Selasa, 19 Februari 2019

AADM: Ada Apa dengan Mangkuk Ayam?



Huaaaa, untung nggak lupa password, saudara-saudara! Hahaha :'D Jadi gini ceritanya, kemarin laptopku ini dipinjam dari mulai ipar sampai Ibu sama Bapak. Dan mereka itu logout semua media sosialku, termasuk blog. Alasannya kenapa? Nggak tahu, iparku udah balik sekarang dan ortuku lagi pacaran, nggak bisa diganggu buat ditanyain alasannya, lol. Kebiasaan burukku sih, nggak pernah off dan nggak pernah ingat atau catat password. Jadi begitu online di tempat lain, atau seperti sekarang ada yang pinjam laptop, aku pasti kelimpungan. Ya sudah, belajar dari kesalahan. Mulai malam ini aku menghapal password dan nggak usah bikin yang ribet-ribet amat yang penting aman :p 
Aku kepengen banget nulis sejak minggu lalu, ada beberapa ide tapi bingung harus pilih yang mana duluan. Kalau orang normal mungkin nggak banyak omong langsung saja nulis, ya :p Tapi aku malah suka nggak konsen kalau kebanyakan ide, otak jadi nggak fokus. Makanya aku lebih pilih sampai euforia di kepalaku selesai dan tulis apa saja yang tertinggal paling akhir. 

Sekarang aku memilih untuk menulis yang paling ringan. Kenapa? Karena selain sedang "riweuh", aku juga sedang nggak enak badan. Kelopak mataku bengkak seperti hampir meletus (---emang balon hijau, lol). Kalau menulis yang serius-serius nanti baper, terus nangis dan mataku makin parah, hahaha. Ini tentang hal yang random banget sih, tapi aku rasa seru kalau dibahas. Yaitu tentang mangkuk gambar ayam jago! Iya, itu lho mangkuk yang sering dipakai abang-abang penjual mie ayam, atau bakso dan sebangsanya. Aku jadi penasaran berat setelah lihat Joe Jonas beberapa tahun lalu pakai jaket karya desainer Indonesia (Sherly Hartono) yang bergambar mangkuk legendaris itu di Instagram. Kira-kira dari mana asalnya, ya? Banyak yang bilang itu asli Indonesia. Soalnya dari sejak zaman nenekku bocah juga sudah ada, apalagi di jaket JJ gambar mangkuk ayam jago disandingkan dengan petai dan mata uang rupiah, yang mana Indonesia banget. Tapi aku belum yakin, soalnya seingatku mangkuk yang sama pernah aku lihat di film-film Cina. Terus, aku juga penasaran kenapa gambarnya ayam? Apa karena identik dengan mie ayam? Kenapa nggak sapi saja ya, kan bakso terbuat dari daging sapi, hahaha. Dan pencarianku pun dimulai...

Jaket Mangkuk ayam karya Sherley Hartono

Narasumber pertamaku itu Bapak. Aku tanya sama beliau kenapa kalau beli mie di abang-abang mangkuknya selalu gambar ayam. Dan beliau jawab.... "Nggak tahu", saudara-saudara! :'D Sebagai narasumber terpaksa beliau aku coret karena sama sekali nggak membantu, hahaha. Well, at least dari sana aku jadi tahu kalau beliau ternyata shionya ayam jago :p Katanya sih, memang "dari sononya" kita pakai mangkuk ayam, dan ada pepatah kalau bangun kesiangan nanti rezeki dipatok ayam. Ah, bisa saja (---sotoy) bapakku ini, hahaha.
Teman-temanku juga sama cluelessnya, termasuk temanku yang berprofesi sebagai penjual mie ayam yang biasa nangkring di depan Yomart. Jadi kami ceritanya selalu bertegur sapa, padahal aku nggak pernah beli mienya juga secara aku vegan. Tapi pertemanan memang nggak mengenal perbedaan kan ya. ---Cieeeeh (apaan sih, lol). Akhirnya untuk pertama kalinya setelah bertahun-tahu saling sapa, aku beli juga mienya. Ya, maksudnya biar percakapan bisa lebih panjang gitu, soalnya biasanya sekedar tentang keadaan sekitar. Aku pesan 2 porsi mie ayam tanpa ayam dan pinjam mangkuk ayamnya. Nah lho, bingung kan dia, hahaha. Setelah aku perhatikan kok di samping ayam itu kaya ada bunganya ya, bukan sekedar tanaman ijo-ijo yang selama ini aku asumsikan sebagai sosin yang suka ada di mie ayam (sotoy aku...). Aku langsung tanya sama si abang yang biasa dipanggil Mas Gigi Besi itu, siapa tahu dia tahu filosofinya. Tapi katanya tiap mangkuk beda-beda, mirip tapi nggak selalu sama. Dan benar saja, dari 5 mangkuk yang menumpuk di gerobak 2 di antaranya ada merk micinnya.




