1. Wuaaaah seruu! Itu kalo 8 tahun itungannya udah tua atau belum sih ndi? .-.

    BalasHapus
  2. Wah! Selamat ulang tahun ya Eris!! 😁
    Semoga di beri umur yang panjang serta kesehatan aamiin!!

    Kuenya enak dan sehat pengen di bikinin terus tuh si Eris 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amen... makasih ya, Arum. Iya Eris jadi ketagihan, hehehe :)

      Hapus
  3. Eriiiiis, selamat ultah yaaa. Cantik uy pake dress. Kalo seumuran manusia, berarti Eris udah setara umur 40 an ya Ndi. Udah waktunya make krim anti kerut #eaaaa.

    Oiya, terus matamu gimana, Ndi? Udah sembuh total kah sekarang?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nggak tepat (x) 7 juga sih, Fely. Katanya cuma beberapa tahun pertama aja, selanjutnya nambah dikit-dikit aja. Mataku baru aja sembuh. Aduh, ternyata ribet banget pengobatannya, uhuhuhu :'D

      Hapus
  4. Semoga lekas sehat infeksi matanya ya Indi.

    BalasHapus
  5. Wow seru banget kayaknya ya punya temen hewan gitu, Kak. Oiya selamat ulang tahun buat Eris. Dan semoga cepet sehat infeksinya, kak Indi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, seneng punya BFF, hehehe :p Makasih ya, sekarang sudah sembuh :)

      Hapus
  6. not a puppy anymore hahahahaa

    BalasHapus
  7. Wah, Eris ternyata Gemini juga. sama kayak aku.
    selamat ulang tahun ya Eris...
    semoga panjang umur, biar bisa nemenin kak Indi terus.

    kalau Eris ini manusia, mungkin dia udah masik SD kali ya kak? hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku juga gemini, lhooo :) Kalau anjing perhitungan usianya beda sama manusia, jadi sekarang Eris pantasnya sudah jadi ibu rumah tangga, hehehe :)

      Hapus
  8. Udah akrab banget ya sama eris.. bisa menemani kala kesepian dan pastinya juga bisa menghibur.. memang ya, punya hewan peliharaan itu enak.. kemana-mana ada yang nemenin meski pun jomblo :3

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, punya hewan peliharaan itu asyik sekali :)

      Hapus
  9. mba indi keliatan banget sayangnya ama binatang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Diusahakan untuk selalu membagi kasih sayang ke sesama mahluk Tuhan :)

      Hapus
  10. Kalau aja nggak ada larangan buat melihara anjing di rumah.. mungkin gue udah punya banyak banget anjing wkwk
    sehat terus ya Eris :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak pelihara di rumah masih bisa jadi foster di penampungan, lho :) Makasih ya doanya :)

      Hapus

Terima kasih untuk komentarnya, it's really nice to hear from you :)