Teman-teman yang menyukai "Dunia Kecil Indi"

Minggu, 24 April 2016

Jelajah Musi Triboatton: Sambil Berolahraga sambil Melihat Keindahan Sungai Musi :)

Gue cinta Bandung. Gue lahir, besar dan berkarya di Bandung. Kalau ditanya suatu hari ingin membesarkan keluarga dimana (cieee...) jawabannya pasti di Bandung. Pokoknya gue adalah tipe orang yang bangga dengan "ke-Bandung-an" gue, ---kalau perlu logat gue ditebelin biar jelas keaslian Bandungnya, hahaha. Termasuk kalau ditanya kemana tempat wisata favorit gue, jawabannya sudah pasti Bandung. Udaranya sejuk, banyak kuliner lezat terjangkau, taman kota dimana-mana, wisata belanja juga lengkap. ---Kurang apa lagi? Tapi rupanya kecintaan terhadap Bandung bikin gue lupa kalau Indonesia itu luas, masih banyak tempat indah yang belum gue kunjungi. Kesadaran gue bermula waktu melihat salah satu foto dari akun @pesonasriwijaya yang muncul di rekomendasi timeline instagram. Waktu itu gue pikir, "Waaaah, sungainya indah banget. Ada dimana ya tempatnya?" 
Dan surprise, surprise... itu ternyata ada di Indonesia!

Tepatnya di Sumatera Selatan, dan yang gue lihat itu namanya Sungai Musi. Gue pun mencoba mengingat-ingat dimana pernah mendengar nama itu sebelumnya. Oh iya... rupanya waktu di sekolah Bu Guru pernah bercerita bahwa Sungai Musi adalah sungai yang terpanjang di pulau Sumatera dan membelah kota Palembang menjadi dua bagian. Silly me, selama ini gue hanya tahu kalau Palembang terkenal dengan pempeknya :( Untung sekarang sudah zamannya internet, dengan quick search gue jadi tahu lebih banyak soal Sungai Musi. Jembatan Ampera yang menjadi ikon kota Palembang pun ternyata melintas di atas sungai ini, dan sejak zaman Kerajaan Sriwijaya sampai sekarang sungai ini digunakan sebagai sarana transportasi utama masyarakat. Scroll up, scroll down, ---eh kok jadi tertarik untuk berkunjung, ya? Apalagi waktu tahu kalau di sana akan diadakan Musi Triboatton 2016.


Musi Triboatton itu apa, sih? Well, gue juga asing waktu mendengar namanya tapi setelah tahu langsung amaze dan menyesal kenapa baru tahu sekarang, huhuhu. Ternyata ini adalah olahraga yang menggabungkan 3 jenis olahraga air sekaligus; arung jeram, kayak, dan perahu naga. Dan kerennya, selain akan menghadapi tantangan yang beragam peserta juga bisa sambil menikmati keindahan alam Sumatera Selatan dari sungai (---pasti bukan gue doang yang ngiri, hehehe). Event Musi Triboatton 2016 adalah yang kelima kali diadakan oleh Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan. Agenda promosi wisata sungai yang terkait olahraga dan budaya ini ditargetkan untuk diikuti ratusan peserta dari 10 negara. Artinya, sambil berolahraga juga sambil mengenalkan Sungai Musi ke dunia internasional :)

Ada empat kabupaten dan satu kota yang akan menjadi tuan rumah event ini, yaitu Kabupaten Musi Banyuasin (Muba), Kabupaten Musi Rawas (Mura), Kabupaten Banyuasin, Kabupaten Empat Lawan, dan Kota Palembang. Rencananya sebanyak 20 tim peserta Musi Triboatton akan melalui lima etape. Start dimulai dari Desa Tanjung Raya, Kecamatan Pendopo Barat, Kabupaten Empat Lawang. Lalu dilanjutkan di Desa Ulak Mengkudu Lapangan SDN 14 Empat Lawang, sebagai lokasi estafet peserta dan finish di Jembatan Kuning-Tebing Tinggi untuk etape pertama. Etape kedua akan dilaksanakan di Desa Muara Kelingi-Kabupaten Musirawas. Etape ketiga akan dilaksanakan di Kota Sekayu-Kabupaten Musi Banyuasin. Etape keempat dimulai dari Dermaga Pangumbuk, Kabupaten Banyuasin. Dan terakhir, etape kelima yang akan menjadi titik akhir peserta yaitu di Kecamatan 10 Ulu-Kota Palembang.