Karena teman-teman nggak ada yang tahu (atau at least ngasih aku penjelasan yang agak nyambung), akhirnya aku tanya saja sama sahabat karib kental bagai kepompong kesayanganku. Siapa lagi kalau bukan... Google. Iya, iya ini sahabat kalian juga kan kalau lagi buntu :p Hasil dari pencarianku rupanya banyaaak banget, dan banyak di antaranya yang setengah-setengah alias nggak sampai beres. Tapi sebagai detektif yang baik aku akhirnya mengerti dan akan coba rangkai ceritanya di sini. Jadi kalau aku lupa bisa dibaca-baca lagi, siapa tahu keluar di soal ujian, hahaha.

Bukan dari Indonesia dan bukan juga gambar sosin -_-
Nah, benar firasatku ternyata. Meski aku Indi yang bukan anak indigo tapi aku bisa merasakan kalau Indonesia bukan tempat asal mangkuk ayam jago ini. Nggak pakai mistis-mistisan, alasanku logis saja karena di film-film kungfu pun mangkuk ini sering muncul. Dan benar, asalnya adalah dari negeri Cina. Di sana mangkuk ini dipanggil Jigongwan atau Jijiaowan, jika dilafalkan oleh orang-orang di Cina bagian selatan. Mangkuk ini sudah ada sejak zaman Dinasti Ming, di periode pemerintahan Kaisar Chenghua (1465-1487). Kala itu beliau memesan empat buah cawan dengan gambar ayam jago dan ayam betina ke pengrajin khusus kekaisaran di Propinsi Jiangxi. Setelah itu beliau kembali memesan cawan, tapi dengan gambar yang sedikit berbeda yaitu ayam jago, ayam betina dan anak ayam. Konon cawan ini sebagai tanda cinta untuk istrinya yang melambangkan kemakmuran. Aww, so sweet ya :)


Cawan itu disebut sabagai Jigangbei atau cawan ayam. Ji artinya ayam, yang pelafalannya mirip dengan Jia yang berarti rumah. Jadi seperti simbolis gitu, mangkuk dengan gambar ayam = rumah ayam. Got it, got it? :D (Emang jagoan dah orang zaman dulu bikin ginian). Yang merah-merah itu, yang aku pikir bunga ternyata gambar tanaman peoni yang melambangkan kekayaan. Dan yang aku pikir sosin itu ternyata pohon kelapa -_- Hahaha, maaf aku sotoy banget :'( Dipilihnya pohon kelapa juga bukan cuma asal match sama desain mangkuknya, lho. Daun pisang yang berdaun lebar ternyata melambangkan keberuntungan untuk keluarga. Keren ya? Dan Kaisar Wanli (memerintah tahun 1572-1620) juga Kaisar Kangxi (memerintah tahun 1661-1722) dari Dinasti Qing juga ternyata setuju lho sama aku (maaf sok akrab). Saking kerennya, mereka sangat suka dengan cawan tersebut dan berani mematok harga mahal untuk gambar ayam jago! Kaisar Qian Long (memerintah tahun 1735-1796) bahkan membuat puisi khusus yang memuja mangkuk ayam jago itu pada 1776.

