Teman-teman yang menyukai "Dunia Kecil Indi"

Selasa, 05 Juni 2012

Birthday Party for Farewell.

Menyampaikan kabar buruk itu sangat sulit. Terlebih jika menyampaikannya pada anak-anak...

Cerita ini dimulai dengan sebuah kabar baik, gue diterima bekerja di sebuah sekolah bilingual yang diadaptasi dari kurikulum UK setelah sebelumnya mengalami masa trial (percobaan) selama 2 hari. Jujur saja, waktu interview gue nggak berharap banyak, soalnya lowongan di sekolah ini sudah ditutup sejak 2 minggu sebelumnya, dan hati gue juga sudah ter-set untuk iklas, "kalau masuk syukur, kalau nggak berarti belum rejeki". Makanya, waktu gue dihubungi beberapa hari kemudian, senangnya bukan main. Gue langsung menyiapkan segala perlengkapan untuk hari pertama masuk kerja dan menghubungi kepala sekolah tempat dimana gue mengajar sebelumnya. Semuanya baik-baik saja sampai gue ingat belum berpamitan dengan murid-murid gue di sekolah lama...

Mengajar di sebuah TK modern dengan 28 murid adalah pengalaman pertama gue bekerja di jalur "formal". Setelah sebelumnya gue berkutat di balik komputer, mengirimkannya kepada penerbit via email dan mendesain pakaian di rumah lalu mengirimkan hasilnya via jasa pengiriman kepada costumer, akhirnya gue benar-benar menghadapi orang lain secara langsung. Bertatap muka, bersentuhan dan berbincang.
Menjadi guru adalah pekerjaan ideal untuk gue karena nggak membutuhkan waktu seharian dan sifatnya yang terus berkembang. Menyenangkan rasanya bisa bekerja sambil menambah wawasan. Selain itu, I love children for sure. Gue sangat menikmati untuk bersama mereka, dan sejak remaja gue tahu terikat dengan mereka adalah bukan hal yang begitu "sulit".
Itulah yang gue alami dengan murid-murid di sekolah lama. Selama (kurang-lebih) 2 bulan mengajar mereka menjadi sangat terikat dengan gue. Setiap pergi ke sekolah rasanya begitu menyenangkan karena tahu ada yang menunggu gue di sana. Di kelas rasanya begitu hangat karena mereka ingin bergantian dipangku, dan ketika jam istirahat anak-anak perempuan sibuk mengantri untuk di cat kukunya. "Ingin seperti Miss. Indi", begitu katanya :)

Treat for the kids :)

Dan sekarang gue harus menyampaikan pada mereka bahwa gue nggak akan mengajar lagi di sana? Itu adalah hal yang paling menakutkan sedunia! Apalagi waktu gue datang ke sekolah untuk berpamitan setelah 2 minggu nggak mengajar dan disambut oleh wajah-wajah manis mereka, semakin menciutlah nyali gue... Mereka berebut memberikan pertanyaan ketika melihat gue, dan semuanya sangat sulit dijawab. "Miss, kemana saja lama nggak ke sini?", "Miss, nanti nggak akan pergi-pergi lagi, kan?". It's really break my heart...
Jangankan untuk menjawab mereka, untuk mengumpulkan keberanian datang ke sekolah ini saja sudah cukup sulit. Gue mencari-cari alasan untuk mengadakan pesta kecil bersama mereka, jangan sampai mereka tahu bahwa ini adalah farewell party. Akhirnya, satu malam sebelumnya gue menghubungi kepala sekolah dan meminta izin untuk mengadakan pesta ulang tahun di sana. Iya, pesta ulang tahun "fiktif" karena ulang tahun gue sebenarnya jatuh di tanggal 8 nanti...

Gue bergantian masuk ke kelas A, B dan playgroup untuk menyampaikan bahwa gue berulang tahun dan anak-anak bisa bersenang-senang sampai waktunya pulang. Beruntung sekali, Bu Neni, sang kepala sekolah sangat baik dengan mengizinkan mentiadakan pelajaran untuk hari ini.
Gue mendapatkan banyak ucapan selamat dari anak-anak, juga banyak pelukan dan ciuman tentu saja. Termasuk dari anak laki-laki karena mereka biasanya sedikit canggung. Bahkan Fachri, seorang anak dari kelas B meminta agar keningnya dicium sampai meninggalkan bekas lipstik, hahaha (sayangnya nggak berhasil karena gue cuma memakai lipgloss).

