Minggu, 17 Juli 2016

Bantu Indi Menghubungi Ukulele Mike! :)

Aku nggak yakin kalau masih ada yang ingat dengan cerita awal mula aku bermain ukulele. Tapi aku pernah menceritakannya di sini, di dunia kecilku. Singkatnya, tahun lalu aku tiba-tiba saja tertarik dengan alat musik asal Hawaii yang diadaptasi dari Portugis ini. Tanpa menunggu lama aku langsung membeli my very first meskipun sama sekali nggak tahu cara memainkannya. Iya, sama sekali. Kalau anak-anak lain biasanya memilih gitar sebagai alat musik basic yang dipelajari, aku lebih memilih les drum selama 2 grade. Itulah mengapa aku sama sekali nggak punya ide bagaimana cara memainkan senar-senarnya, hehehe.


Bapak bisa bermain gitar, jadi aku pikir akan lebih baik jika beliau saja yang mengajarkan bermain ukulele. Tapi karena gitar dan ukulele nggak persis sama, Bapak pun menyerah. Katanya beliau sudah "malas" untuk mempelajari hal baru dan gue diminta untuk cari guru yang lain saja, huhuhu. Berhubung nggak ada seorang pun temanku yang bermain ukulele, akhirnya aku memutuskan untuk mencari guru online. Eh, yang kumaksud dengan "guru online" itu bukan guru yang aku cari secara online, lho. Tapi website-website atau channel-channel yang menyediakan tutorial bermain ukulele. Aku pikir akan lebih praktis seperti ini, ---dan juga lebih mudah karena bisa belajar kapan pun dan kalau lupa bisa diulang :p

Di awal proses belajar rasanya macam-macan. Fun dan penuh excitement, ---tapi juga ada sedikit air mata karena jari-jari di tangan kiri rasanya periiiiiiih, huhuhu. Ini karena kulitku sensitif dan telapak tanganku (almost always) berkeringat. Makanya agak sulit untuk "membangun" callous alias kapalan :p Selain itu belajar online juga punya keterbatasan dalam visual. Misalnya ada web tanpa gambar, atau video yang kurang jelas, ---kameranya jauh banget nge-shoot nya :( Tapi setelah satu bulan aku akhirnya lumayan mengerti. Bisa memainkan lagu-lagu sederhana dan menguasai chord-chord dasar. Aku nggak belajar dari hanya 1 web atau channel, tapi ada beberapa "guru" yang cara mengajarnya sangat cocok denganku yang sometimes lemot, lol. 

Salah satu guru yang cocok denganku adalah Mike Lynch, alias "Ukulele Mike". Cara mengajarnya super simple, dengan chords yang terpampang besar-besar di setiap videonya. Selain itu Mike juga bisa bernyanyi. Suaranya enak didengar, bikin belajar semakin betah, hehehe. Tanpa sadar aku rupanya jadi sering sing-along dengan video-videonya. Yang tadinya aku kesulitan bermain ukulele sambil bernyanyi, lama-lama jadi semakin lumayan. Ya, at least nggak bikin yang mendengar sakit telinga :p Apalagi suara Mike lebih rendah dariku yang ---ehm, cempreng. Jadi saat sing-along aku bisa berpura-pura berduet dengannya, hehehe. 


Dua hari yang lalu, tiba-tiba saja aku teringat kembali dengan video-video Mike. Aku mengunjungi channelnya dan menonton video-videonya dengan excitement yang sama seperti ketika pertama kali menontonnya. Aku juga tertawa geli ketika melihat komentar-komentar lama yang pernah aku tinggalkan di videonya, hihihi :p Well, aku tahu "murid" Mike bukan hanya aku, tapi ada banyaaaaaaaak sekali orang-orang dari berbagai belahan dunia yang terbantu olehnya. Meski begitu aku tetap ingin mengucapkan terima kasih padanya dengan cara yang istimewa. Apa yang ia lakukan untuk viewers nya sangat berarti sekali. It might sounds lebay, tapi tanpa video-videonya mungkin aku butuh waktu lebih lama buat belajar. 

Aku ingin membuat surat ucapan terima kasih untuknya, tapi setelah dipikir-pikir bahasa Inggris ku kurang baik jadi mungkin pesannya nggak tersampaikan. Lalu aku teringat dengan kebiasaan sing-along ketika belajar, ---kenapa "kami" nggak berduet saja? Aku langsung mencari video tutorial yang lagunya cocok untuk dinyanyikan berdua. Aha! Ada lagu "Tonight You Belong to Me" yang sebelumnya pernah kunyanyikan sendiri saja. Lagu ini aslinya dibawakan oleh kelompok vocal perempuan, jadi aku tinggal 'memilih' suara agar harmonis dengan Mike saja. Selama beberapa jam aku mencobanya, ---pause, ---play, ---pause, ---play, ---sampai akhirnya  merasa (cukup) puas. Dengan kamera jadul andalan, aku merekam part ku dan menggabungkannya dengan video Mike. Believe it or not ini pengalaman pertamaku dalam urusan mengedit video musik. Masih banyak kekurangan, tapi aku benar-benar berusaha agar video tribute ini dibuat dengan sungguh-sungguh dan istimewa :)