Nah, pada masa dinasti Qing lah mangkuk ayam jago mulai diproduksi secara masal. Karena mangkuk bergambar naga dan phoenix harganya lebih mahal, maka masyarakat menengah ke bawah banyak menggunakan mangkuk ini. Selain itu ayam jago dilambangkan sebagai kerja keras untuk mencapai kemakmuran. Karena setiap pagi para petani selalu dibangunkan oleh kokok ayam jago! Sedaaaaap ;)

Kenapa bisa dipakai abang-abang mie ayam?
Sampai sekarang aku masih belum nemu gimana kronologis lengkapnya mangkuk ayam bisa sampai sini. Yang pasti sejak awal abad 20 mangkuk ini memang menyebar ke mana-mana, terutama ke negara-negara Asia Tenggara. Mungkin saja karena perantau ikut membawa mangkuk ayam jago dan filosofinya ikut menyebar jadi semakin banyak orang yang ikut menggandrungi (---aduh bahasanya, hahaha). Tentu saja seiring dengan moderenisasi desain mangkuk ini nggak selalu digambar dengan tangan, tapi kebanyakan sudah menggunakan mesin. Kebanyang dong tangan bisa gempor kalau satu-satu digambarin, hahaha. 

Yang beredar di Indonesia sendiri merupakan hak ciptanya PT. Lucky Indah Keramik. Jadi memang asli buatan sini, bukan dari dari Cina. Kata sahabatku sih (maksudnya Google, lol) perusahaan ini didirikan sejak tahun 1972. Jadi sebelum itu mungkin siapa saja bebas memproduksi mangkuk ayam jago. Tapi kalau sekarang sudah dilarang untuk menjual produk mangkuk termasuk piring, tatakan cangkir, tea set, dinner set, poci, cangkir, gelas, tutup cangkir, dan vase bunga dengan desain yang mereka sebut "cap ayam jago" itu. Karena termasuk ke pelanggaran hak cipta. Jadi meskipun desainnya menggiurkan, sebelum membeli baiknya kita hati-hati dulu dengan membaca labelnya. Dan distributor PT. Lucky Indah Keramik pun hanya satu lho, yaitu PT Kencana Makmur Mitra Abadi. 

Jadi begitulah kira-kira tentang asal usul mangkuk ayam, pembaca yang budiman. Ya... meski nggak terlalu detail tapi lumayan bisa mengurangi rasa penasaranku. (Dan semoga perasaan kalian juga jika kalian memang senang kepo dengan hal-hal berguna dan berfaedah, amin). Sebenarnya agak sayang sih kalau abang-abang penjual mie, bubur, atau soto sekarang nggak tahu apa makna di balik mangkuk mereka. Karena menurutku kalau saja mereka sampai tahu mungkin semangat berdagang mereka semakin membara. ---Selain semangat dari anak dan istri yang menunggu di rumah tentunya :D Dan entah itu filosofi soal ayam jago dari bapakku yang ngasal, atau filosofi sebenarnya dari negeri Cina, aku suka semuanya karena memang positif. Siapa sangka saat kita menikmati semangkuk makanan ternyata ada makna yang keren di baliknya, ya ;)


Keponakanku, Ali dengan semangat ayam jago!


salam ayam jago,

Indi


-----------------------------------------------------------------------

Oh iya meskipun telat, izinkan aku dan suamiku Shane mengucapkan Happy Chinese New Years. May all your wishes comes true! :)

-------------------------------------------------------------------
Facebook: here | Twitter: here | Instagram: here | YouTube: here | Contact person: namaku_indikecil@yahoo.com

29 komentar:

  1. hahaha, mangkuk ini legend banget, sampai-sampai sekarang hampir punah, trus akhir2 ini muncul lagi.
    Kapan hari pernah baca curhatan seorang suami yang istrinya hamil dan ngidam makan mie ayam di mangkuk ayam jago ini.
    Sampai kelimpungan tuh suaminya keliling kota cari mie ayam yang dimaksud.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waduh, ngidamnya unik amat ya, hahaha. Coba kalau di sini, pasti gak susah. Tiap pengkolan ada :D

      Hapus
  2. iya lagi ngehits banget baju motif mangkok ayam ini mba :p aku latah juga pengen punya buat anak-anak belum kesampean beli :D ternyata yes sejarahnya panjang bener aku juga mikirnya bukan dari Indo ternyata bener baca ini ga perlu googling lagi :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ho'oh soalnya aku pernah liat di film kungfu jadul gitu. Ternyata firasat kita benar ya, hohoho... :D

      Hapus
  3. Liat jaketnya jadi pengen, tapi budget kayaknya cuma cukup buat beli yang tshirt logo ayam ukuran anak kecil ahaha

    BalasHapus


  4. Betul sekali mangkok itu memang berasal dari negri tiray bambu ( China ) dan keberadaanya juga sudah ada sejak lama..

    Di indonesia sendiri mangkok berlogo ayam jago sudah ada sebelum zaman penjajahan...Karena bangsa Tiongkok setahu saya lebih dahulu masuk ke indonesia sebelum portugis dan penjajah2 lainya..😄😄

    Btw itu kaos unik gambar ayam belinya dimana..??? Mau doong kalau dikasih gratis..😱😱😂😂😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kayanya si keponakanku itu beli kaos ayam jago dari Bu RT. Ga tau deh apa ada yang ukuran gedenya :D

      Hapus
  5. Gue baca ini sambil maen mobile legend ( gimana caranya? ), gue gak nge-kill musuh karna malah kebawa nostalgia ke jaman mangkuk mie legend ini. Bhahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha, mustahil kayanya. Gimana caranya coba? :p

      Hapus
  6. Berarti benar nih kalo desain mangkuk ayam jago ini asalnya bukan asli dari Indonesia ..., tadinya aku sempat mikir juga asal-usulnya kayaknya kok dari negara China, apalagi mangkok kan memang identik buat penyajian mie.
    Sedangkan mie sendiri memang asalnya dari negara China sana.
    Keduanya kutebak2 sendiri asal usul mangkuknya dan setelah baca post ini jadi paham kalo memang benar adanya datang dari China.

    Hebat ya, desainnya jadi mendunia.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, keren banget bisa mendunia. Dan saking udah lamanya kita jadi mikirnya ini mangkuk khas Indonesia, hehehe :)

      Hapus
  7. cius banget kak keren bajunya baru nyadar kaya mangkuk ayam jaman bahela.. ckckckkc tapi desain seperti itu keren abis kak jarang lho baju motif mangkok ayam.. Saya aja jadi pengen beli kalau ada wkkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banyak sekarang motif ayam jago ini. Ayuk lah kembaran, hehehe :)

      Hapus

  8. Mangkuk auam, mangkuk yang sangat melegenda sepertinya bagus tuh buat password..hihihi

    BalasHapus
  9. Saya saranin pakai password manager mbak, seperti LastPass biar ga ribet hapal password hahaha..

    Emang ayam jago di mangkok ayam ini mempersatukan kita mbak wahahahaha.. Siapa coba yang ga suka mie ayam/bakso :))

    Sekarang emang lagi trending ini kaos-kaosan ayam jago, karna sarat kearifan lokal yang tinggi hahaha

    BalasHapus
  10. dari sejak saya kecil familiar banget sama yang namanya gambar ayam itu hehehehe

    BalasHapus
  11. aku juga gag ngedong ini gimana kok gambar ayam bisa eksis gitu
    sama gag ngedongnya huruf N di permen karet YOSAN
    tapi mangkuk ini sugesti
    apapun makanannya pasti enak

    BalasHapus
  12. Sama bgt mba Indy ini, aku juga kebiasaan suka lupa password.. Haha

    Wohooo.. ternyata mangkuk legendaris itu bukan buatan Indonesia ya awalnya.. ku kira dr Indonesia loh..