Bersama anak-anak kelas A :)
Anak-anak kelas B. Rio (paling depan, memegang pensil) itu pahlawan kecil. Dia selalu membela gue disetiap kesempatan! :)
Anak-anak playgroup sedang bermain cat :)


Di hari yang sama Andra ternyata berulang tahun! :)

Gue benar-benar bersenang-senang dengan mereka. Rambut gue sampai kusut dan gue nggak peduli jika itu terlihat di foto. Kue yang gue bawa pun dalam hitungan menit sudah penuh dengan bekas jari anak-anak. Siapa yang memulai? Tentu saja gue :) Gue mengolesi hidung beberapa anak dengan krim putih dan berakhir dengan belasan anak yang mengantri. Karena pesta ini baru diputuskan di saat-saat terakhir, hanya 1 malam sebelumnya, jadi gue hanya bisa membawa kue tart, muffin dan susu untuk mereka, itupun setelah berkeliling mall selama 3 jam karena susah sekali mencari tart yang sudah jadi. Sederhana, tapi gue lega karena mereka suka.
Anak-anak memperlakukan gue dengan sangat istimewa, entah ini adalah kado untuk "ulang tahun" atau mereka tahu bahwa gue akan pergi. Anak-anak perempuan meminta gue untuk naik ke ayunan dan beberapa anak laki-laki mendorong dari belakang. Moment yang sangat manis sekali, Resika, seorang anak dari TK B nggak bisa berhenti mengambil foto gue. Malik, seorang anak dari TK A ingin duduk di samping gue di ayunan dan bercerita banyak hal sambil merangkul gue. Gue bahkan mendapatkan "kado" dari 2 orang anak, Damara memberikan 1 kotak Frutea dan Rifki memberikan 1 batang lolipop. Jangan bertanya tentang bagaimana kondisi minuman dan permen itu ketika diberikan pada gue. Bayangkan saja itu sudah ada di saku mereka selama seharian, hehehe. Meski begitu gue sangat senang menerimanya :)


My messy hair and beautiful Feby :)

Waktu acara tiup lilin banyak liur anak-anak yang muncrat ke muka gue, hahaha :D
Showing the cake :)
Rio melarang Regi yang ingin ikut memegang pisau. Meski gue mengizinkan Regi membantu, Rio terus bilang, "No!!!", hahaha :)
Susu dan muffin untuk Damara :)

Wah, susunya langsung diminum, hihihi...
Playground
My little "Cherrybelle": Apta, Wylla, Resika :)
Goofing around with Handsome Malik and pretty Jessica :)

Wylla!
My little photographer: Resika, atau biasa menyebut dirinya "neng" :)

Sudah hampir waktunya pulang dan gue masih belum memberitahu mereka tentang kabar buruknya. Gue nggak ingin membohongi mereka, tentu saja, tapi juga nggak ingin mengecewakan mereka. Secara tersirat gue berusaha memberitahukan mereka bahwa gue nggak bisa mengajar mereka lagi. Tissa, seorang anak dari kelas B bertanya kapan gue akan datang lagi karena ia akan memberi gue kado. Dengan berat hati gue menjawab bahwa gue belum tahu kapan akan berkunjung lagi (iya, berkunjung, bukan mengajar), tapi pasti akan mengusahakan. Entahlah apa mereka mengerti, tapi sepertinya mereka bisa merasakan. Tissa dan Resika nggak putus asa mendesak gue supaya menjawab "iya, besok Miss datang", tapi tentu saja gue nggak bisa... Anak-anak yang cerdas, dan itu membuat gue meneteskan air mata waktu gue masuk ke dalam mobil untuk pulang.

Gue benar-benar menangis ketika di dalam mobil. Fachri, Tissa dan Apta berteriak-teriak memanggil gue sambil 'membujuk' soal kado. Gue membuka jendela dan mencoba membuat "funny face". Entah bagaimana gue terlihat, tapi gue harap itu berhasil, hehe...
Perpisahan memang selalu berat, tapi gue harus selalu siap. Gue sekarang bekerja di tempat yang baru dan suatu hari pasti akan mengalami saat-saat seperti ini lagi. Ada anak yang keluar sekolah, pesta kelulusan... Nggak bisa dihindari. Tapi gue berjanji pada diri sendiri, meskipun perpisahan itu selalu ada, gue akan menikmati setiap pertemuan pada setiap menitnya, setiap harinya, agar gue nggak akan pernah mengucapkan selamat tinggal pada moment-moment berharga yang dialami sebelum perpisahan itu terjadi :)
So, good bye, kids. Jadilah anak-anak yang baik dan selalu bangga menjadi diri sendiri. Miss Indi sayang kalian. Selalu...