Sebelum videonya diupload dan linknya dikirimkan pada Mike, aku minta Bapak untuk menilainya terlebih dahulu. Pendapatnya? ---Ehm, ---katanya sudah harmonis dan beliau cukup terkesan. Hehehe, ini jarang-jarang, lho. Biasanya adaaaaa saja yang beliau "cela" dariku :D Dengan restu Bapak, di malam yang sama (---aku merekam dan mengedit videonya dari sore sampai malam) aku upload video "thank you" ini ke channelku. Nggak lupa segera setelahnya aku mengirim pesan pada Mike, tentang rasa terima kasihku karena telah "diajarkan" bermain ukulele. Sampai hari ini belum ada balasan dari Mike. Sepertinya pesanku tenggelam oleh jutaan viewers lainnya (Mike punya 2 channel)

Sekali lagi, aku tahu permainan dan kemampuan mengedit video gue masih biasa-biasa saja. Dan pasti banyak murid Mike lain yang lebih hebat. Tapi aku hanya ingin menyampaikan rasa terima kasih dengan membuat video tibute untuknya. Nantinya ia akan suka atau nggak, it doesn't matter karena aku sudah berusaha :) In case teman-teman ingin melihat videonya, aku sertakan link nya di sini. Kalau ingin membantuku untuk menghubungi Mike juga boleh (banget!). Silakan share videonya atau langsung kirim pesan ke inbox nya. Link channel Mike aku sertakan di box deskripsi video tribute. Mudah-mudahan dengan bantuan dari teman-teman, ia bisa melihat videoku. Amen! :D

tonton videonya di sini


muridnya 'ukulele mike',

Indi


(Update 8/5/2024. Ukulele Mike meninggal dunia pada 2 Januari 2018. May he rest in peace, beliau sangat berjasa dalam perjalanan ukuleleku).


_____________________________________


Facebook: here | Twitter: here | Instagram: here | YouTube: here | Contact: 081322339469

20 komentar:

  1. Aku malah nggak bs main musik sama sekali, hahaha

    Cute deh mbak Indi mainnya. Pasti Mike seneng bs liat muridnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Murid Online, hehehe. Guru Online dan murid online berkolaborasi

      Hapus
  2. yey,aku cek linknya :D semoga segera ada kbr dari Mike

    BalasHapus
  3. Mike Lynch emang keren. Saya juga pernah nonton videonya sekali-duakali.

    Hehe jarang deh nemu cewek yang mau belajar ukulele. Biasanya kan cewek mah pengennya belajar biola, piano atau latihan vokal.

    Good luck yah belajar ukulele-nya. Oiya, salam kenal, Indi :)

    BalasHapus
  4. Ukulele itu unik ya Indi. Kalau saya menyebutnya kentrung, sama ngga sih? Atau beda? entahlah, tampaknyanya sih sama hehe.

    Pertama kali melihat pada sinetron jadul berjudul 'Losmen' yang dibintangi Mang Udel, Mike Wijaya, Mathias Muchus, Dewi Yul, dll *loh malah ngabsen pemainnya :)

    Kemudian lebih sering saya lihat di angkot bis ketika banyak pengamen yang memainkannya.

    Merasa takjub aja, mirip gitar tapi lebih simple dan nggak kalah keren suaranya :)

    Mikeee!! Lihat dong video Indiii!! Keren lohhh :)

    BalasHapus
  5. This is sweet. :')
    Aku kayak lagi lihat kakek bijak dengan cucu manisnya. hihiii...

    BalasHapus
  6. Samaan mbak saya juga belum terlalu lancar dalam memainkan uku lele ini, mungkin sebentar lagi saya bisa menguasai uku lele ini.

    BalasHapus
  7. Lah itu maennya kayak gitar biasa yah ?? kalau maen gitarmah Saya juga bisa,,, cuman maen ukulele belum pernah nyoba,,
    kalau ada waktumah,, Saya juga pengen diajarin lah :D

    BalasHapus
  8. Keren bangeeeetttttt

    YOU'RE A PRO!
    <3

    Editnya pakai aplikasi apa aja kak indi?

    BalasHapus
  9. Saya salut sama teman2 yang bisa main ukulele. Sungguh saya suka :)

    BalasHapus
  10. Hello Mbak Indi. Salam kenal yaa... Sama seperti Kang Ahmad Zaelani, saya bisa maen gitar, kalo ukulele senang dengernya aja blm bisa memainkannya...

    BalasHapus
  11. Baca postingan ini jadi kepingin mainin ukulele ku yang udah gak pernah aku mainin lagi weheheh.. Niceeee!! I like your writing style, tbh! :)

    Xoxo, Eiren.
    http://pastelavenue.blogspot.com/

    BalasHapus
  12. Nggak bisa bantu apa-apa nih saya Kak, cukup bantu doa boleh?
    Emoh buka yutup, hemat kuota. cukup baca postingan ajaaaaa.... hehehe

    ^,^

    BalasHapus
  13. Jadi Inget pas waktu belajar ngeblog kak, heheh guru online yang mengubah dunia.

    BalasHapus
  14. wah keren permainan musik uke lele sedikit orang yang bisa nya lhoo, saya juga pengen deh bisa

    BalasHapus
  15. Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website kami www.kumpulbagi.com atau www.facebook.com/kumpulbagi/ untuk info selengkapnya.

    Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

    BalasHapus
  16. wah bagus.. pake aplikasi apa nihh editing videonya mbak?

    BalasHapus

Terima kasih untuk komentarnya, it's really nice to hear from you :)