Rabu, 15 Oktober 2014

Piknik Seru Sambil Berbagi Ilmu bersama ODHA Berhak Sehat dan Indi Sugar :)


What I wore? Hair Bow, Overall dress, Top: Toko Kecil Indi | Watch: Sanrio | Socks: Pasar Baru | Shoes: Chello 


Howdy do, my bloggies friends! Semoga semuanya baik-baik saja ya meskipun cuaca sedang agak kering ;) Beberapa waktu lalu gue sempat menyebutkan bahwa ada beberapa hal baru yang sedang gue kerjakan belakangan ini. Nah, salah satunya pada tanggal 11 Oktober 2014 kemarin gue diundang oleh ODHA Berhak Sehat untuk sharing sekaligus kopi darat di Taman Cibeunying Bandung. Ketika ditawari, gue langsung mengiyakan meskipun sebelumnya hanya mengenal ODHA Berhak Sehat (disingkat “OBS”) dari twitter. Alasannya tentu saja karena menurut gue visi dan misi dari OBS sangat positif. Mereka ingin memberikan informasi tentang isu HIV/AIDS pada masyarakat baik tua maupun muda dengan cara yang “berbeda”, yang tentu saja akan lebih efektif dari pada cara yang konvensional :D

Mungkin ada teman-teman yang belum tahu kenapa gue bisa terlibat dengan isu HIV/AIDS. Well, pada awalnya gue juga sama seperti kebanyakan anak-anak seusia gue pada waktu itu (15 tahun), sama sekali nggak tahu apa-apa soal HIV/AIDS sampai suatu hari bertemu dengan Mika, pacar pertama gue yang sampai hari ini gue anggap sebagai laki-laki luar biasa. Mika adalah laki-laki yang berusia 7 tahun diatas gue yang juga seorang ODHA, orang dengan HIV/AIDS. Bersamanya gue mendapatkan pelajaran tentang banyak hal, membuat gue menjadi pribadi yang semakin positif meskipun hidup Mika sendiri nggak mudah. Banyak orang yang memberinya label-label negatif, temasuk beberapa teman gue. Itulah yang membuat gue ingin mengenal tentang isu HIV/AIDS setelah kepergian Mika.

Gue excited sekali saat bersiap-siap untuk kopi darat bersama sahabat OBS. Selain nggak sabar untuk sharing tentang pengalaman bersama Mika, gue juga nggak sabar untuk bertemu teman-teman baru. Apalagi konsep kopi daratnya unik sekali, yaitu piknik di taman kota. Dari rumah gue membawa sedikit bekal untuk dinikmati bersama di sana; satu kotak roti dan beberapa batang lollipop. Hehehe, gue memang bukan anak-anak lagi, tapi untuk gue lollipop adalah permen yang punya nilai historis, karena dulu Mika selalu memberi gue lollipop setiap kami bertemu :)

Gue sudah bersiap dengan lollipop dan pita merah yang disematkan di dada kiri :)

Waktu gue tiba di Cibeunying Park banyak hal-hal yang mengejutkan (---selain gue nyasar sampai satu jam karena mengikuti petunjuk dari 4 juru parkir berbeda, lol---). Di sana sudah ada Ayu dan Sindi, admin dari ODHA Berhak Sehat dan beberapa teman-teman yang baru saja gue kenal ketika sharing berlangsung. Latar belakang mereka berbeda-beda, ada karyawan, guru, wirausahawan sampai dengan ibu rumah tangga. Nah, yang paling istimewa ada yang jauh-jauh datang dari Jakarta! :) Kami saling berkenalan dan berbagi kisah dengan santai, sambil diiringi canda dan cemal-cemil. Menyenangkan sekali.

Mengenalkan diri :)

Meski lupa bawa tikar tapi tetap betah, hihihi.