hugs,

Indi

___________________________
Contact Me? Here and Here.
My Shop?Here.
Sponsorship? Here.

44 komentar:

  1. selamat menjadi guru, mbak Indi,, :)

    BalasHapus
  2. pengen jadi guru yang lucu yang kak indi :*

    BalasHapus
  3. wah,fotonya bagus"
    :D

    http://mulanranagradis.blogspot.com/

    BalasHapus
  4. wah,,,kaya'a seru ya main sama anak-anak di taman kanak-kanak :) jadi pgn TK lagi..hihihihi...

    BalasHapus
  5. aaaaaah kakakT-T aku jadi ingat waktu jadi guru di acara gereja gitu. Ada anak nakal tapi baikkkk banget, ga ga dia ga nakal. Tapi hyperaktif (sama kyk aku). Kan ada creactive project buat bingkai. Dia manis bgt. Dengan tampang cuek dia ngasih hasil karya dia (karnya bingkai) yg ga bisa dipake jadi bingkai poto. Aku suruh dia bawa pulang. Soalnya itu kan karyanya. Tapi dia ngotot, jadi aku blg makasih. Trus pas pulang, ada briffing bentar. Itu karyanya kutinggal bentar.Eh pas aku kelar briffing itu bingkai udah hilang. Pas besoknya aku cerita sama dia ttg itu, dia kelihatan kecewa bgt. Penyesalan terbesar ku ituT-T

    xoxo
    Eka Theresia♥

    BalasHapus
  6. Jumat kmrn jg hari terakhir aku mengajar anak2. Semester depan akan sangat merindukan kemanjaan n keceriwisan mereka :(

    BalasHapus
  7. pasti seru acara bareng anak-anak begitu. mana lucu-lucu lagi :)

    BalasHapus
  8. uh .. emang agak berat ya kak .. apalagi kalo kita udah sayang sama anak2 itu .. demikian juga sebaliknya ..

    yah, sekali-kali berkunjung kesana lagi aja kak , sekalian terima kado dari Fachri, Tissa dan Apta ..

    semangat kak .. !

    lo unyu banget ka di poto, entah kenapa gue mikir lo cocok jadi anggota cherry belle yang baru .. hehe*lupakan

    BalasHapus
  9. Pengalaman mendidik anak memang selalu memperkaya baik pengalaman dan jiwa.

    Semoga buku-buku Mbak Indi berikutnya adalah yang mengenai diari saat Mbak Indi mengajar anak-anak. Catatab ala Torey Hayden versi yang lebih bright dan kawaii gitu. Hehehe

    Terimakasih sudah berkunjung di blog (Dari yang sudah tidak Lelah Jiwa lagi)

    =)

    BalasHapus
  10. itu lidahnya malik berwarna gitu knapa ya?

    BalasHapus
  11. Great post: I like these pictures so much!!Sounds like so much fun!
    What about following each other? Cosa mi metto???
    Win a pair of sparkling earrings from Velanch

    BalasHapus
  12. share motivational words buddy It easily can be difficult if the first who is said diipikirkan HARD. Rest assured that we have the ability and strength. Greetings and may be useful: D

    BalasHapus
  13. baca ceritanya ka indi ikutan sedih :( nggk tega ngeliat ekspresi muka mereka yg lucu jadi sedih ..
    semangaaaaat yaaa :'D

    BalasHapus
  14. happy early birthday & happy real anniversary too, hon :D
    may GOD alwass be with you & us . AMEN

    <3<3<3
    hugLUV

    BalasHapus
  15. mengarukan banget inii :')

    memang ya miss, perpisahan untuk kebaikan itu selalu bikin terharu.
    antara sedih dan bahagia.

    semangat terus miss!

    *eh ini kok aku jd ikut2an manggil miss?*

    hihihi

    BalasHapus
  16. Mbak Indi, itu tasnya anak2 Angry Birds semua... itu mbak yang belikan?

    BalasHapus
  17. Cute dress, cute kiddies & yuumy-looking treats! Looks like a perfect day!

