Indi's Friends

Sabtu, 08 September 2018

Guruku Berbulu dan Berekor: Donasi Sudah Mulai Berjalan :)

Gue menulis ini di pagi buta sambil nunggu sarapan. Menikmati sekali awal musim hujan ini, bikin makan dan istirahat makin nikmat, hihihi. Kalau kalian sendiri gimana kabarnya? Semoga baik-baik saja dan sama "nikmat"nya seperti gue, ya :) 
Beberapa waktu yang lalu gue share kabar tentang buku terbaru gue yang judulnya "Guruku Berbulu dan Berekor - bagian dua" (yang belum tahu silakan klik di sini). Nah gue punya dua kabar sekaligus tentang buku ini, nih! Yang pertama, gue memutuskan untuk mengubah tampilan sampulnya. Dan yang kedua, keuntungan dari penjualan buku sudah didonasikan! (Yay!).

Guruku Berbulu dan Berekor :)

Kenapa sampulnya diganti? Alasannya sebenarnya murni spontanitas gue saja. Sampul awal memang cute, tapi gue merasa kurang personal. Jadi dengan dibantu Shane, pacar gue, kami mendesain ulang sampulnya. Sesuai dengan isi buku yang berisi kumpulan kisah nyata manusia dengan hewan peliharaannya, gue pakai foto Eris, ---anjing peliharaan gue yang telah memberikan banyak pelajaran berharga untuk gue dan keluarga :) Prosesnya lumayan cepat, satu malam saja dan dengan mood yang super positif. Buat gue itu penting karena gue percaya saat mengerjakan sesuatu mood kita akan terpancar dari hasilnya. Gue puas dengan hasilnya. Bukannya ke-PD-an, tapi kepuasan ini datang karena proses pengerjaan benar-benar hanya dilakukan berdua, dan foto yang digunakan pun sangat personal, diambil oleh Bapak beberapa waktu lalu. Goal untuk menerbitkan buku ini dengan cara se"indie" mungkin pun rasanya sudah cukup tercapai karena budget yang gue keluarkan minim. Setelah 4 buku gue sebelumnya diterbitkan oleh penerbit major, ini adalah kali pertama karya gue diterbitkan secara mandiri. Bukan tanpa alasan, karena setelah dihitung-hitung keuntungannya akan lebih "terasa" dibandingkan jika diterbitkan secara konvensional. Itu artinya jumlah uang yang donasikan dari penjualan perbuku kali ini lebih besar dibandingkan "Guruku Berbulu dan Berekor" bagian yang pertama! :D

Sampul baru, bersama Gift yang berenang di akuariumnya, hihihi.

Kendala tentu saja ada, terutama soal promosi yang hanya mengandalkan sosial media gue yang followernya masih jauh dari kata banyak. Berbeda dengan buku-buku gue dulu orang bisa temukan di website penerbit dan toko buku :') Meski begitu gue percaya usaha akan membuahkan hasil. ---Sekecil apapun hasil tetap saja hasil. Gue bersyukur sekali semenjak diterbitkan donasi "Guruku Berbulu dan Berekor - bagian dua" sudah disalurkan ke dua penampungan hewan. Yang pertama adalah "Shelter Pak Johan" di libur Lebaran lalu. Pak Johan ini awalnya pengusaha limbah plastik, dan berawal dari rasa iba tempat usahanya itu lambat laun berubah menjadi penampungan hewan! Sekarang beliau sedang memerlukan biaya untuk membeli lahan dan biaya untuk membangun. Lokasinya di Tanjung Kait, Tangerang. Gue salut sekali dengan beliau dan sangat mendukung langkahnya ini. Sekarang jumlah donasi untuk Shelter Pak Johan dari buku gue ini hanya sedikit, tapi gue berharap akan terus bertambah dan akan bisa di kemudian hari :)

Donasi untuk Shelter Pak Johan.

