Teman-teman yang menyukai "Dunia Kecil Indi"

Sabtu, 05 Mei 2012

Ayo Kartinian! :)




What I Wore? Headband: Bunga | Kebaya: Belong to my Aunt | Dress: Toko Kecil Indi | Bag: Kalimantan (gift from Granny) | Shoes: Fladeo


Howdy-do, world! Welcome, May! :D
So, how's your April, guys? It's been a hot-hot-heat month in here. Tapi nggak apa, karena itu artinya es krim dan minuman dingin jadi terasa seribu kali lipat lebih enak daripada biasanya, hihihi... :)
Meskipun sekarang sudah bulan Mei, tapi ada cerita dari bulan April yang belum sempat gue share. It's a about Kartini's day, atau hari Kartini, atau singkatnya sering disebut "Kartinian".
It's been a zillion years sejak terakhir kali gue ikut Kartinian, gua lupa kapan tepatnya, tapi rasanya waktu itu gue masih SD. Gue berkebaya lengkap dengan sanggulnya dan diantar Ibu pakai becak menuju sekolah, hihihi. What a sweet memory :)

Nah sekarang, di usia gue yang sudah dewasa, nggak disangka-sangka gue dapat kesempatan ikutan lagi acara Kartinian! Well, sebenarnya bukan sebagai peserta lomba busana, sih, tapi gue sebagai MC di TK tempat gue mengajar, hihihi. Meski begitu gue sangat senang karena bisa memunculkan nostalgia manis yang kalau saja gue bukan seorang guru, gue harus menunggu jadi seorang ibu dulu untuk merasakan moment seperti ini lagi ;) Dan tentu saja gue senang karena murid-murid gue bisa dapat kesempatan seperti ini, soalnya sekarang semakin jarang sekolah yang mengadakan Kartinian. Kalau dulu, waktu gue masih TK pasti satu minggu sebelumnya sekolah sudah sibuk mendekor dan menyewa andong untuk pawai keliling komplek. Tapi sekarang, meski di sekitar rumah ada tiga TK, nggak satupun yang mengadakan Kartinian. So sad... :(


With miss. Tri and the kids :)

Indi and Niknik


Memang sih, bukan tanpa alasan juga kenapa Kartinian sekarang jarang dirayakan dengan pawai dan ramai-ramai pakai baju daerah (sama dengan acara tujuh-belasan yang juga semakin jarang). Alasannya beragam, dari yang gue dengar ada orang tua murid yang keberatan jika harus mengelurkan uang untuk setengah hari perayaan, katanya mubazir, lebih baik digunakan untuk yang lain. Dan ada juga yang beranggapan bahwa Kartinian nggak harus dirayakan, mengenang dan menghargai jasa-jasanya saja sudah cukup.
Ya... itu memang nggak salah, sih... Tapi apakah para orang tua lupa dengan bagaimana asyiknya mengikuti acara Kartinian waktu mereka kecil dulu? Gue harap sih nggak, karena jika mereka dulu senang, maka anak-anak mereka pun akan senang jika mengikutinya sekarang. Zaman memang selalu berubah, tapi gue yakin anak-anak akan selalu sama dari masa ke masa :)

Makanya gue bersyukur sekali bisa bekerja di TK ini. Meski sederhana, tapi satu minggu sebelum Kartinian pihak sekolah, para orang tua dan murid-murid sudah sibuk sekali. Semuanya terlibat, semua bekerja sama. Bahkan murid-murid playgroup pun sangat semangat berlatih untuk mengikuti lomba peragaan busana daerah dan membaca poem. Senang rasanya selama satu minggu gue mendengar celotehan anak-anak tentang busana yang akan mereka pakai. Meski kebanyakan dari mereka belum mengerti apa itu arti busana daerah. Misalnya saja waktu gue bertanya pada seorang anak tentang busana yang akan dipakainya, ia menjawab, "Aku pakai baju Kartini nanti", hihihi, so cute :)





Funny little pilot :)

Everybody's said that this girl is "little me", hahaha :)