Meski kesannya santai, tapi kami mendapatkan banyak ilmu. Latar belakang kami yang berbeda membuat kami bisa bertukar infomasi-informasi seputar HIV/AIDS. Gue jadi tahu bagaimana ARV itu bekerja (well, sebenarnya gue menulis tentang ini di skripsi, tapi nggak terlalu mendalam), gue juga jadi tahu bagaimana ARV bisa menyebar ke seluruh Indonesia. Bahkan kami berbagi hal-hal yang mendasar, seperti misalnya tentang hal-hal yang bisa menularkan HIV, karena ada beberapa dari kami yang belum tahu. Dan itu membuat gue sangat sangat sangat salut, mereka ingin mengetahui lebih banyak tentang HIV/AIDS karena mereka peduli, bukan ‘hanya’ karena ada teman atau keluarga mereka yang mengidap :)

Piknik ini sepertinya sudah cukup untuk menjelaskan tentang apa yang ingin disampaikan oleh OBS. Kami makan bersama, duduk bersama, saling berangkulan tanpa melihat latar belakang. Kami semua sama, ODHA atau bukan it doesn’t matter. Itulah kekuatan dari sharing, kita jadi nggak menduga-duga dan takut karena sesuatu yang nggak jelas. Jika nggak ada yang bilang, orang yang melihat kami pasti nggak ada yang bisa membedakan siapa diantara kami yang ODHA dan bukan :) Dulu gue merasa Mika sama saja seperti gue, nggak ada yang membedakan kami apalagi kami saling jatuh cinta. Tapi orang-orang bilang itu karena gue nggak mengerti apa itu HIV/AIDS, karena gue nggak tahu kenapa Mika bisa begitu. Setelah dewasa gue sadar bahwa gue nggak salah, tapi merekalah yang memberikan prasangka dan judgment sebelum benar-benar mengenal Mika. Padahal siapa saja bisa terjangkit HIV, bahkan anak-anak, dan memberi label pada ODHA tentu saja bukan hal yang bijak. Mereka nggak mengerikan, mereka hanya sakit. Dan kita juga bisa begitu, kan?

Nggak terasa langit semakin gelap dan adzan magrib sudah terdengar. Keasyikan kebersamaan kami membuat waktu nggak terasa. Kami betah saja duduk berlama-lama beralaskan rumput karena admin OBS lupa membawa tikar, hihihi. Sebelum ditutup ada beberapa hadiah yang dibagikan. Semua yang hadir mendapatkan stiker ODHA Berhak Sehat dan salah seorang peserta, Syifa mendapatkan hadiah istimewa berupa T shirt karena sudah jauh-jauh datang dari Jakarta. Gue juga mendapatkan sebuah buku yang berisi kumpulan cerita pendek dari IPPI Indonesia yang berjudul “Aku Kartini Bernyawa Sembilan”, senang sekali :) Dan untuk teman-teman baru di sana gue juga membawa 2  buah novel “Karena Cinta Itu Sempurna” yang berisi biografi mini gue termasuk menceritakan saat-saat gue bersama Mika. Semoga saja memberi manfaat :)

Ada yang jauh-jauh datang dari Jakarta dapat hadiah istimewa! Hihihi. Congrats, Syifa! :)

Diwakili Ayu, gue mendapatkan buku kumpulan cerpen "Aku Kartini Bernyawa Sembilan" :)

Novel Karena Cinta Itu Senpurna untuk Andri dan Anis :)