Semakin banyak tahu, semakin ingin pula gue ke sana (---thanks, internet, lol). Ternyata banyak sekali tempat dan event menarik di Indonesia selain Bandung tercinta, salah satunya Musi Triboatton di Palembang ini. Event ini akan dimulai tanggal 11sampai 15 Mei 2016. Pembukaannya akan diadakan di Gelanggang Remaja Kota Sekayu, Kabupaten Musi Banyuasin 12 Mei nanti dan dilanjutkan dengan awal kegiatan yang dimulai di Desa Tanjung Raya, Kecamatan Pendopo Barat, Kabupaten Empat Lawang. Waaaah, it's getting closeeeee. Kira-kira gue bisa ke sana nggak, ya? Atau adakah teman-teman yang berencana ke sana? Boleh lho ajak gue, hihihi ;)


yang mau ikut berjelajah,

Indi

_______________________________________________________
Facebook: here | Twitter: here | Instagram: here | Contact person: 081322339469

17 komentar:

  1. Aku suka bangey bandung juga. secara sejak beberapa lama sempat jadi warga bandung pulak. aku juga suka musi...senang sekali berada disana. Kehidupan sungainya yang belum pernah aku lihat sebelumnya sungguh menarik hati.

    BalasHapus
  2. Bandung... kota impianku ;)

    btw aku baru tahu juga lho ada event Musi Triboatton ini. sepertinya menarik banget ya :)

    moga sukses ngontesnya Mba.. (y)

    BalasHapus
  3. inget dulu pernah ke sini ... Muara Enim dalam kenangan, di seberang Musi dalam ingatan.

    BalasHapus
  4. Musi. Kalau ditempat saya ada robo robo yang mengadakan lomba sampan tahunan

    BalasHapus
  5. Sungai musi, jembatan ampera dan pempek memang ngga bisa dipisahkan ya, mbak Indi. Mereka seperti saudara kembar. Semoga suatu saat saya bisa kesana. Dan Bandung juga, pengen ke sana juga, Bandung terkenal dengan kesejukan, kuliner dan tempat wisata yang bagus-bagus :)

    Event Musi Triboattonnya seru sekaliiii

    BalasHapus
  6. Ah Bandung emang termasuk kota yang tepat buat di kunjungi kalau punya kesempatan banyak pengen deh tiap weekend bisa ke Bandung hihihi.

    Btw, semoga bisa pergi kesana ya kak Indi ^_^

    BalasHapus
  7. Hmm kalau kebandung sih saya mah kalau ada pertandingan PERSIB saja.

    BalasHapus
  8. kapan2 main bareng donk di bandung, aku juga sering banget ke bandung

    BalasHapus
  9. ke bandung kayaknya sih cuma sekali jaman dulu banget ndi hihi belum sempet banyak menjelajah
    pas tinggal di jakarta sih deket tapi kok sibuk kerja mulu gak sempet jalan2 jauh

    anyway pengen ih nonton kegiatan di sungai musi, indonesia punya :D

    BalasHapus
  10. Seru bangeuuttt kelihatannya, apalagi sambil mukul drumb nya,, jangan gaduh-gaduh :)

    BalasHapus
  11. Aku malah belum pernah nonton pas lomba perahu di musi ini :))

    BalasHapus
  12. Bisa, bisa kesana.. Kalau aku sih belum ada rencana ke sungai musi palembang. Paling beli pempek palembang nya aja disini ihihii

    BalasHapus
  13. ini mengandalkan kekuatan tangan ya untuk atlet triboatton

    BalasHapus
  14. wah sukses ya mbak semoga juara... mantap emang eventnya...

    BalasHapus
  15. Dija belom pernah lihat pertandingan kapal seperti itu tante...
    semoga suatu saat nanti bisa menyaksikan secara langsung'
    pasti seru ya

    BalasHapus
  16. Miss indi ayo ke Palembang.. Kabarin Ika ya kalo bisa ntar Ika anter deh ke Benteng Kuto Besak (BKB) nonton lomba perahu bidar

    BalasHapus
  17. Acara Musi Triboatton ini merupakan jenis sport tourism yang bisa mendatangkan banyak wisatawan. Kalau mau lihat daftar pemenang lomba ini bisa lihat website kita ya.

    Terima kasih.

    BalasHapus

Terima kasih untuk komentarnya, it's really nice to hear from you :)