Gue dikabari untuk menjadi MC cuma semalam sebelum hari H. Sangat mendadak, dan hampir saja menolak karena nggak punya kebaya. Tapi berhubung gue sangat-sangat ingin mengikuti Kartinian, gue langsung hubungi Tante dan bertanya tentang sebuah kebaya yang ia miliki sejak lama. Beruntunglah kebaya yang dimaksud masih ada di Bandung, karena kalau sudah dibawa pulang artinya gue harus menyusul kebaya itu ke Jakarta, hihihi. Oh, iya kebaya ini sebelumnya pernah gue pakai untuk prom night, lho. Ternyata badan gue nggak berubah banyak karena setelah bertahun kemudian masih muat :) Untuk padanannya gue pakai rok batik yang sayangnya harus dibatalkan karena kesempitan, dan waktu dirombak ternyata malah kebesaran, hihihi. Ya sudah gue pakai saja dress hitam polos supaya berkesan sedikit resmi.

Meskipun acara dimulai jam 9 pagi, tapi anak-anak dan para orang tua sudah berkumpul sejak jam 8 pagi. Semuanya tampak ceria dan cantik. Ibu gurunya ---gue--- kalah nih, karena cuma pakai bedak dan lip gloss, hihihi.
Anak-anak sudah nggak sabar ingin segera menunjukan kebolehannya, setiap kali berpapasan dengan gue pasti saja ada yang bertanya, "Miss, acaranya dimulai kapan?". Wah, sampai terharu rasanya dengan semangat mereka :) Dan waktu acara dimulai, benar saja mereka begitu antusias. Bahkan ada beberapa dari mereka yang naik panggung meski belum gilirannya, atau ingin tampil dua kali, hihihi. Acara pun harus berlangsung lebih lama dari yang dijadwalkan karena setiap kali ada jeda pasti anak-anak bertanya, "Miss, aku mau nyanyi. Boleh naik panggung?". Hihihi, tentu saja gue izinkan mereka semua. Lelah, sih, tapi senang! :)




rebutan microphone, hahaha :D


This polite little girl asking me, "Miss, boleh foto sama miss?". Awww :')



With the winners :)



Dan waktu pemenang diumumkan justru jadi saat yang paling menyenangkan. Anak-anak nggak peduli mereka menjadi juara keberapa, karena yang terpenting adalah mereka diizinkan naik ke atas panggung, menjadi bintang selama setengah hari dan pulang membawa bingkisan. Malah, mereka lebih tertarik dengan balon-balon yang menjadi dekor panggung lho daripada dengan piala. Buktinya piala-piala itu ada di genggaman para orang tua, sedangkan anak-anak berebutan mengambil balon, hihihi.

Begitulah. Menyenangkan. Sangat menyenangkan. Jadi akankah tradisi Kartinian ini semakin menghilang? Gue harap nggak. Mungkin anak-anak TK ini belum terlalu mengerti siapa itu Kartini, tapi dengan diadakan tradisi seperti ini mereka secara nggak langsung bisa merasakan semangatnya. Dan yang terpenting mereka bisa bersenang-senang, bisa berekspresi dan menjadi bintang selama setengah hari. Jadi kalau suatu hari gue jadi orang tua, dan pihak sekolah bertanya apakah gue bersedia untuk berpartisipasi untuk acara Kartinian, dengan yakin gue akan jawab, "Ya, tentu saja" :)


girl power,

INDI
______________________________________________
Contact Me? HERE and HERE. My Shop? HERE. Sponsorship? HERE.



55 komentar:

  1. kak indi cantik ,hehe kayaknya pake baju apa aja cocok gitu keliatanya :p hihihii...

    BalasHapus
  2. waktu hari kartini saya gak ngapa-ngapain. Indi sih gak ngajakin. heheheh :D

    BalasHapus
  3. ahahah... Ibu guru nih yeeee :p

    BalasHapus
  4. aku daridulu gak pernah ikut kartinian kak indi, soalnya sekolahku emang gak pernah ngadain :(

    BalasHapus
  5. aku seneng waktu kartinian.. soalnya di make up xD
    awkawkawk, kecil2 udah genit :D

    BalasHapus
  6. hihihihi manis deh
    tapi kok indi nggak pake gaun kartinian juga sih?