    BalasHapus
  18. happy bday kakak :)
    sweet banget yaa anak-anaknya. pantes berat buat pisah sama mereka :)
    kakak g akan pernah ilang di hati mereka.
    hehe :D

    BalasHapus
  19. thx for the comment :)
    lovely kids and cute outfit :D

    http://brigittamonique.blogspot.com/

    BalasHapus
  20. thx for the comment :)
    lovely kids and cute outfit :D

    http://brigittamonique.blogspot.com/

    BalasHapus
  21. super cute kids, and cute cakes! Looks like a lot of fun! I like your dress!

    BalasHapus
  22. Nggak tau nie yang anak anak mana yang mbak nya mana.
    abisnya so kiut banget sih mbak nya.

    Lama nggak kesini masih kiut aq.

    Abis ma anak2 TK jadi merasa muda nie critanya?

    BalasHapus
  23. oh y, tanggal 8 ultah nih Kak Indi
    HB ya kak ..
    Semoga tambah sukses dan diberkati Tuhan
    Amin

    BalasHapus
  24. @ ASIMETRIS: thank you :)

    @ RINI: ayo, ayo jadi guru. seru, lho, hihihi:)

    @ MULAN: thanks :)

    @ AMMIE: selalu seru, aku enjoy dengan pekerjaan ini :)

    @ EKA: hihi, iya memang bikin merasa bersalah ya kalau dikasih sesuatu sama mereka terus kita gak bs menjaganya :')

    @ RIAN: seru dan mengharukan tentunya... :')

    @ EY: iya, pas tgl 8 kepala sekolahnya mampir ke rumah aku, dia bilang aku sesekali harus mampir lg ke sana, seenggaknya sampai kelulusan, supaya mereka gak "bingung", hiks... :') hahaha, itu yang anak2 TK bilang, makanya mendadak ada demam ceribel gitu di sana, liat aja gaya2 foto apta, dkk. padahal, haduh, jauh banget sama ceribel :D

    @ MIZUKI:hihihi, makasih komentarnya. jauh banget aku sama torey hayden, tapi amen, ya... :) sama2, terima kasih juga sudah mampir :)

    @ LIDYA: dia makan permen, mbak. makanya dia tunjukin gitu, hihihi :)

    @ FABRIZIA:thank you very much :)

    @ TRICA: thanks for the words :)

    @ CITRA: iya, memang mengharukan sekali berpisah dengan mereka. makasih, yaa :)

    @ RAY: thanks, mas. amen for the prayer :D <3 <3 hugLuv

    @ AUL: iya, aul, masih terasa nih sedihnya sampai sekarang... hahaha, mau jadi anak TK lagi ya kangen bu gurunya? :)

    @ ANGIE: bukan, itu sisa goody bag, ada anak2 yg gak masuk jadi disimpan dulu di sana :)

    @ SARA: thanks, sara. it's perfect actually, without the farewell :')

    @ DHANNII: makasih, ya. mudah2an aja anak2 dan aku gak ada yang saling lupain :)

    @ BRIGITTA: thank you :)

    @ MIKELLE: thank you very much :)

    @ MOHAMMAD: yang anak2 yg pake seragam, lah, hahaha. gak merasa muda, aku memang masih muda. i'm only 26, remember? ;)

    @ EY: iya, ultahnya baru kemaren, hehehe. amen... makasih doanya, ya :)

    BalasHapus
  25. iya bener tuh, mampir lg ke sana kak.. biar mereka bisa masuk SD dengan tenang .. wkk

    gue sepakat kak lagian sama anak-anak itu .. :P
    kenapa gak coba masuk cherry belle aja ..
    hahahahaiii

    oh ya, kemaren ultah ke 20 ya kak ? :P

    BalasHapus
  26. cba kalo pke baju birutua, roknya kuning, trz pke bando pita merah, pasti dipanggil Miss Snow White.. hehe :D

    BalasHapus
  27. So much Fun with the children <33

    http://cindytanuwijaya.blogspot.com

    BalasHapus
  28. look at their innocent eyes,hon,never been easy to leave them,but you should.you're supercute&the kids were awesome.happy anniversary,hon,best prayers :)
    <3<3<3
    hugLUV

    BalasHapus
  29. selamat jadi "the real teacher" yaa kak indi :)

