Teman-teman yang menyukai "Dunia Kecil Indi"

Rabu, 16 November 2016

Indi's Scoliosis Life: Kulit Sehat dan Tetap Bersih saat pakai Brace? Bisa, dong! ;)

*Scroll ke atas*
*Scroll ke bawah*

Rupanya sudah 5 bulan ya sejak gue menulis tentang scoliosis di sini :O Padahal tujuan membuat series "Indi's Scoliosis Life" di YouTube sebenarnya untuk melengkapi post gue blog "Dunia Kecil Indi", bukan untuk menggantikan. Jadi kalau di sini versi tulisannya, di series ISL versi videonya karena terkadang kata-kata atau foto saja nggak cukup untuk menjelaskan apa ingin gue sampaikan, terutama kalau berkaitan soal brace. Eh, tapi pada kenyataannya gue malah lupa untuk share di sini, huhuhu. Maaf ya, terutama untuk teman-teman scolioser (---pengidap scoliosis; kondisi tulang belakang yang melengkung ke arah samping) yang tetap rajin untuk mampir ke sini dan meninggalkan komentar :) Mulai sekarang gue akan berusaha untuk lebih konsisten dan berusaha untuk membagi apa saja yang sudah gue share di YouTube, ---mumpung belum ketinggalan banyak, hihihi. Kalau gue mangkir lagi, tolong jewer ya :p


Kali ini gue akan membahas sesuatu yang relatable banget dengan para scolioser, ---tapi ajaibnya justru jarang sekali dibahas (serius, gue sampai research dengan googling sana-sini)
Tentang masalah kulit! 
Yup, banyak sekali scolioser yang mengalaminya, terutama jika harus menggunakan brace dalam jangka waktu yang lama. Masalah kulit yang dihadapi biasanya gatal-gatal, kemerahan atau berbagai macam alergi kulit lainnya. Meski kesannya seram tapi sebenarnya itu wajar, kok. Karena sekeren-kerennya teknologi brace terbaru, tetap saja mengurangi space kulit kita untuk bernapas, hehehe. Problem lain yang biasa dihadapi juga soal kurang maksimalnya saat kita membersihkan tubuh. Scoliosis jika sudah severe (berat) biasanya kelenturan tubuhnya berkurang dan membuat kita kesulitan menjangkau beberapa bagian tubuh. Tapi no worry, gue akan share solusinya. Meskipun nggak 100% menghilangkan masalah (---maaf, gue bukan si Jinny, hihihi), mudah-mudahan cara di bawah ini bisa mengatasi ;)

1. Relaxing bath every once in awhile!
Meski gue exercise dan stretching secara rutin tapi tetap kurva scoliosis yang besar membuat kelenturan tubuh gue terbatas. Mandi bisa menjadi kegiatan yang cukup menantang, terutama untuk menjangkau punggung dan sela-sela jari kaki. Supaya urusan membersihkah tubuh tetap maksimal, gue biasanya berendam dengan air hangat sebanyak satu kali seminggu. Selain bermanfaat untuk membersihkan seluruh anggota tubuh, ini juga membantu mengurangi back pain dan pegal-pegal. Kalau perlu gunakan bubble bath atau aroma therapy supaya tubuh semakin relax :)


2. Kurangi "brace mark" dengan scrub buatan sendiri
Banyak scolioser yang harus memakai brace dalam waktu yang lama setiap harinya. Atau... bisa dibilang sepanjang hari, karena biasanya brace harus dipakai 23 jam per hari, hihihi. Baik itu brace dengan tipe hard atau brace dengan tipe soft, keduanya berpotensi meninggalkan bekas di kulit kita. Gue sendiri selalu memakai tank top di baliknya, tapi tetap saja si "special mark" ini tetap ada terutama di daerah bawah lengan, dada dan perut. Meski kita nggak perlu malu with those marks, tapi jika bisa dikurangi kan kenapa nggak ;) Gue biasanya membuat simple scrub dari minyak zaitun (atau bisa diganti dengan minyak kelapa), gula dan sedikit perasan lemon. Campurkan ketiga bahan tersebut, lalu gue gosok memutar ke tempat-tempat yang memiliki brace mark. Hasilnya memang nggak instan, tapi pelan-pelan warna kehitamannya akan memudar, kok.



3. Mousturize is a MUST!
Kulit tubuh gue sangat kering dan sensitif. Jangankan brace, kaus yang ketat saja bisa meninggalkan bekas di kulit. Dari mulai bekas kemerahan, kehitaman karena dibiarkan terlalu lama, sampai yang paling parah lecet! Huhuhu. Untuk mencegahnya gue selalu mengoleskan pelembab kulit dulu sebelum memakai brace. Seringnya gue memakai body lotion, tapi kalau sedang membutuhkan perlindungan ekstra gue menggantinya dengan minyak kelapa (coconut oil). Bahan alami ini bagus sekali untuk melembabkan kulit, termasuk membantu menghaluskan kembali luka parut/lecet akibat brace. Supaya praktis dan nggak tumpah-tumpah, gue masukan minyak kelapa ke dalam jar lalu disimpan di dalam kulkas selama 30 menit. Suhu yang dingin mengubah minyak menjadi solid dan kalau dibiarkan akan lembut seperti Vaseline. Kalau nggak mau cepat mencair campurkan minyak kelapa dengan bahan lain, misalnya essential oil (gue pakai lavender). Tapi setelah memakai pelembab jangan langsung pakai brace, ya. Biarkan dulu sampai meresap, and... you're ready to go! :)