    BalasHapus
  7. Aduh lucuuuuu banget kak! Seneng deh baca post ini :) Kak Indi juga cantik banget! ^^

    Cheers,
    Karina Dinda R. ♥
    BLOG | TWITTER | SHOP

    BalasHapus
  8. hihihi sama ndi anak2 sekolah lagi sibuk kartinian dari raut wajah mereka kelihatan deh seneng banget mau kartinian, malah dulu aku ngak pernah kartinian

    BalasHapus
  9. anak-anaknya lucu sekalii:D

    BalasHapus
  10. nggak pernah ikut jadi kartini -____-

    BalasHapus
  11. Wow... rame banget ya.. di TK anakku nggak ada kartinian :(

    BalasHapus
  12. hihihi asik banget mbak ndi...
    kebayamu bagus sekaliii!
    anak anaknya lucu juga hihi

    BalasHapus
  13. perbedaan itu selalu ada asal janganjadi bertengkar ya . Kebayanya Indi kebaya modern ya

    BalasHapus
  14. foto fotonya banyak yg narsis kwkwkwkw

    BalasHapus
  15. @ CITRA: hihihi, terima kasih ya :)

    @ RIAN: taun depan aku ajakin, ya. tapi kamu harus pakai sanggul, hihihi :)

    @ FAIZAL: emang.. i proud of it. hehehe :)

    @ DHEYA: iya, memang gak semua sekolah ya.. aku aja pas SMP gak ada sama sekali, huhuhu :')

    @ GITA: hahaha, post fotonya, dong :p btw, aku gak bisa buka blog-mu, nih :(

    @ NURMAYANTI: hihi, makasih. lho, aku kan pakai kebaya itu... cuma memang gak maksimal, kan aku ceritakan bahwa aku memang baru diberitahu semalam sebelum hari H :)

    @ KARINA: hihihi, makasih. anak2 ini memang lucunya maksimal :D

    @ HONEY: iya, ini anak2 semangatnya banget2, sampai gak beres2 acaranya, hehehe. kenapa gak kartinian? :)

    @ STELLA: iyaaa :)

    @ HONEY: yang penting selalu meneruskan perjuangannya, ya :)

    @ HAYA: wah, kenapa mbak? :')

    @ TEBAK: hihihi, iya asyik dan lucu2 mereka. terima kasih ya. kebaya iie-ku ini :)

    @ AIINIZZA: hihihi, terima kasih :)

    @ LIDYA: betul sekali. iya, mbak ini kebaya modern :)

    @ DILAN: they are! :)

    @ DEDY: ini blog fashion dan lifestyle, om. harusnya gak usah 'kaget' lihatnya :p

    @ DIAZ: thanks :)

    BalasHapus
  16. eh bener deh, Kak.. bocah itu 'the little Indi'. hihihi
    gaya rambutnya udah sama, cuma tinggal disamain aja warna rambutnya :D

    aku sih dulu bukan mamahnya yang mubazir mengeluarkan uang, tapi akunya yang gag mau. ribet harus dandan kayak gitu2an. wkwkwk *kecil2 udah apatis ya aku --"

    BalasHapus
  17. @ SYIFA: hahaha, iya, apalagi sama2 suka princess, dan tiap masuk sekolah pasti dia pamer barang baru, apapun itu sama aku :D wah, jangankan pas kecil, syifa, sekarang aja aku dandannya males, tuh liat aja aku polos gitu. tp bagian lomba dan main2nya aku seneng :D

    BalasHapus
  18. look at you....you're so beautiful,hon :) the kids are cute.and the pilot,he's just like our nephew,hon :D

    <3<3<3
    hugLUV

    BalasHapus
  19. Waahh..Ibu gurunya Gaul abis..
    memang lucu2 yah mereka..
    menggemaskan..

    MAkasih dah ikutan Bu guru ndi..

    BalasHapus
  20. aku ikutan manggil Miss Indi aja ya? biar keliatan masih anak-anak. Ga sadar umur :)

    ahh,aku jadi ingat dulu waktu SD pernah ikut lomba peragaan busana daerah dalam rangka Kartinian, biarpun nggak menang tapi bahagianya didandani dan pake baju daerah itu nggak kebeli rasanya miss :)

    aku paham banget deh rasanya jadi murid-murid kakak :)

    BalasHapus
  21. Kakaaakk post nya inspiring banget! Gurunya cantik anaknya imut2 bangeeet. Jadi inget dulu kartinian aku pake baju adat bali trus ikut fashion show hihi ;)
    Keep inspiring ya kak <3

    BalasHapus
  22. kaaak indiiiii....
    ngebayangin kak indi pake kebaya juga , pasti cantiiiikkk bangeeeeeet :D

    BalasHapus
  23. Wihi .. cakep foto lo kak :P

    hmm . gue gak terlalu suka hari kartinian (waktu kecil dulu)
    karena dandanannya aneh-aneh

    sekarang baru ngerti tentang artinya semangat Kartini ..
    Ntar kalo anak gue di masa depan harus ikut dengan semangat ..

