Rabu, 06 Maret 2019

Rasis itu...

Rasis itu waktu ada yang belajar bahasa Inggris dan dipermalukan cuma gara-gara grammarnya salah-salah dikit, tapi waktu ada orang asing bisa bahasa Indonesia sepatah dua patah doang langsung ditepokin kaya nonton sirkus.

Rasis itu waktu ada yang kawin campur, punya baby terus dikomentarin, "Lucu banget, untung ayah/ibunya dari xxx kan jadi memperbaiki keturunan."

Rasis itu waktu lebih percaya bahasa Inggrisnya orang asing yang padahal bukan dari negara berbahasa Inggris, dibandingkan orang Indonesia yang beneran sekolah bahasa. (Eh, dijadiin guru terus digaji lebih dibanding guru lokal lagi!).

Rasis itu waktu produsen kosmetik lokal bikin foundation yang warnanya terang semua padahal orang Indonesia kulitnya beragam. Dari kekuningan sampai gelap dan semuanya cantik.

Iya, yang sering rasis sama kita malah kita sendiri.

Foto oleh Shane, yang mencintai gue tanpa melihat warna kulit.

xx,

Indi Sugar



------------------------------------------------------------------------------------------------
Facebook: here | Twitter: here | Instagram: here | YouTube: here | Contact person: namaku_indikecil@yahoo.com

14 komentar:

  1. Iya juga yak. Kalo dpikir. Hemm ini fakta banget. Aku pernah sakit hati gegara salah ngucap pas pake bhasa inggris hihi hadeh orang" lbh bnyak yg gak sadar diri yak😯😥

    BalasHapus
    Balasan
    1. Orang lagi belajar padahal harusnya didukung ya, kalau salah ya wajar. Kadang ini yang bikin orang males belajar bahasa asing, karena salah dikit langsung dibilang, "Daripada gak becus udah pake bahsa Indo aja!"
      Tanpa sadar itu bikin smangat orang lain luntur :)

      Hapus
  2. Rasis itu waktu mata lu lebih sipit dibandingkan yang lainnya. Katanya : Dunia ini tidak terlihat penuh karena mat sipit. Kan, bangke! :D :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nggak apa punya mata sipit, asal jangan hatinya yang sipit ya ;)

      Hapus
  3. Intinya pikirkan baik2 sebebelum menyebutkan atau ingin berbahasa inggris agar kita tidak salah bicara atau mengucapkan..😄

    BalasHapus
  4. Rasis itu sewaktu kawin campur, dalam hal ini kawin campur antar yang cantik dan ganteng atau sebalinya, biar memperbaiki keturunan :)
    dalam soal bahasa ingris? ya ya, orang sekitar lebih takjub dengan orang yang lahir di eropa sono. Daripada orang indonesia yang belajar bahasa ingris.
    Soal pemutih ? yang hitam ingin putih, sedangkan yang putih sudah pasti putih :)

    BalasHapus
  5. Bener juga yaa...tanpa kita sadari, sebenernya kita sendiri juga rasis..

    BalasHapus
  6. Kadang suka gak sadar juga kalau sudah menjadi manusia rasis, whahah..
    Contohnya dulu punya temen, kulitnya agak item, terus di panggil si black,,, kan itu rasis juga kali yah..

    BalasHapus
  7. kalau warna kulit sama mungkin jarang hal ini dibangkitkan...

    BalasHapus
  8. Rasis itu waktu ada bule dapet orang Indonesia yang item atau gendut, langsung dikasihanin.

    BalasHapus
  9. rasis itu ketikaa... hemm.. ketika apa yaa? (gak dapet ide, hehehe)

    btw, ini tampilan blog mba indy baru yaa?

    BalasHapus
  10. Rasis itu kalo ada orang ngatain saya 'cina' gara2 kulit saya putih (dulu sih) dan matanya sipit. Padahal saya jawa tulen. hiks. ( <- Kalimat kalimat ini juga tergolong rasis sih, wkwk)

    BalasHapus

Terima kasih untuk komentarnya, it's really nice to hear from you :)