    Btw, baju ayam nya keren bgt deh, desain sendiri apa gimana? Ku jadi pengen kalo ada yg lengan panjang gitu.. hehehe

    BalasHapus
  13. Wah filosofinya mantap sekali, dan saya baru tahu dari ulasan artikel ini. Awal mulanya saya kira hanya sekedar gambar hiasan mangkuk.
    Soal pasword kok hampir sama dengan polak saya, malas log out. resikonya ya seperti itu.

    BalasHapus
  14. Awalnya sih saya ngira mangkuk ini berasal dari luar negeri, ternyata mangkuk ayam jago ini buatan anak negeri ya mbak.. Btw, ituh jaket kok ada uangnya ya mbak... hahahaa.. gini nih kalo mata duitan lgsg terlihat aja klo ada duit... hehehee...

    Kalau password lebih baik di catat aja mbak biar ga ada efek sampingnya hihii :)

    BalasHapus
  15. Mangkuk legenda yang sejak dulu sudah jadi wadah ngebakso (atau mi ayam) sejak dulu kala sampai sekarang, mau di warung atau di abang yang ngedorong gerobak hahaha. Jadi tahu sejarahnya deh dari pos ini. Btw, Ndi, mungkin karena masa dulu itu mangkuk sampa ke Indonesia karena jalur perdagangan hehehe karena di sekitaran Makam Sunan Gunung Jati yang saya kunjungi juga banyak sekali keramik2 dari Cina, bahkan dindingnya pun ada yang ditempeli piring keramik begitu.

    BalasHapus
  16. Mangkok legend nih. Haha. Aku justru penasaran knp skrg motif atau cap ayam jago di mangkuk miayam ini bisa se ngehits itu buat di desain baju, cangkir, dll. Jd pgn beli ah. hihiw.
    Tengkiu mbak indi, udah ngerangkum ksimpulan asal usul cap ayam jago di mangkuk miayam ini! Aku jg udh bbrp kali menerka2 apa arti di balik gambar itu dan kenapa slalu disandingkan dengan mie/mie ayam... Tp mnurutku yaa.. Ntah suges atau hnya prsaanku saja.. Makan mie di mangkuk yg ada cap ayam jago ini mie nya jd berasa lebih nikmat loh. Haha. Aku masih punya 1-2 mangkuk ayam jago sisaan mamaku jualan dulu. Dan sampai skrg msh kupake kalo makan indomi goreng/rebus. Tmbah nikmat! Wahaha.

    BalasHapus
  17. Wahaahhaahha
    dipake miss indi, gambar ayam jago ini pun adi stylish abisssss

    Wah aku baru tau deh filosofinya hahaha
    Aku pikir bener karena buat mi ayam makanya gambar ayam :)))

    BalasHapus
  18. aku kira dari indoooo wkwk

    btw, maaf kak oot, setelah sekian abad gak buka blog, aku kaget bangeeet tau kak indi udah nikah. tapi kaget in a good way ya hahaha aku seneng liat kak indi dan suami, happy terus yaaaa kak :)

    BalasHapus
  19. hahahaha tergelak saya bila dengar mangkuk ayam... bila baca baru faham

    BalasHapus
  20. Ternyata mangkok ayam jago memiliki filosofi yang sangat mendalam, dapat dijadikan simbol kerja keras dan juga kemakmuran

    BalasHapus
  21. ayo segera bergabung dengan kami hanya dengan minimal deposit 20.000
    dapatkan bonus rollingan dana refferal ditunggu apa lagi
    segera bergabung dengan kami di i*o*n*n*q*q

    BalasHapus

Terima kasih untuk komentarnya, it's really nice to hear from you :)