    Lanjutkan hari Kartini
    "girl power"*cailah

    BalasHapus
  24. kak Kimberly ..
    dapet hadiah dari Tommy ..
    ambil ye :P

    BalasHapus
  25. Wah cerita yang sangat menarik, saya jadi tercengang nih, apalagi kalau lihat phot yg ada dalam postingan ini sungguh cantik sekali, saya jadi kepengin kenalan nih....hehehe...
    oh ya sobat, saya mengikuti blog ini dan follow ke # 1208 #
    kuharap kamu juga terima saya yah dan ditunggu follow back
    terima kasih

    BalasHapus
  26. acara dan oufitsnya keren ! :P 5 jempol bwt kak indi ^^
    girl power :P,
    joan-milenia.blogspot.com

    BalasHapus
  27. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  28. thx for ur sweet comment!
    great outfit!
    cuteeeee little kartini <3

    xoxo,
    Rebecca
    http://rebeccaclch.blogspot.com

    BalasHapus
  29. waaaa asyik banget acara nya :D ka Indi and 'little' Indi cute banget.

    BalasHapus
  30. The kids looks so cute !

    www.coffeecreamandthecaffeine.blogspot.com

    BalasHapus
  31. imut2 kayak marmut :P
    HIHIHIH... BERCANDA

    BalasHapus
  32. sebelumnya salam kenal kak
    hohoho
    btw waktu jadi mc kakak kayak model lho. Wah kakak ternyata pinter dandan dan pinter menempatkan diri hehe

    BalasHapus
  33. harusnya Indi pake kebaya dan bersanggul donk! penasaran kayak apa...hihi

    BalasHapus
  34. tante seru ya acaranya....kalau di PG callysta biasa aja acaranya. cuman pengenalan kalau hari kartini aja...hehehe....

    BalasHapus
  35. Aku setuju, Kartinian jangan dihilangkan. Kalau dihilangkan, kelak anak-anak nggak bisa menghargai perjuangan beliau. Gimana bisa menghargai kalau melihat wajahnya aja nggak pernah, kan? :)
    Anakku kemarin juara I fashion show kartinian lho, Ndi ;)
    Btw, anak yang di panggung itu bener-bener Little Indi, hihihi..

    BalasHapus
  36. lovely post! i lovee the pictures and the colors :)
    and you have the cutest hair :)
    xx

    www.citylaundry.blgospot.com

    BalasHapus
  37. hihi lucuuu

    Ngeblog lagi setelah vakum karena meminggalnya Ayah

    Love u miss indi

    BalasHapus
  38. wah kak Indi makin chubby ya :P tapi seneng deh liat foto2nya, seru dan bahaia banget gitu :D

    BalasHapus
  39. Setuju Indi..acara perayaan di hari Kartini buat anak-anak sangat menyenangkan yah.. Buat orang tua walaupun ribet ya tetap menyenangkan juga kok. seru juga jadi moment kecil yang akan terus dikenang :-)

    BalasHapus
  40. Oh my, how darling are all those little kids dressed up in their outfits! Looks like such a fun day...though I've never heard of anything like it before. My school most certainly never did anything close to this...I think I would have loved this as child for sure. Loving your outfit too Indi! That is such a pretty lace cardigan and your hair is perfect:) Have a lovely week darling! xx Marisa

    BalasHapus
  41. aha lucu :D

    http://mulanranagradis.blogspot.com/

    BalasHapus
  42. wah.. enak ya, bisa seru2an di hari kartini..
    aku cuma di rumah belajar..
    cz tgal 23 na aku UN >.<

    BalasHapus
  43. @ RAY: hahaha, iya kaya kok bian, mas :) <3 <3 hugLuv

    @ MAMA: hahaha, gaul apaan coba? :p iya, mereka menggemaskan sekali :) sama2, tapi aku gak menang. next time aku ikutan lagi ya :)

    @ DEE: hahaha, dasar! -_-" iya, memang kalah-menang gak masalah ya selama kita bersenang-senang :)

    @ CECILIA: thank youuuuu. aih, senangnya pakai baju bali, hihihi :)

    @ SHELVI: lah, itu kan aku pakai kebaya -_-" hehehe...