Donasi yang kedua disampaikan ke "Cat Life for 16 Cats, street cats rescue". Gue menemukan akun penggagasnya di Instagram dan salut dengan usahanya menyelamatkan kucing-kucing jalanan. Bukan hanya yang sehat, banyak juga diantaranya yang dalam keadaan sakit berat :( Yang paling dibutuhkan oleh mereka adalah pakan kucing, baik untuk kucing dewasa atau kitten. Nah, setelah gue cek ternyata alamatnya nggak terlalu jauh dari gue, sama-sama di Bandung! Gue putuskan untuk membeli cat food dari keuntungan buku. Lagi-lagi, gue tahu jumlahnya nggak banyak. Tapi gue harap ini jadi pengingat bahwa masih ada orang yang peduli dengan hewan, sekalipun hewan yang "tak bertuan". Salut :)

Donasi untuk Street Cats Rescue.

Sesedikit apapun keuntungan yang gue dapat dari buku ini gue bertekad untuk terus mendonasikannya pada hewan-hewan yang membutuhkan. Gue ingin "Guruku Berbulu dan Berekor" ini bukan sekedar buku, tapi juga gerakan atau movement. Teman-teman yang ingin membantu bisa hubungi gue untuk membeli bukunya. Bisa kirim pesan pribadi di media sosial gue (Facebook: Indi Sugar atau Instagram @indisugarmika) atau email namaku_indikecil@yahoo.com. Harga perbukunya Rp. 60.000, ---iya, naik sedikit dari sebelumnya karena harga kenaikan kertas. Dan jika membeli buku belum memungkinkan gue harap kalian meluangkan waktu untuk membagi kabar tentang buku ini ke orang-orang yang kalian kenal. Dan jika itu belum memungkinkan juga, setidaknya doakan agar gerakan ini terus berjalan, ya, hehehe. Sekian dulu kabar gue tentang "Guruku Berbulu dan Berekor - bagian dua". Semoga di tulisan selanjutnya akan ada kabar baik lagi. Selamat menikmati musim hujan, see ya! ;)

Video book trailer untuk Guruku Berbulu dan Berekor 2


yang menulis karena ingin berbagi,

Indi 

 _____________________________________________________________________
Facebook: here | Twitter: here | Instagram: here | YouTube: here | Contact person: namaku_indikecil@yahoo.com

19 komentar:

  1. Wah cakep deh motivasinya.
    Semoga bukunya laris manis jadi donasi yang terkumpul juga lumayan banyak.
    Sukses terus ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amen, terima kasih ya Hans. Mudah-mudahan aja terus berjalan sampai ratusan seri, hihihi :)

      Hapus
  2. semoga lancar mba, sukses untuk bukunya

    BalasHapus
  3. Mba Indi baik banget, semoga lancar ya Mba bukunya bisa laris biar donasi bis terkumpul banyak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amen, terima kasih doanya ya. Harapanku semoga dengan dan tanpa buku tetap bisa membantu hewan-hewan yang membutuhkan :)

      Hapus
  4. Udah cantik, jago nyanyi, jago main ukulele, jago nulis, baik hati pula. Semangat dan barakallah ya, Ndi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aduh, jadi senyum-senyum sendiri baca komennya. Terima kasih ya :))

      Hapus
  5. Congratss semoga tergetnya segera tercapai...

    BalasHapus
  6. Yayyy
    Congrats yay Kak Indi!
    Congrats juga buat semua teman-teman yang berpartisipasi!

    Ikut seneng kalau akhirnya keuntungan penjualan berhasil disalurkan untuk kepentingan hewan-hewan yang malang

    I can hear they woof and meows saying thanks to youuuu

    Keep inspiring Miss Sugar <3

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aww, thank you Aul :) Yang ini kamu gak ikutan nih. Next ya <3

      Hapus
  7. aduh semoga terjual banyak banget dan cetak ulang terus ya indi ^^

    BalasHapus
  8. Wah, Neng Eris gaya banget udah jadi gadis sampul. Hihihihihi... Sukses ya Ndi penjualan bukunya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Si Eris mah ibaratnya seleb di komplek, Fely, wkwkwk. Amen, makasih ya :)

      Hapus
  9. Semoga buku yang kedua ini juga laris manis. aamiin

    BalasHapus
  10. Halo mba Indi,
    Selamat ya, semoga laris bukunya dan membawa banyak manfaat. Salut dengan langkah mba Indi untuk mendonasikan keuntungan penjualannya.

    BalasHapus

Terima kasih untuk komentarnya, it's really nice to hear from you :)

Indi Kembali saat Halloween! :)