Sabtu, 09 Desember 2017

Menang Tantangan Bulan Scoliosis Awareness? Terus untuk Apa? :O

Halo, apa kabar teman-teman? Aku sudah kembali, nih. Eh, lebih tepatnya blogku yang sudah kembali, ---akunya sih nggak ke mana-mana, hihihi. Nggak nyangka ternyata saat sedang masa perbaikan, blogku yang seadanya ini banyak juga yang mencari :D Terima kasih ya sudah menyempatkan mampir ke sini. Aku tadinya nggak mau lama-lama vakum, tapi rupanya banyak juga yang harus dibenahi. Nah, untuk post perdanaku setelah 3 bulan, aku bakal share yang ringan-ringan dulu saja, deh. Kebetulan di saat aku vakum itu bertepatan dengan bulan scoliosis awareness di US, jadi aku akan bercerita tentang pengalaman mengikuti lomba dalam rangka memperingati hari tersebut :)

Eh, ngomong-ngomong masih pada ingat nggak sih tentang scoliosis? Kalau lupa aku ingatkan lagi secara singkat ya. Scoliosis itu adalah kondisi pada rangka tubuh yang berupa kelengkungan tulang belakang. Aku sendiri adalah salah satu pengidapnya, terdeteksi pada usia 13 tahun dan masih tetap terapi sampai sekarang. Karena scoliosis itu bukan penyakit (ingat ya, istilahnya "kondisi"), jadi tentu saja nggak ada obatnya. Tapi bisa dikoreksi alias bisa dilakukan beberapa cara untuk mencegah dan mengurangi kelengkungan tulang belakang pengidapnya. Misalnya saja dengan cara fisioterapi, bracing (peyangga) atau operasi. Meski pengidapnya banyak, tapi kesadaran orang tentang kondisi ini masih cenderung minim. Itulah kenapa dibuat yang namanya bulan scoliosis awareness. Tujuannya untuk meningkatkan kepedulian dan mengedukasi masyarakat tentang scoliosis. Cara memperingatinya macam-macam. Ada yang memberikan penyuluhan, screening scoliosis gratis, atau malah membuat "tantangan" seperti yang dilakukan oleh "National Scoliosis Center".

Mungkin banyak diantara kalian yang belum tahu apa itu "National Scoliosis Center" karena lokasinya berada di Amerika sana. Aku juga baru tahu, kok, dan itu pun tanpa sengaja, hihihi. Jadi NSC ini adalah pusat terpadu yang berfokus pada pada perawatan dan terapi non bedah untuk pengidap scoliosis dan pengidap kondisi (kelainan) tulang belakang lainnya. Kebetulan aku memfollow akun "Scoliosis Children's Foundation" dan dari sanalah aku mendapat informasi tentang challenge yang mereka adakan. Setelah membaca aturan tantangannya, aku langsung tertarik untuk ikut! Aku suka dengan tujuan mereka yang sederhana tapi efektif. Aku tinggal berfoto dengan outfit berwarna hijau dengan caption yang menarik. Kenapa warna hijau? Karena hijau (biasanya pita hijau) adalah simbol dari scoliosis, sebagai lambang dari kepedulian dan dukungan. Dengan kita memakai warna hijau di bulan Juni, otomatis kita diingatkan bahwa scoliosis itu memang ada. Dan karena kita menguploadnya di instagram, semakin banyak pula yang melihat dan secara nggak langsung kita ikut mengedukasi netizen melalui caption yang ditulis. 

Seperti biasa, aku sih nggak terlalu berharap untuk menang. Yang terpenting do my best. Dan aku juga mengajak followers ku untuk ikutan. Surprisingly, ternyata lumayan banyak juga yang tertarik. Dan aku terharu karena beberapa dari mereka bahkan bukan scolioser. Mereka melakukannya karena solidaritas dan rasa peduli! Aww... :') Waktu tahu kalau pesertanya banyak (dan worldwide pula!) aku merasa senang alih-alih merasa tersaingi. Karena dengan semakin banyak yang ikut artinya akan semakin cepat pula tercapainya tujuan dari challenge ini. Salut dengan para peserta yang kreatif. Bahkan ada juga lho yang mengajak teman satu gang nya untuk berfoto bersama dengan baju hijau. Aku jadi merasa kurang kreatif karena hanya berfoto selfie di depan cermin di sela-sela waktu bekerja. Itu pun pakai handphone milik temanku, alias dapat pinjam, hehehe. Ups :p


Kira-kira satu minggu kemudian aku mendapatkan pesan dari ID yang nggak kukenal, ---yang secara otomatis masuk ke dalam kotak spam. Meski aku memprioritaskan untuk membuka pesan dari orang-orang yang "dikenal", tapi aku tetap membuka kotak spam meskipun agak terlambat. Rupanya pesan itu datang dari "National Scoliosis Center". Aku langsung dag-dig-dug nggak jelas, soalnya kalau sampai menang rasanya kok too good to be true, hehehe. Begitu pesannya terbuka aku membacanya berkali-kali dulu sebelum mengklik tombol "accept". Nggak yakin! Tapi setelah dibaca 10 kali pun pesannya nggak berubah! Aku menjadi salah satu pemenang dari Scoliosis Awareness Challenge!:D Dan yang lebih surprisenya lagi aku ternyata menjadi pemenang utama. Iya, pemenang utama karena postku dianggap paling engaging alias paling banyak mendapat respon! Waaaa... Aku sampai captured ucapan selamatnya dan langsung kutunjukan pada temanku, lol. 


