Teman-teman yang menyukai "Dunia Kecil Indi"

Minggu, 17 Juli 2016

Bantu Indi Menghubungi Ukulele Mike! :)

Gue nggak yakin kalau masih ada yang ingat dengan cerita awal mula gue bermain ukulele. Tapi gue pernah menceritakannya di sini, di dunia kecil gue. Singkatnya, tahun lalu gue tiba-tiba saja tertarik dengan alat musik asal Hawaii yang diadaptasi dari Portugis ini. Tanpa menunggu lama gue langsung membeli my very first meskipun sama sekali nggak tahu cara memainkannya. Iya, sama sekali. Kalau anak-anak lain biasanya memilih gitar sebagai alat musik basic yang dipelajari, gue lebih memilih les drum selama 2 grade. Itulah mengapa gue sama sekali nggak punya ide bagaimana cara memainkan senar-senarnya, hehehe.


Bapak bisa bermain gitar, jadi gue pikir akan lebih baik jika beliau saja yang mengajarkan bermain ukulele. Tapi karena gitar dan ukulele nggak persis sama, Bapak pun menyerah. Katanya beliau sudah "malas" untuk mempelajari hal baru dan gue diminta untuk cari guru yang lain saja, huhuhu. Berhubung nggak ada seorang pun teman gue yang bermain ukulele, akhirnya gue memutuskan untuk mencari guru online. Eh, gue maksud dengan "guru online" itu bukan guru yang gue cari secara online, lho. Tapi website-website atau channel-channel yang menyediakan tutorial bermain ukulele. Gue pikir akan lebih praktis seperti ini, ---dan juga lebih mudah karena bisa belajar kapanpun dan kalau lupa bisa diulang :p

Di awal proses belajar rasanya macam-macan. Fun dan penuh excitement, ---tapi juga ada sedikit air mata karena jari-jari di tangan kiri rasanya periiiiiiih, huhuhu. Ini karena kulit gue sensitif dan telapak tangan gue (almost always) berkeringat. Makanya agak sulit untuk "membangun" callous alias kapalan :p Selain itu belajar online juga punya keterbatasan dalam visual. Misalnya ada web tanpa gambar, atau video yang kurang jelas, ---kameranya jauh banget nge-shoot nya :( Tapi setelah satu bulan gue akhirnya lumayan mengerti. Bisa memainkan lagu-lagu sederhana dan menguasai chord-chord dasar. Gue nggak belajar dari hanya 1 web atau channel, tapi ada beberapa "guru" yang cara mengajarnya sangat cocok dengan gue yang sometimes lemot, lol. 

Salah satu guru yang cocok dengan gue adalah Mike Lynch, alias "ukulele Mike". Cara mengajarnya super simple, dengan chords yang terpampang besar-besar di setiap videonya. Selain itu Mike juga bisa bernyanyi. Suaranya enak didengar, bikin belajar semakin betah, hehehe. Tanpa sadar gue rupanya jadi sering sing-along dengan video-videonya. Yang tadinya gue kesulitan bermain ukulele sambil bernyanyi, lama-lama jadi semakin lumayan. Ya, at least nggak bikin yang mendengar sakit telinga :p Apalagi suara Mike lebih rendah dari gue yang ---ehm, cempreng. Jadi saat sing-along gue bisa berpura-pura berduet dengannya, hehehe. 


Dua hari yang lalu, tiba-tiba saja gue teringat kembali dengan video-video Mike. Gue mengunjungi channelnya dan menonton video-videonya dengan excitement yang sama seperti ketika pertama kali menontonnya. Gue juga tertawa geli ketika melihat komentar-komentar lama yang pernah gue tinggalkan di videonya, hihihi :p Well, gue tahu "murid" Mike bukan hanya gue, tapi ada banyaaaaaaaak sekali orang-orang dari berbagai belahan dunia yang terbantu olehnya. Meski begitu gue tetap ingin mengucapkan terima kasih padanya dengan cara yang istimewa. Apa yang ia lakukan untuk viewers nya sangat berarti sekali. It might sounds lebay, tapi tanpa video-videonya mungkin gue butuh waktu lebih lama buat belajar. 

Gue ingin membuat surat ucapan terima kasih untuknya, tapi setelah dipikir-pikir bahasa Inggris gue kurang baik jadi mungkin pesannya nggak tersampaikan. Lalu gue teringat dengan kebiasaan sing-along ketika belajar, ---kenapa "kami" nggak berduet saja? Gue langsung mencari video tutorial yang lagunya cocok untuk dinyanyikan berdua. Aha! Ada lagu "Tonight You Belong to Me" yang sebelumnya pernah gue nyanyikan sendiri saja. Lagu ini aslinya dibawakan oleh kelompok vocal perempuan, jadi gue tinggal 'memilih' suara agar harmonis dengan Mike saja. Selama beberapa jam gue mencobanya, ---pause, ---play, ---pause, ---play, ---sampai akhirnya  merasa (cukup) puas. Dengan kamera jadul andalan, gue merekam part gue dan menggabungkannya dengan video Mike. Believe it or not ini pengalaman pertama gue dalam urusan mengedit video musik. Masih banyak kekurangan, tapi gue benar-benar berusaha agar video tribute ini dibuat dengan sungguh-sungguh dan istimewa :)