    @ EY: makasih. yah, kamu kan laki2... laki2 mah gak didandanin kaliii, hehehe. thanks hadiahnya, ya :)

    @ PENYULUH: hahaha, terima kasih. salam kenal :)

    @ JOAN: thanks, joan :)

    @ YANTI: iya ya, dulu tuh tiap sekolah pasti aja ngadain lomba :)

    @ REBBECA: thank you! :)

    @ EMELIA: hihihi, iya seru. makasih :)

    @ COFFEE: they are! :)

    @ ISTIGHFARIN: ga apa2 aku kaya marmut, asal anak2nya aja jangan :p

    @ RED: salam kenal. hihihi, terima kasih ya :)

    @ POPI: lha, itu kan aku berkebaya -_-" kalau bersanggul harus ke salon, nanti aja kalau menikah, hahaha...

    @ CALLYSTA: iya :) hihihi, tahun depan mudah2an ada ya :)

    @ DELLA: betul! :) wah, selamat ya jadi juara :) hihihi, iya bedanya dia lebih cantik :)

    @ MARIA: thank you very much :)

    @ DEWI: makasih, hihihi. turut berduka, ya dewi... hug you :)

    BalasHapus
  44. =========================================
    berbagi Kata Kata Motivasi cuy
    Hidup ini penuh pilihan. Semakin baik keputusan yang kamu pilih semakin baik juga kamu dalam mengendalikan kehidupanmu.
    =========================================

    semoga dapat di terima :D

    BalasHapus
  45. @ TIARA: iya, dong :) ini chubby pakai usaha, dan aku bangga. thank you, i'm really happy :D

    @ CUT: iya, itu dia, anaknya2 rata2 sama sama, tapi ortunya yg beda. ini gak mengada2, kok, aku malah survey keblog'nya para mama, hahaha. iya, betul, moment ini pastidikenang terus sampai dewasa :)

    @ MARISA: they are! :) it's a national day to remembring kartini, our country hero. thank you very much, marisa. have a beautiful weekend :)

    @ MULAN: they are :)

    @ AMA: lho aku juga pas hari kartini gak libur, kok, malah ngajar. ini kegiatan pas tanggal 26, ama, hihihi :)

    @ TRICA: thanks for sharing :)

    BalasHapus
  46. berbagi Kata Bijak
    Meski tak dicintai oleh dia yg kamu cinta, tak berarti kamu merasa tak berarti. Hargai dirimu dan temukan seseorang yg tahu itu.
    semoga dapat di terima :D

    BalasHapus
  47. kata bijak "Lakukan segala sesuatu dengan ikhlas dan teliti, sebelum kau menyesal karena segalanya tak dapat diubah lagi. " aku liat rambut mba indi mirip artis melisa penyanyi abang tukang bakso mari2 sini ....waktu dulu ...

    BalasHapus
  48. kata bijak "Lakukan segala sesuatu dengan ikhlas dan teliti, sebelum kau menyesal karena segalanya tak dapat diubah lagi. " aku liat rambut mba indi mirip artis melisa penyanyi abang tukang bakso mari2 sini ....waktu dulu ...

    BalasHapus
  49. kata2 terbaik "Mengertilah terhadap keadaan setiap orang sebelum kamu ingin dimengerti oleh orang lain " aku suka liat wajah cerianya, maaf kalo ga nyambung...

    BalasHapus
  50. aku suka "Gunakan syukur ketika kamu dicintai, dan gunakan sabar ketika kamu dibenci. Jangan ada sesal, jangan ada sebal. " thanks

    BalasHapus
  51. salam sehat "Hati-hatilah dgn hati. Jangan berikan pada seseorang yg tak bisa menghargai, karena ketika diberi, dia takkan sepenuhnya kembali. "

    BalasHapus

Terima kasih untuk komentarnya, it's really nice to hear from you :)