Satu bulan berlalu, aku akhirnya menerima sebuah paket yang dikirim dari California, Amerika. Wah, jauh sekali ya :D Yup, hadiahku akhirnya datang! Isinya bikin aku happy plus terharu. Ada sebuah novel berjudul "Braced" yang ditandatangani langsung oleh Alyson Gerber, penulisnya dan juga sebuah postcard! "Braced" ini menceritakan tentang seorang remaja bermana Rachel Brooks yang sedang semangat-semangatnya bergabung dengan tim sepak bola di sekolah. Namun semangatnya itu terpaksa harus ditahan karena ia didiagnosis mengidap scoliosis yang mengharuskannya memakai brace (penyangga tulang belakang) selama 23 jam per hari. ---Sounds familiar? Iya, memang mirip sekali dengan kisahku yang dibukukan dengan judul "Waktu Aku sama Mika" dan difilimkan dengan judul "Mika". Tapi apa yang dialami Rachel dan aku memang bukan sesuatu yang "jarang", kok. Meski nggak semuanya mengalami tantangan yang sama, menurut penelitian 3 dari 100 perempuan diperkirakan memiliki scoliosis, lho. Termasuk sang penulis novel sendiri! :) 


Membaca kisah Rachel rasanya sangat relatable. Bahkan ada beberapa bagian dari karakter Rachel yang aku yakin akan membuat non-scolioser pun berceletuk "Oh, I feel you" ketika membacanya. Because teenagers always be teenagers, ---bagaimana pun bentuk tulang belakangnya. Buatku novel "Braced" ini salah satu bukti kalau untuk meningkatkan awareness soal scoliosis nggak perlu ribet dan nggak perlu menyeramkan. Buat "kampanye" sesederhana mungkin, tapi tepat sasaran. Dan itu juga bisa dilakukan oleh siapa saja selama mempunyai rasa peduli. Punya kemampuan menulis? Buatlah tulisan tentang scoliosis, misalnya dalam bentuk blog post, cerpen atau bahkan lirik lagu. Punya usaha sablon? Kenapa nggak bikin kaus dengan desain yang menarik dan membuat orang ingin tahu lebih banyak tentang scoliosis. Daaaaan masih banyak lagi contoh lainnya. Bahkan as simple as memposting foto di Instagram pun bisa menjadi salah satu bentuk kampanye, lho.

Jadi maukah teman-teman melangkah denganku untuk meningkatkan scoliosis awareness? Every step counts! :)

xx,

Indi


_______________________________________________
Facebook: here | Twitter: here | Instagram: here | YouTube: here | Contact: namaku_indikecil@yahoo.com

36 komentar:

  1. Halo Tante Indi
    suatu saat nanti Dija pingin kayak tante indi
    bisa menginspirasi banyak orang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Dija! Dija kan memang sudah menginspirasi banyak orang sejak lahir. Salam buat Tante Elsa, ya :)

      Hapus
  2. Saya mau, biar lebih tahu apa itu scoliosis.
    Selamat ya sudah dapat hadiah buku, tapi itu bukunya bahasa indonesia kah? Jika bahasa ingris nyerah deh :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih. Bahasa Inggris bukunya, tapi gak apa-apa kan bisa sambil belajar :)

      Hapus
  3. waaah sy belajar banyak mampir kesini, semangat ya buat terapinya.. semoga ada harapan buat sembuh,
    btw
    blognya inspiratif sekali, dr tahun 2010 hebat bs konsisten smpe sekarang, salam kenal mba indi..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waaah, dibikinnya sih memang dari tahun 2010 tapi nulisnya jarang-jarang, hihihi. Salam kenal kembali :)

      Hapus
  4. WELCOME!.. n salam kenal juga. saya malah baru 5 hari belajar ngeblog..^^

    BalasHapus
  5. Wah rupanya blog kak indi beberapa lama mati suri ya? Hehe. Kalo gitu welcome deh kak. Semoga nulis blognya makin rutin. Anyway, selamat yah kak udah jadi pemenang di National Scoliosis Center. Kereeen banget kak. Inspiratif. Sukses trus yah kak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaa, ada hal-hal yang harus aku perbaiki jadi break dulu. Terima kasih, ya :)