Sebelum berpamitan kami berfoto bersama. Perasaan gue begitu senang dan bangga atas piknik yang diselenggarakan oleh ODHA Berhak Sehat ini. Ayu, Hendra, Anis, Deni, Andri, Sindi, Lina, Syifa dan Rini menjadi teman-teman baru gue. Sungguh luar biasa apa yang mereka lakukan, membuka diri untuk berbagi dan menerima ilmu-ilmu baru. Menurut gue membuka diri untuk hal baru adalah hal yang indah. Dulu gue nggak tahu apa-apa soal scoliosis dan baru mencaritahu setelah gue sendiri mengidap scoliosis di usia 13 tahun. Gue juga baru mencari tahu tentang HIV/AIDS setelah gue berpacaran dengan Mika. Memang nggak ada kata terlambat, tapi mencari tahu karena kita peduli dan bukan karena merasa “harus” akan lebih baik. Itu membuat kita open minded dan menghentikan dari prasangka-prasangka akibat keenggaktahuan kita terhadap suatu hal. Rini dan Syifa ingin tahu lebih banyak tentang HIV/AIDS setelah membaca novel “Waktu Aku sama Mika”. Mereka nggak mengenal Mika, tapi mereka peduli dan ingin melakukan perubahan. Jika mereka bisa, gue percaya semua juga bisa. Langkah ODHA Berhak Sehat ini mungkin terlihat kecil, kami hanya sekelompok orang. Tapi bayangkan jika setelah pulang semuanya membagi kisah tentang pertemuan ini pada teman-teman, keluarga atau bahkan di sosial media... 
Let’s start sharing! ;)

Berpose dengan stiker dari ODHA Berhak Sehat :)

Thanks a lot untuk Bapak yang menemani gue sepanjang sore. Love you, Daddy! :)

Link:
-          ODHA Berhak Sehat
-          IPPI Indonesia
-          Indi Sugar


Lollipop girl,


Indi

_______________________________________________________
Facebook: here | Twitter: here | Instagram: here | Email: namaku_indikecil@yahoo.com

34 komentar:

  1. pasti seru banget nih acaranya,,kepengen ikutan juga,,pengen ketemu Indi,,,ih,,,mau dong lolipopnya,,,hehehehe,,,sukses terus ya Indi,,,

    BalasHapus
  2. Sayang di kota sayq belum ada yang memprakarsai acara beginian. Padahal di kota sebelah sudah ada. Duh, pingin sekali bisa berpartisipasi dinkegiatan sosial begitu.

    Anyway, have a nice day :)

    BalasHapus
  3. Sayang di kota sayq belum ada yang memprakarsai acara beginian. Padahal di kota sebelah sudah ada. Duh, pingin sekali bisa berpartisipasi dinkegiatan sosial begitu.

    Anyway, have a nice day :)

    BalasHapus
  4. wah sepertinya seru sekali, salam kenal yah

    BalasHapus
  5. senangnya jadi mbak indi aktif terus hehehe

    BalasHapus
  6. @ DWIEX'Z: Seru sekali :) Yuk, lain kali ikutan nanti dapat lollipop, hihihi. Amen, sukses untukmu juga, ya :)

    @ RIAN: Kamu saja yang memulai. Kalau saling tunggu nanti gak mulai-mulai, dong, hhihi. Bikin aja komunitas kecil dulu, terus promosikan di sosmed, jadi anak-anak di kotamu bisa ikutan :)

    @ AYU: Thank God, seru, hihihi. Salam kenal kembali :)

    @ RIRI: Hihihi, mumpung masih ada tenaga :)

    BalasHapus
  7. wahhh, Cibeunying Park. horeee.
    menarik tuh diskusi soal ARV.
    kapan saya bisa terlibat dalam diskusi begitu ya Mbak?

    BalasHapus
  8. saya pastikan udah follow Mbak Indi, tapi kenapa posting Mbak Indi nggak ada di daftar bacaan saya ya. ya saya follow lagi nih

    BalasHapus
  9. @ ZACH: Iya, Cibeunying Park, tempatnya nyaman, hihihi :) Kalau didaerahmu ada komunitas, ikutan aja :) Wah, aku gak tahu kenapa :( Tapi kadang blog yang aku follow pun gak muncul di dashboard :(

    BalasHapus
  10. betul sekali kak Indi,, ODHA adalah seseorang yang sedang sakit, yang berhak mendapatkan pengobatan sama halnya dengan orang-orang yang lain. Sama halnya dengan orang-orang yang sakit pada umumnya.

    sudah lama sekali tak berkunjung kemari,, :)