Simple banget ya tips nya? Hehehe. Meski begitu mudah-mudahan tetap bermanfaat. Dan buat yang masih speechless karena baru dapat vonis dan merasa scoliosis itu kaya kiamat mini terutama karena harus pakai brace, please ingat kalau fungsi brace itu untuk membantu kita, ---bukan menyiksa :) Jadi sedihnya sebentar saja dan jangan lupa senyum kembali. Seperti kata Stephen Hawking (sok kenal, hehe), pasti akan selalu ada jalan dan kalau buntu cari jalan yang lain, hihi. Gue juga sempat merasa nggak sanggup dengan urusan bracing ini. Tapi lihat, 7 years with my BFF brace and keep going! Hambatan-hambatan yang gue hadapi dulu pelan-pelan ada solusinya, termasuk soal kesehatan kulit :)

Untuk teman-teman non scolioser, thank you so much ya sudah menyempatkan membaca. Meski mungkin ini nggak practical buat kalian, tapi mudah-mudahan bisa meningkatkan scoliosis awareness. Atau kalau mengenal teman atau kerabat yang mengidap scoliosis, boleh banget lho di share :) Dan oh, by the way untuk episode "Indi's Scoliosis Life" selanjutnya gue akan membahas tentang "Scoliosis Stereotype". Menurut kalian stereotype apa sih yang sering melekat sama scolioser? Coba tulis dalam 1 atau 2 kalimat stereotype atau image apa yang ingin kalian patahkan. Nanti akan gue bacakan satu persatu di video ;) Okay, sampai bertemu lagi. Ingat ya, kalau gue mangkir lagi tolong jewer, ---tapi pelan-pelan saja, hihihi :)



yang pernah mimpi menang catur sama stephen hawking,

Indi

Get your own SpineCor (soft brace)
Indo Sehat Utama
Ruko Garden Shopping Arcade, Blok B-09 BB Kawasan Podomoro City, Jl. Podomoro Avenue - Tanjung Duren Selatan jakarta Barat 11470. 
Phone: 021 2940 8696

______________________________________________________


Facebook: here | Twitter: here | Instagram: here | YouTube: here | Contact person: namaku_indikecil@yahoo.com

13 komentar:

  1. Banyak Manfaat ya minyak kelapa.....
    mba Indi apa kabar??

    BalasHapus
  2. Hi Indi. Wah aku baru mampir lagi ke sini. Bubble bath memang ok sekali untuk membantu rileks saat pegal2. Aku belakangan suka sakit punggung.. belum tahu kenapa 😕 Tiap mandi selalu berendam air hangat plus bubble. Somehow... jadi lebih enteng.

    http://www.womanofcourage.net

    BalasHapus
  3. Kalo ditanya kesan apa yg melekat pada scolioser dlm otak saya, ehm..... apa yah. Jujur dulu daku pasti mikirnya pertama kali: pasti dia begitu karena kebiasaan hidup yg jelek (semisal tidurnya suka mlungker, kalo berdiri suka nggak tegak, dll). Hihihi...... Padahal enggak ya.

    By the way, aku selalu melongo lho Ndi kalo dikau bahs ttg perawatan tubuh. Ya ampun telaten banget siiiiiih.

    BalasHapus
  4. Hallo mba Indi tambah cubby aja, eh...
    oh ini ya rahasia supaya kulit tetap sehat dan bersih mba Indi selalui pakai brace ya...

    BalasHapus
  5. Ternyata minyak kelapa (coconut oil) bisa untuk pelembab kulit juga ya

    BalasHapus
  6. kerenn banget artikelnya... manfaat sekali mba indi...ternyata coconut oil itu bisa melembabkn kulitt dan menghaluskan kerutan lecett....
    salam blogger yah mba..
    follback

    BalasHapus
  7. jika kulit kita terawat maka kesehatan kulitpun tentu menjadi milik kita jika sudah sehat maka bikin artikelnya pun lengkap dan detail hingga kita semakin paham.
    salamsehat dan ceria selalu neng

    BalasHapus
  8. Kayanya bisa digunakan buat perawatan ibu-ibu juga. :D

    BalasHapus
  9. waaah baru tau nih gula + olive oile + jeruk nipis bisa dipake buat mark di kulit.. Nyobain aaah, thanks Indi! :)

    BalasHapus
  10. tipsnya oke bangeeet Indi..yang penting selalu semangaaat ya :).

    BalasHapus
  11. minyak zaitun memang banyak manfaatnya ya kak Indi

    BalasHapus
  12. Piring Hello Kittynya mirip punya Fira, hehee. Minyak kelapa, aku jarang menemukan...kulitku juga kering,

    BalasHapus
  13. Dengan tulisan ini saya jadi tahu ttg scoliosis, yang teorinya saya dapetin pas sekolah dulu. Tetap semangat ya, Mba Indi :)

    BalasHapus

Terima kasih untuk komentarnya, it's really nice to hear from you :)