      Hapus
  6. Saya baru tau tentang scoliosis, dari postingan nya mbak indi
    saya jadi penasaran dan ingin lebih tau banyak tentang scoliosis dan mungkin saya mau ikutan kampanye, karena saya suka gambar mungkin bisa saya buat lewat ilustrasi aja

    oh ya selamat mbak indi sudah dapet juara dan hadiahnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, itu ide bagus sekali! Atau kamu bisa kamu bisa bikin get well soon dan diberikan ke teman-teman yang habis operasi. Mereka pasti senang menerima artwork dari kamu. Terima kasih, ya :)

      Hapus
    2. Lama banget gak berkunjung ke blog mbak Indi nih ternyata sekalinya berkunjung dapat bacaan yg membahagiakan. Aku sekalian follow blognya ya biar ga ketinggalan postingan, sekalian biar Mbak indi ga mati suri nulisnya :p. Ah iya, buku "waktu aku sama Mikha" yg bertandatangan Mbak Indi pas ada talkshow di Gramed Depok masih sering dipinjem temen2ku bergilir lho. Keep sharing and writing ya :*

      Hapus
    3. Hihihi, terima kasih ya, itu bikin aku makin semangat ngeblog :D Wah, masa, itu kah 4 tahun yang lalu :O Tunggu novel baru aku ya, akan keluar sebentar lagi :)

      Hapus
  7. Oh, jadi sempet vakum, ya? Saya emang udah lama banget nggak main ke sini. Haha.

    Selamat ya, Indi~ Oh, kalau ini kampanyenya pakai warna hijau, ya? Yang paling sering saya temuin kampanye pita hitam. Cuma lupa apa aja. XD

    Yap, kadang hal-hal sesimpel itu emang bisa jadi dukungan. Post IG, ngetwit, atau seperti mengganti avatar pita kuning seharian untuk kampanye pengobatan kanker beberapa tahun lalu. Kebaikan memang bisa dimulai dari hal-hal kecil. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pita hitam duka itu untuk berkabung. Yup,kebaikan bisa dimulai dari hal dekat dan sederhana :)

      Hapus
  8. Selamat yah. oia, aku nonton america next top model yang seasson terakhir ada salah satu peserta yang skoliosis, tapi tmsk salah satu peserta yang fotonya nyaris gak pernah jelek.

    BalasHapus
  9. Ah ada kabar baik dari blogmu ketika berkunjung pertama kali kesini. Selamat ya!

    Bangga Indi bisa jadi pemenang utama dari Indonesia :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih ya. Wah, semoga betah mampir di sini, hihihi :)

      Hapus
  10. Indiiiiii, kisahmu slalu inspiratif. Terharu aku bacanya. Selamat ya sdh jadi pemenang utama. Btw, kita sama, aku juga sdh lama vakum di blog, sekarang baru bangkit lagi, hihiihih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, sama-sama baru vakum ya ternyata kita, hihihihi. Selamat datang untuk kita ;)

      Hapus
  11. baru tau sempet vakum karena jarang main ke sini. *eh maap Kak*
    pertama kali kenal dan tau apa itu scoliosis itu dari blog ini. dan semoga bisa terus memberikan awarness tentang scoliosis

    selamat, Kak, menang. terus mengispirasi

    BalasHapus
  12. Congratulations Miss!
    Waaaa aku ikut senang atas kemenangan kak Indi. You deserve it!

    BalasHapus
  13. Selamat yaaa..ikut seneeeng ^^
    Semangat kembali lagi ke blog :)

    BalasHapus
  14. Saya baru tahu nih Mba Kelainan tulang ini....Semoga Mba Indi terus berbagi sehingga bisa ikut mensosialisasikan kelainan ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih ya, semoga kita semua bisa saling berbagi ilmu positif lewat blogging :)

      Hapus
  15. Saya tahu scoliosis dari membaca blog ini Indi. Sangat menambah pengetahuan dan jadi tahu bagaimana cara penanganannya, misalnya harus menggunakan penyangga dsn terapi lainnya.

    Selamat atas kemenanganya dan saya mendukung 100% :).

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, senang sekali kalau tulisanku bisa menambah pengetahuan. Terima kasih ya :)

      Hapus
  16. Hai Indi, perempuan cantik yang banyak berbagi ttg Scoliosis. Lama nggak mampir ke sini dan baca cerita Indi. Wah keren ya bukunya dikirim langsung dari Amrik, dari penulisnya langsung pula. Iya ada banyak cara untuk kita mengkampanyekan ttg Scoliosis, salah satunya lewat IG. Moga Indi sehat2 terus ya dan terus berkarya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya betul, bisa lewat IG, blog, FB atau lainnya. Amen, sehat untukmu juga ya :)

      Hapus

Terima kasih untuk komentarnya, it's really nice to hear from you :)