    BalasHapus
  30. Berbagi kata-kata motivasi gan
    Senyumlah, tinggalkan sedihmu. Bahagialah, lupakan takutmu. Sakit yg kamu rasa, tak setara dengan bahagia yg akan kamu dapat.
    Air mata tak selalu menunjukkan kesedihan, terkadang karena kita tertawa bahagia bersama sahabat terbaik kita.
    semoga bermanfaat dan dapat di terima ya, salam kenal sukses selalu dan ku tunggu kunjungan baliknya ya :D

    BalasHapus
  31. @ EY: hehehe, iya mauuu :) ngaco, ah! umurnya udah ketuaan :p iya, yg ke 10 plus 6 :p

    @ VENATIC: hihihi, kebagusan snow white mah :D

    @ CINDY: it is :)

    @ RAY: iya, emang susah tapi harus, mas. tiap hari kangennya nambah :') makasih, mas :)) <3 <3 hugLuv

    @ DHEYA: thank you :) *emang yang kemarin aku jadi teacher hohongan, ya? :p *

    @ TRICA: thank you. nanti aku kunjungi, ya :)

    BalasHapus
  32. saya kok ikut terharu bacanya ya Ndi? apalg kamu saat itu!
    Selamat, udah resmi jadi guru!

    BalasHapus
  33. yang ke-10 + 6 ?? 16 tahun dong kak ..
    hehehe

    :P

    BalasHapus
  34. yang ke-10 + 6 ?? 16 tahun dong kak ..
    hehehe

    :P

    BalasHapus
  35. Aw - such adorable children and sweet photos! You look pretty in pink Indi:) Looks and sound like a wonderfully delicious way to celebrate!! xx Marisa

    BalasHapus
  36. @ POPI: hehehe, iya mbak memang mengharukan saat itu. makasih, ya :)

    @ EY: oh, iya salah, harusnya 20+6, hahaha :D

    @ MARISA: thanks, marisa :) xx.

    BalasHapus
  37. Pasti kamu akan jadi guru yang nggak terlupakan bagi mereka, Ndi :') *ikut terharu bacanya*

    BalasHapus
  38. Sumpah lucuuuu banget mereka itu :) Seneng yah kak jadi guru TK, bisa ketemu anak-anak tiap hari hehehe ^^

    Join my birthday giveaway, open internationally, win pretty mini dress or magnificent outwear! Click here \(^o^)/
    Cheers,
    Karina Dinda R. ♥
    BLOG | TWITTER | SHOP

    BalasHapus
  39. @ DELLA: amen, ya mbak :)

    @ KARINA: iya, lucu banget mereka. memang menyenangkan, karina. pekerjaan melelahkan yang selalu bikin senyum :)

    BalasHapus
  40. Indi, makasih ya sudah mampir ke blogku.
    aku dulu pernah main kemari tapi udah lamaaaa banget kayaknya ga pernah sowan ke blognya Indi lagi.

    Kebetulan aku jg seorang Guru. Jadi kurang lebihnya tau perasaan kehilanganmu seperti apa saat harus meninggalkan tpt kerja yg lama (selain di sekolah, dulu aku jg ngajar di tpt kursus) atau saat anak2ku lulus SMA dr sekolahku mengajar.

    senangnya adalah, anak2 di tpt kursus yg rata2 masih SD dan SMP, lalu bbrp orang melanjutkan ke SMA tpt aku ngajar skrg. seneng deh bs ketemu ama ex murid2ku lagi.

    wah komennya kepanjangan, hehehe, maap jadinya curcol :D

    BalasHapus
  41. @ NDUTYKE: sama2 :) wah, beruntungnya bisa ketemu mereka lagi. aku juga minat les'in anak2, mudah2an aja mantan muridku ada yang les di tempatku kelak :')

    BalasHapus
  42. duh jadi sdih gue,
    tapi ada have funnya juga and pelajaran yg bnyak di petik dari posti ,
    u chuy,


    keep spirit aja deh,

    jngan lupa follback ,
    and brkunjung ke rumah sderhana gue yah,
    komen juga,
    okay,
    sukses ya buat lu,

    BalasHapus
  43. @ DELIA: makasih, ya, senang kalau kamu bisa dapat sesuatu :) nanti aku ke blog'mu.

    BalasHapus
  44. HAHAHAHHAA cherrybelle nya lucu banget!!!

    BalasHapus

Terima kasih untuk komentarnya, it's really nice to hear from you :)