    BalasHapus
  11. Salam Buat Mbak Indi.. wah acaranya
    Seru sekali kelihatanya. di tempat
    Tinggal saya belum ada yang memprakarasai acara seperti ini,
    Jadi ingin ikutan nih :)

    O ya Mbak Indi ijin follow blog juga G+ Nya yah biar happy berkunjung dan saling berbagi
    Follow sudah succesful. salam sukses
    Dan salam silaturrahmi :)

    BalasHapus
  12. Itu acaranya di Kota Mana yah
    Mbak Indi, Mbak Indi kelihatan
    Sangat ceria/cantik dan agresif
    Dengan baju yang dikenakanya
    Lolipop nya saya kebagian gak Mabk?

    BalasHapus
  13. Indi! You look precious, as per usual. Seems like a lot of fun, I want a sucker! lol :) Glad to see that you are doing well.

    BalasHapus
  14. seru nih kayaknya...apalagi dapat buku gitu :)

    BalasHapus
  15. wahh tadi saya liat liat gambar gambarnya dan kayaknya seru banget mbak :) dan kasian sampe kesasar sampe 1 jam :v lain kali hati" yah mbak biar gak nyasar lagi :v

    Salam kenal dari Cinta Teknologi ^_^

    BalasHapus
  16. wah ikut seneng acaranya sukses.. :)
    dan kalo mampir kesini, pasti suka deh liat baju2nya Indi.. unyuu.. trus modelnya 'n motif kainnya ga pasaran. Itu bikin sndri ya? Aku pnasaran beli kainnya dmn?

    BalasHapus
  17. Gak ada jarak ya, kita anggap mereka semua sama kayak kita.
    Saling support akan membuat mereka merasa nyaman dan tidak merasa hidup sendiri.

    BalasHapus
  18. wah serunya... sukses terus buat smua kegiatan mbak indi kedepannya.

    BalasHapus
  19. Gue tambah kagum sama mbak Indi ini. Gaya busananya emang beda sama yang lain, tapi kalo udah masalah sosial bisa nyatu sama semuanya. Gak beda-bedain individu satu sama yang lain. Terus selalu tebarkan hal-hal positif untuk semua orang ya! :)

    BalasHapus
  20. Seru yah Ndi kopdar dgn konsep unik gini.. Ahh mau dong kopdaran :D

    BalasHapus
  21. Seru juga kalau konsep ketemuannya kayak gini ya kak indi..

    Lebih santai

    Aku usulin ah ke komunitas blogger di daerah ku ^^

    BalasHapus
  22. Dan sekali lagi gue harus bilang, telat banget yah baru nemu blog ini, thanks Indi yang sempet mampir ke blog saya, sehingga saya tau ada blogger seperti kamu.

    BalasHapus
  23. Nice & positive talkshow, brought by good organization with a nice help from beyond beautiful girl :)

    <3<3<3 hugLUV

    BalasHapus
  24. Kayaknya gue gak jadi ikut, deh! ;(

    BalasHapus
  25. Memang asik kmpul dg komunitas ya, Ndi. Apapun itu. Krn, banyak pengetahuan baru yang kita dapat.

    BalasHapus
  26. Salam pagi di edisi 22-10-2014
    Mbak Indi. simak dan baca lagi
    Artikel Piknik indahnya. semoga
    Mbak Indi lebih sukses amin
    Salam silaturrahim dan ceria selalu

    BalasHapus
  27. Tetap semangat ya Mbak Indi
    Saya selau anteng terus post
    Baru Mbak Indi saya tunggu :)

    BalasHapus
  28. iya ya..kadang kita udah berprasangka yang ngga ngga ama ODHA..
    padahal kan kita ga tau latar belakangnya gimana.. :,(

    BalasHapus
  29. au mau juga lolipoopnya indi :) terus berbagi ya indi

    BalasHapus
  30. You look so sweet!!!


    恵美より ♥
    www.emi-doll.blogspot.jp

    BalasHapus

Terima kasih untuk komentarnya, it's really nice to hear from you :)