Sebelum videonya diupload dan linknya dikirimkan pada Mike, gue minta Bapak untuk menilainya terlebih dahulu. Pendapatnya? ---Ehm, ---katanya sudah harmonis dan beliau cukup terkesan. Hehehe, ini jarang-jarang, lho. Biasanya adaaaaa saja yang beliau "cela" dari gue :D Dengan restu Bapak, di malam yang sama (---gue merekam dan mengedit videonya dari sore sampai malam) gue upload video "thank you" ini ke channel gue. Nggak lupa segera setelahnya gue mengirim pesan pada Mike, tentang rasa terima kasih gue karena telah "diajarkan" bermain ukulele. Sampai hari ini belum ada balasan dari Mike. Sepertinya pesan gue tenggelam oleh jutaan viewers lainnya (Mike punya 2 channel)

Sekali lagi, gue tahu permainan dan kemampuan mengedit video gue masih biasa-biasa saja. Dan pasti banyak murid Mike lain yang lebih hebat. Tapi gue hanya ingin menyampaikan rasa terima kasih dengan membuat video tibute untuknya. Nantinya ia akan suka atau nggak, doesn't matter karena gue sudah berusaha :) In case teman-teman ingin melihat videonya, gue sertakan link nya di sini. Kalau ingin membantu gue untuk menghubungi Mike juga boleh (banget!). Silakan share videonya atau langsung kirim pesan ke inbox nya. Link channel Mike gue sertakan di box deskripsi video tribute. Mudah-mudahan dengan bantuan dari teman-teman, ia bisa melihat video gue. Amen! :D
tonton videonya di sini


muridnya 'ukulele mike',

Indi

______________________________________________________


Facebook: here | Twitter: here | Instagram: here | YouTube: here | Contact person: 081322339469

21 komentar:

  1. Aku malah nggak bs main musik sama sekali, hahaha

    Cute deh mbak Indi mainnya. Pasti Mike seneng bs liat muridnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Murid Online, hehehe. Guru Online dan murid online berkolaborasi

      Hapus
  2. yey,aku cek linknya :D semoga segera ada kbr dari Mike

    BalasHapus
  3. Mike Lynch emang keren. Saya juga pernah nonton videonya sekali-duakali.

    Hehe jarang deh nemu cewek yang mau belajar ukulele. Biasanya kan cewek mah pengennya belajar biola, piano atau latihan vokal.

    Good luck yah belajar ukulele-nya. Oiya, salam kenal, Indi :)

    BalasHapus
  4. Ukulele itu unik ya Indi. Kalau saya menyebutnya kentrung, sama ngga sih? Atau beda? entahlah, tampaknyanya sih sama hehe.

    Pertama kali melihat pada sinetron jadul berjudul 'Losmen' yang dibintangi Mang Udel, Mike Wijaya, Mathias Muchus, Dewi Yul, dll *loh malah ngabsen pemainnya :)

    Kemudian lebih sering saya lihat di angkot bis ketika banyak pengamen yang memainkannya.

    Merasa takjub aja, mirip gitar tapi lebih simple dan nggak kalah keren suaranya :)

    Mikeee!! Lihat dong video Indiii!! Keren lohhh :)

    BalasHapus
  5. This is sweet. :')
    Aku kayak lagi lihat kakek bijak dengan cucu manisnya. hihiii...

    BalasHapus
  6. Samaan mbak saya juga belum terlalu lancar dalam memainkan uku lele ini, mungkin sebentar lagi saya bisa menguasai uku lele ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gimana kalau kita kursus aja kang,,, :v

      Hapus
  7. Lah itu maennya kayak gitar biasa yah ?? kalau maen gitarmah Saya juga bisa,,, cuman maen ukulele belum pernah nyoba,,
    kalau ada waktumah,, Saya juga pengen diajarin lah :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sini kang saya yang ngajarin, hehehe...

      Hapus
  8. Keren bangeeeetttttt

    YOU'RE A PRO!
    <3

    Editnya pakai aplikasi apa aja kak indi?

    BalasHapus
  9. Saya salut sama teman2 yang bisa main ukulele. Sungguh saya suka :)

    BalasHapus
  10. Hello Mbak Indi. Salam kenal yaa... Sama seperti Kang Ahmad Zaelani, saya bisa maen gitar, kalo ukulele senang dengernya aja blm bisa memainkannya...

    BalasHapus
  11. Baca postingan ini jadi kepingin mainin ukulele ku yang udah gak pernah aku mainin lagi weheheh.. Niceeee!! I like your writing style, tbh! :)

    Xoxo, Eiren.
    http://pastelavenue.blogspot.com/

    BalasHapus
  12. Nggak bisa bantu apa-apa nih saya Kak, cukup bantu doa boleh?
    Emoh buka yutup, hemat kuota. cukup baca postingan ajaaaaa.... hehehe

    ^,^

    BalasHapus
  13. Jadi Inget pas waktu belajar ngeblog kak, heheh guru online yang mengubah dunia.

    BalasHapus
  14. wah keren permainan musik uke lele sedikit orang yang bisa nya lhoo, saya juga pengen deh bisa

    BalasHapus
  15. Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website kami www.kumpulbagi.com atau www.facebook.com/kumpulbagi/ untuk info selengkapnya.

    Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

    BalasHapus
  16. wah bagus.. pake aplikasi apa nihh editing videonya mbak?

    BalasHapus

Terima kasih untuk komentarnya, it's really nice to hear from you :)